Bisnis

Ide Bisnis Online Tak Menyita Waktu dengan Modal Kecil

Kabrina Rian Ferdiani-

19 Jan 2021

Ide Bisnis Online Tak Menyita Waktu dengan Modal Kecil

Di era milenial seperti sekarang, banyak orang mulai melirik peluang bisnis online yang dinilai sangat menjanjikan. Dibandingkan bisnis konvensional, usaha online lebih mudah dijalankan. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, Anda berkesempatan untuk meraup untung dalam jumlah banyak. Tidak mengherankan jika banyak anak muda tertarik untuk menjalankannya. 

Namun, yang sering menjadi permasalahan adalah banyak orang bingung untuk menjalankan bisnis apa. Terlebih jika membutuhkan modal banyak. Tidak dapat dipungkiri jika modal sangat penting untuk keberlangsungan usaha. Meski begitu, bisnis yang dijalankan secara online memiliki sisi menarik di mana Anda tidak perlu membutuhkan modal banyak. 

Selain itu, juga tidak membuat Anda terbebani dengan banyaknya waktu yang diperlukan. Sehingga Anda bisa menjadikan bisnis online sebagai usaha sampingan. Atau bisa menjadi usaha utama ketika sudah memiliki prospek bagus untuk menghasilkan untung lebih. Tidak ada salahnya untuk Anda coba mulai sekarang. 

Tidak tua atau muda semua bisa melakukan bisnis secara online dengan mudah. Dan paling penting usaha ini bisa memberikan keuntungan dalam jumlah banyak. Dengan syarat Anda benar-benar bersungguh-sungguh untuk menjalankannya. Mengenai risiko tentu lebih kecil dibandingkan bisnis offline yang notabene lebih sulit dalam hal memperluas pasar. 


Baca juga: 9 Jenis Bisnis Yang Prospektif dan Bisa Jadi Pilihan Kamu


Jangan Ragu untuk Memulai Bisnis Online Mulai Sekarang 

Memulai sebuah bisnis memang cukup sulit apalagi jika belum memiliki pengalaman. Banyak yang pada akhirnya menderita kerugian cukup besar. Faktor terbesar penyebabnya tentu saja ketidakseriusan ketika memulai bisnis. Sehingga ketika Anda benar-benar ingin memulai usaha maka yakinkan diri terlebih dahulu jangan sampai hanya sekedar coba-coba. 

Memulai bisnis online memang terlihat lebih mudah dibandingkan konvensional. Namun, keseriusan untuk mengikutinya juga mutlak diperlukan.

Setidaknya Anda bisa memulainya sekarang terlebih masih terbuka lebar peluang mendapatkan untung besar. Baik untuk pekerjaan sampingan atau bahkan sumber penghasilan utama.

Khususnya generasi millenial yang mahir teknologi tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini. 

Beberapa survei bahkan menunjukkan bahwa beberapa tahun ini semua bisnis gencar untuk melakukan usaha karena melihat peluang untung lebih besar jika merambah dunia online. Hal ini terlihat dari banyaknya usaha yang memiliki akun di media sosial. Bukan tidak mungkin jika beberapa tahun ke depan bisnis online akan jauh lebih menjanjikan.  

Terlebih masyarakat kini juga lebih senang untuk melakukan pembelian secara online. Selain cepat dan mudah, kualitas barang juga tidak kalah bagus. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk memulai bisnis secara online dari sekarang. Meski modal kecil, bisa saja keuntungan yang didapat jauh lebih besar. 


Bisnis Online Kekuatan Baru E-Commerce di Masa Mendatang

Teknologi semakin canggih. Akses informasi digital juga sangat mudah diperoleh. Pertumbuhan e-commerce di Indonesia juga meningkat pesat.

Inilah kesempatan untuk ikut andil di dalamnya dengan menciptakan sebuah bisnis secara online. Baik usaha skala besar atau kecil dapat dipastikan ikut didalamnya mengingat sadar bahwa ini peluang besar untuk dapatkan untung. 

Ada beberapa alasan mengapa bisnis online ini begitu menggiurkan. Di antaranya adalah biaya operasional yang tergolong rendah. Inilah faktor utama banyak orang berani untuk menjalankannya.

Setidaknya dengan menjalankan usaha secara online ada beberapa biaya transaksi yang terpotong. Seperti tidak perlu membuat media promosi yang notabene membutuhkan banyak biaya. 

Baca juga: 13 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Terkait iklan yang full di media sosial maka bisa dianggap sebagai strategi pemasaran efektif. Strategi pemasaran penting guna mempromosikan produk yang dijual. Dengan melalui media sosial maka banyak orang yang akan cepat mengenal produk tersebut. Secara otomatis akan membuat angka penjualan meningkat melalui beberapa transaksi pembelian yang konsumen lakukan. 

Dengan memanfaatkan media sosial maka jangkauan pemasarannya juga semakin luas. Ini menjadi alasan selanjutnya mengapa bisnis online sangatlah menjanjikan. Setidaknya akun jualan Anda bisa dilihat hingga 24 jam oleh semua orang dari seluruh penjuru dunia. Anda juga tidak perlu capek melakukan promosi yang belum tentu efektif. 


Rekomendasi Bisnis Online Modal Kecil Cocok untuk Segala Umur

Bagi Anda yang sudah memiliki niatan untuk memulai bisnis secara online tidak ada salahnya untuk mencobanya dari sekarang. Setidaknya ada beberapa rekomendasi ide usaha yang bisa dilakukan dengan modal kecil. Di antaranya adalah menjual beberapa produk lewat website. Selain media sosial ternyata memiliki website sendiri juga menguntungkan untuk memulai usaha. 

Jika tidak memiliki produk tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis online dengan menjadi dropshipper. Anda bisa merambah beberapa marketplace besar sebagai tempat berjualan. Selain mudah, menjadi dropshipper juga membutuhkan modal kecil. Anda juga tidak perlu repot untuk urusan pengemasan hingga pengiriman hingga sampai ke tangan konsumen. 

Yang kini sedang tren Anda bisa mencoba usaha dengan menjual produk affiliate. Selain minim risiko, usaha seperti ini juga mudah dilakukan. Hampir sama dengan dropshipper, namun menjual produk affiliate Anda cukup mempromosikannya di website. Anda akan mendapat komisi ketika ada pengunjung yang membeli dengan mengklik link yang dibagikan. 

Baca juga: Media Sosial vs Email: Siapa Pemenang Gim Digital Marketing?

Apabila Anda memiliki kemampuan mengajar yang baik bisa mencoba membuka bisnis online kursus. Di Indonesia bisnis ini belum begitu marak. Anda bisa tetap mengajar layaknya di sekolah hanya saja tidak bertatap muka langsung. Atau bisa juga dengan memberikan materi untuk kemudian bisa diulang-ulang oleh siswa dengan biaya yang ditentukan. 

Rekomendasi lain yang cukup marak adalah dengan berjualan produk seperti online shop hingga pembelian pulsa. Bisnis seperti ini memang sudah banyak dan cukup ketat persaingannya namun, tetap memiliki peluang menjanjikan. Dan tentunya semua membutuhkan modal kecil. Setidaknya ketika Anda kreatif dan sungguh-sungguh menjalankannya semua bisnis online bisa mendatangkan untung besar.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru