Bisnis

16 Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Brigitta Winasis-

24 May 2021

16 Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Menjalankan bisnis tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi jika Anda melakukannya di tengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga karena sifatnya cenderung fleksibel.

Selain menambah pundi-pundi uang, ada banyak manfaat lain yang bisa dilakukan dengan menjalankan bisnis ibu rumah tangga, misalnya belajar mengelola keuangan. Anda mungkin ingin mencoba merintis bisnis, tetapi bingung dengan ide usaha apa yang harus dijalankan.

Jangan khawatir, artikel ini merangkum 16 ide usaha sampingan yang bisa dilakukan sembari mengurus rumah tangga. Simak penjelasannya.


Baca juga: Langkah Memulai Bisnis Dropship yang Tren di 2021


Jenis Bisnis yang Sesuai untuk Ibu Rumah Tangga

Ada berbagai model bisnis. Namun manakah yang paling tepat dilakukan ibu rumah tangga? Mengingat bisnis ini sifatnya hanya sampingan, maka sebaiknya modalnya yang tidak perlu terlalu banyak.

Pilihlah benda yang tidak mudah busuk karena akan menambah potensi kerugian. Misalnya pilih berjualan pakaian atau aksesoris lainnya. Anda juga bisa memilih berjualan dropship agar tidak terlalu pusing memikirkan barangnya.

Ada baiknya juga Anda memilih sesuatu yang Anda sukai, misalnya membuat kue kering. Hal ini akan membuat Anda lebih bersemangat menjalankan bisnis Anda.


Contoh Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis ibu rumah tangga bisa menjadi solusi tepat bagi Anda yang tidak ingin terjebak dalam rutinitas kantoran dan ingin mengurus keluarga, tetapi ingin menghasilkan uang. Berikut akan dijelaskan daftar ide usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga.


Baca juga: Macam-Macam Pinjaman Modal Usaha untuk Merintis Bisnis


Menulis Lepas

Menulis lepas alias freelance cocok dijalankan bagi Anda yang suka menyalurkan unek-unek lewat menulis. Jika kegiatan ini merupakan passion Anda, sebaiknya jadikan sebagai ladang usaha. Penghasilan yang didapat pun lumayan, yakni hingga enam digit.

Banyak perusahaan sekarang membutuhkan para penulis lepas untuk membuat konten bagi mereka. Demikian besar peluang bisnis ini. Pekerjaan ini bahkan tidak membutuhkan keahlian khusus, hanya kemampuan merangkai kata-kata. Ingat pula bisnis ini dijalankan secara online, sehingga Anda wajib terhubung dengan internet. Jika Anda sudah profesional, Anda dapat menjadikan kegiatan ini sebagai pendapatan tetap.


Menjadi Blogger

Berbeda halnya dengan menulis freelance, menjadi blogger dilakukan secara individu dan untuk kesenangan pribadi. Namun siapa sangka, menjadi blogger ternyata juga menjadi salah satu sumber bisnis ibu rumah tangga?

Blogging adalah kegiatan yang fleksibel serta menyenangkan. Anda dapat membagikan cerita tentang hobi Anda. Misalnya memasak, jalan-jalan, wisata kuliner, psikologi, berbagi ide proyek, dan lain-lain. Menarik, bukan? Blogging adalah kegiatan dengan tema yang sangat luas. Anda pasti dapat menemukan kegemaran Anda di sini.

Nah, nantinya Anda dapat terafiliasi dengan pengiklan untuk menambah pemasukan. Di blog Anda nantinya akan terpampang iklan, unggahan bersponsor, endorsement, atau pemasaran afiliasi.

Membangun blog memang susah-susah gampang, membutuhkan banyak usaha. Namun Anda akan meraup hasil yang memuaskan jika berhasil melewati tantangan tersebut.


Membuat dan Menjual Kerajinan

Apakah Anda tipe orang yang kreatif? Mungkin Anda bisa mencoba bisnis kerajinan. Usaha ini bisa menjadi ide bisnis digital, lho. Misalnya Anda gemar menjahit, membuat aksesoris pakaian, atau membuat dekorasi.

Bisnis ini hanya membutuhkan modal kecil dan menyenangkan dalam membuatnya. Pasalnya Anda akan terus memutar otak untuk membuat ide kreatif lainnya.

Lalu pasarkan barang-barang tersebut melalui media sosial atau e-commerce. Anda juga bisa membuat situs sendiri agar memudahkan pelanggan Anda.


Menjadi Konsultan

Mengingat banyaknya bisnis yang beralih ke dunia digital sekarang, demikian pula dengan konsultan. Hal ini serupa dengan layanan konsultasi dengan dokter di berbagai aplikasi kesehatan.

Bisnis ini cocok bagi Anda yang memiliki gelar di bidang tertentu, tetapi memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga penuh waktu. Anda bisa tetap bekerja dengan menjalankan profesi sesuai keahlian Anda. Keuntungan bisnis ini adalah Anda memiliki jaringan baru dari karier Anda.

Untuk memulainya, Anda harus mengikuti perkembangan terbaru dari profesi yang Anda geluti. Misalkan dalam bidang ekonomi, pastikan Anda up-to-date dengan isu-isu terbaru. Buatlah situs konsultasi dan iklankan di media sosial Anda.


Bisnis Kursus Online

Peluang bisnis ini besar jika Anda memiliki keahlian mengajar dan memang menyukai anak-anak. Terlebih lagi apabila sekitar Anda adalah kawasan sekolah.

Sebagai pengajar kursus online, Anda tidak memerlukan kualifikasi khusus dalam mengajar. Yang terpenting adalah menguasai bidang mata pelajaran tersebut. Di era digital ini, Anda juga bisa menawarkan kursus virtual.


Berjualan Roti dan Kue

Jika hobi Anda memasak roti dan kue, Anda dapat mulai menjualnya melalui media sosial. Selain itu, Anda juga dapat menitipkannya di kafe atau tempat makan di sekitar Anda. Bisnis ini cocok Anda jalankan jika mempunyai banyak waktu senggang di rumah.

Sebelum menjalankannya, perhatikan baik-baik tentang resep Anda, apakah rasanya sudah enak. Lalu pikirkan tentang pengemasan yang menarik.

Bisnis ini memang membutuhkan banyak peralatan, seperti oven, mixer, dan timbangan. Harganya pun tak murah. Namun dengan modal sekitar Rp5 juta, barang-barang tersebut dapat terbeli dan Anda bisa segera memulai berjualan. Sebaiknya berinvestasilah pada peralatan yang bagus dan awet.


Tanaman Hias

Tahukah Anda, tanaman hias kembali tren sekarang? Anda yang memiliki hobi merawat tanaman hias bisa menjadikannya sumber pundi-pundi uang.

Usaha ini cukup prospektif mengingat trennya yang naik beberapa tahun belakangan. Dengan meningkatnya polusi udara, banyak orang ingin berkebun tanaman hias di rumah.

Anda bisa menanam tanaman hias dalam pot kecil lalu dijual di pekarangan rumah atau dititipkan ke rumah tetangga. Selain itu, banyak juga yang sekarang memasarkan tanaman hias melalui media sosial. Cara ini juga dapat Anda pakai.


Toko Kelontong

Toko kelontong termasuk alternatif usaha rumahan. Toko kelontong menyediakan peralatan dan kebutuhan sehari-hari, sehingga kemungkinan besar banyak peminat dari tetangga sekitar Anda.

Usaha ini juga sangat fleksibel karena Anda sendiri pemiliknya. Anda dapat menyesuaikan jam buka dan tutup sendiri. Anda juga dapat menjual barang-barang sesuai permintaan pelanggan atau keinginan Anda. Pastikan Anda selalu menyediakan barang-barang yang akan laris sehari-harinya.

Membuka toko kelontong tidak membutuhkan keahlian khusus. Anda hanya perlu modal untuk membeli barang-barang dagangan. Perputaran uangnya pun cukup cepat.


Membuka Indekos

Jika rumah Anda ada di area perkantoran, kampus, atau sekolah, Anda bisa membuka indekos. Anda bisa memilih apakah indekos tersebut khusus karyawan atau khusus wanita demi menjaga privasi dan kenyamanan.

Anda bisa mengadakan fasilitas yang dibutuhkan anak kos, seperti peralatan mebel dasar, listrik, air, dan wi-fi. Lalu pasarkan dengan cara memasang tulisan "Menerima Kos" atau semacamnya. Anda juga bisa mengedarkan brosur ke perkantoran atau kampus di sekitar rumah Anda.


Usaha Laundry

Laundry bisa menjadi salah satu bisnis yang prospektif. Anda tidak membutuhkan keahlian khusus karena hanya membutuhkan mesin cuci dan setrika. Anda juga bisa menjadikannya bisnis sampingan saat mengurus rumah tangga.

Saat usaha Anda mulai berkembang, Anda bisa mulai mempekerjakan orang lain. Bisnis ini sangat prospektif, mengingat konsumennya yang sangat luas. Mulai dari mahasiswa, suami-istri pekerja, hingga karyawan kantor.

Bahkan usaha ini bisa dijadikan bisnis di era digital dengan memasarkannya melalui Grup WhatsApp lingkungan tempat tinggal hingga media sosial.


Membuka Toko Online

Toko online merupakan usaha yang cukup populer. Hampir semua orang pernah berbelanja online atau bahkan berjualan secara online.

Selain itu, keberadaan toko online memudahkan pelanggan karena tidak perlu ribet mendatangi toko. Pemilik toko juga hanya perlu memikirkan gudang tempat penyimpanan tanpa perlu memusingkan display toko. Maka dari itu, bisnis ini sangat prospektif.


Menjadi YouTuber

Jika Anda mempunyai hobi menarik untuk dipamerkan, kenapa tidak mempublikasikannya agar bisa menghasilkan uang? Zaman sekarang, YouTube tidak lagi menjadi sarana hiburan. Banyak orang menggantungkan hidupnya dengan mencari mata pencaharian dari YouTube.

Anda hanya perlu bermodal rekaman video dan kemampuan edit. Pilih topik yang menarik atau sesuai dengan hobi Anda, misalnya memasak, tips bersih-bersih rumah, tips parenting, dan lain-lain.

Supaya video semakin menarik, gunakan kamera dan peralatan audio yang memadai. Gunakan pula software editing yang akan membantu Anda menghasilkan video ciamik.


Menjalankan Dropship

Bisnis dropship tidak membutuhkan banyak modal karena Anda tidak perlu secara langsung menyetok barang. Anda hanya menjadi perantara dari pemasok kepada pelanggan. Anda bahkan tidak perlu menyentuh barang yang dijual secara langsung.

Secara sederhana, Anda hanya mencari pembeli. Proses pembuatan, penyimpanan, pengemasan, hingga pengiriman dilakukan pemasok. Modal awal yang dibutuhkan seorang dropshipper sekitar Rp2 juta sampai Rp4 juta saja.


Admin Medsos

Sekarang banyak perusahaan yang melakukan pemasaran melalui media sosial (medsos). Untuk itu, mereka membutuhkan seorang admin untuk mengelola berbagai media sosial, mulai dari Facebook, IG, hingga TikTok.

Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda ibu rumah tangga. Pekerjaannya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mengunggah foto produk atau jasa, membuat keterangan atau caption, membalas komentar dan pesan masuk, dan lain-lain. Dengan begitu, pekerjaan rumah tidak akan terbengkalai.

Biasanya toko online atau perusahaan kecil tengah mencari pegawai ekstra untuk membantu mereka mengelola media sosialnya. Dengan demikian pemilik toko tak perlu susah-susah mempromosikan media sosial usahanya.


Penerjemah Bahasa Asing

Anda yang memiliki kemampuan bahasa asing dapat memanfaatkan keahlian tersebut. Jasa ini banyak dibutuhkan, mengingat mesin penerjemah yang ada di internet tidak selalu dapat diandalkan. Kemungkinannya pun cukup bagus, karena semakin banyak bisnis yang membutuhkan jasa untuk menerjemahkan dokumen mereka.

Anda bisa mencari tahu apakah ada lowongan di internet untuk penerjemah freelance. Pekerjaan ini dapat Anda lakukan dari rumah saja sembari mengurus rumah tangga.


Refill Air Minum

Zaman sekarang banyak orang memilih mengkonsumsi air minum yang sudah diolah. Hal ini membuat bisnis refill air minum sangat menguntungkan. Apalagi jika di sekitar lingkungan Anda tidak ada sumber air bersih yang dapat langsung dikonsumsi.

Solusi dari keadaan ini adalah membuka usaha air minum. Anda dapat membuka bisnis ini di pekarangan rumah Anda. Lagipula bisnis refill air minum tidak membutuhkan banyak tempat.

Anda juga dapat mempromosikan usaha ini melalui Grup WhatsApp di lingkungan atau perumahan tempat Anda tinggal. Untuk menarik minat pembeli, tawarkan jasa antar-jemput galon dan promosi beli 10 gratis 1.


Jika Anda membutuhkan modal usaha, Anda dapat mendaftar menjadi peminjam di Modal Rakyat. Layanan P2P lending ini mudah dan cepat, serta sudah berizin di OJK.

Demikian penjelasan tentang peluang bisnis bagi ibu rumah tangga. Selamat mencoba, semoga beruntung.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru