Bisnis

10 Ide Usaha Unik yang Bisa Dilakukan Bareng Sahabat

Pretty Angelia Wuisan-

25 May 2021

10 Ide Usaha Unik yang Bisa Dilakukan Bareng Sahabat

Berbisnis bareng sahabat adalah hal yang sangat mungkin. Anak muda zaman now pun rata-rata memiliki usaha yang didirikan bersama sahabatnya. Apalagi ada banyak pilihan ide usaha yang bisa dijajal bersama sahabat. 

Berbisnis bareng sahabat pada dasarnya membangun kerja sama yang baik antara satu sama lain. Di sini akan dijelaskan ide usaha unik bareng sahabat, persiapan, manfaat dan risikonya. Yuk, disimak!


Baca juga: Dropship adalah Bisnis Tanpa Modal, Simak Penjelasan Berikut!


Ide Usaha Unik Bersama Sahabat

Mencari ide usaha unik yang bisa dilakukan bareng sahabat itu mudah. Anda dan sahabat bisa memulainya dari hal yang sama-sama Anda sukai, lalu diskusikan dengan baik, kemudian baru dieksekusi. Usahanya tidak harus langsung besar dulu. Tidak apa kecil, yang penting sudah berani memulai. 

Inilah ide-ide usaha unik yang bisa Anda dan sahabat coba.


1. Jasa Titip

Jika Anda dan sahabat senang jalan-jalan, bisa membuka bisnis jasa titip. Praktiknya pun mengasyikkan karena bisa dilakukan sekalian jalan-jalan.

Bisnis jasa titip ini caranya adalah Anda membelikan barang titipan yang tersedia di tempat tujuan Anda. Atau Anda bisa sekalian mempromosikan produk-produknya di media sosial ketika Anda sedang berada di lokasi itu. Jadi, Anda membeli produk sesuai dengan pesanan saja. 

Apabila bisnis ini dilakukan dengan baik, Anda dan bisa mendapatkan keuntungan menggiurkan.


2. Baju Bekas

Ide usaha yang bisa Anda lakukan bareng sahabat selanjutnya adalah menjual baju bekas. Anda bisa memulainya dari baju bekas yang masih bagus dan sudah tidak digunakan di rumah. Atau Anda bisa menyetok dari supplier yang menyediakan baju bekas jika ingin punya keuntungan lebih.

Walaupun ini bisnis baju bekas, Anda perlu mengirimkan baju yang rapi dan wangi kepada pelanggan. Kualitasnya harus tetap Anda jaga dengan baik.

Bisnis baju bekas ini paling oke jika Anda jadikan bisnis online. Biasanya akan cepat laku karena banyak orang yang mencari baju bekas bagus di toko online


3. Wedding Organizer

Ide usaha wedding organizer adalah salah satu bisnis yang menarik untuk dijalankan bareng sahabat. Usaha ini banyak dibutuhkan orang-orang karena setiap bulannya cukup banyak orang yang menikah. 

Mereka ingin urusan pernikahan cepat selesai dan berjalan lancar, oleh karena itu mengandalkan bantuan wedding organizer adalah hal yang tepat. Untuk memulai bisnis ini, Anda dapat mengajak beberapa sahabat Anda yang berminat.


4. Kafe

Ide usaha kekinian yang bisa Anda lakukan bersama sahabat adalah membuka kafe. Cukup banyak pebisnis yang berhasil menjalankan bisnis kafe bersama sahabat mereka. Anda perlu memikirkan konsep kafe yang menarik, menu makanan yang menggugah selera, serta branding yang tepat sasaran.

Bisnis ini juga membutuhkan modal yang cukup banyak, jadi Anda perlu memperhitungkannya dengan baik. Namun ketika berhasil, Anda bisa membangun banyak cabang di kota-kota lainnya. Kuncinya adalah ketekunan.


5. Agensi Periklanan

Mendirikan agensi periklanan sangat tepat jika dilakukan bareng sahabat. Biasanya SDM yang dibutuhkan pun tidak begitu banyak, tapi bisa sangat menghasilkan ketika Anda bersama sahabat mendapatkan proyek iklan yang besar.

Salah satu ide bisnis kreatif ini bisa dijalankan Anda yang memiliki ide-ide menarik terkait iklan dan marketing. Banyak perusahaan atau brand yang membutuhkan agensi periklanan untuk membuat konsep iklan mereka.


6. Bisnis Franchise

Jika Anda dan sahabat tidak ingin mendirikan bisnis dari nol, Anda bisa memilih bisnis franchise atau waralaba. Bisnis waralaba ini cukup mudah dilakukan karena branding sudah cukup kuat, produknya tersedia, dan Anda tinggal menjalankannya sesuai dengan tips-tips yang diberikan oleh owner.

Anda juga punya pilihan yang banyak karena usaha waralaba ini cukup menjamur di Indonesia. Jadi, pilihlah bisnis waralaba yang sesuai dengan kesepakatan Anda dan sahabat.


7. Travel Agent

Travel Agent adalah ide usaha tepat yang bisa dijalankan bareng sahabat. Terutama apabila Anda dan sahabat sama-sama punya hobi jalan-jalan. Jasa travel agent ini bisa mencakup perjalanan domestik atau perjalanan ke luar negeri. Anda dan sahabat bisa melakukannya sembari jalan-jalan lho.

Yang terpenting Anda harus mempersiapkan service yang bagus untuk mereka yang menggunakan jasa Anda. Jasa ini bisa berupa pemesanan tiket perjalanan, pemesanan hotel, pemesanan tempat rekreasi, sampai menjadi tour guide.


8. Membuat Jasa Penyedia Konten Tulisan

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan konten berkualitas di situs-situs web miliknya. Anda bisa memanfaatkan ini untuk menyediakan konten tulisan bareng sahabat. Ide usaha ini tepat dilakukan untuk Anda dan sahabat yang memiliki hobi menulis.

Dengan bekerja sama bareng sahabat, tulisan akan selesai dalam waktu singkat. Bayarannya juga lumayan. Biasanya ada juga perusahaan yang meminta agar trafik di situs webnya naik. Anda pun bisa menggunakan bantuan SEO untuk mencapai tujuan itu.


9. Menawarkan Jasa Desain Grafis

Ide usaha desain grafis ini bisa diperuntukkan bagi keperluan apa saja. Mulai dari konten media sosial, konten iklan, konten di situs web dan lainnya. Jika Anda dan sahabat punya keahlian dalam bidang ini, kerja samanya pasti akan lebih menyenangkan. Yang terpenting Anda perlu mendengar kemauan klien seperti apa.


10. Membuat Konten Youtube Bersama

Menjadi youtuber bisa Anda lakukan bareng sahabat. Apalagi dengan adanya adsense, Anda bisa mendapatkan uang dari sana. Untuk menjadi youtuber sukses, Anda perlu menyediakan konten-konten menarik dan informatif yang bisa mendatangkan banyak penonton. 

Semakin banyak penonton, maka akan semakin banyak brand yang ingin beriklan melalui konten Youtube Anda.


Baca juga: 6 Rekomendasi Bisnis yang Cocok Untuk Generasi Z


Persiapan Membuka Usaha Bareng Sahabat

Mendirikan bisnis bareng sahabat juga membutuhkan persiapan serius. Tujuan Anda tentunya ingin bisnis ini bisa ada terus-menerus. Oleh karena itu, inilah persiapan yang perlu Anda lakukan.


1. Bekerja sama dengan sahabat yang punya satu visi

Sebaiknya Anda memilih sahabat yang punya satu visi dengan Anda, bukan sekadar sahabat yang ada hanya ketika bersenang-senang. Bisnis ini memang ditujukan untuk meraih keuntungan, tapi Anda pasti sudah tahu bahwa Anda tidak bisa selalu bersenang-senang di sini. 

Jadi, pilihlah sahabat yang punya visi yang sama dengan Anda, sekaligus yang bagi Anda nyaman untuk diajak bekerja sama.


2. Menentukan pembagian modal dan kerja

Pembagian modal tidak harus sama rata, tapi soal kerja sebaiknya harus sama rata. Misalnya, Anda menyediakan modal yang besar, sementara keahlian bisnis ada pada sahabat Anda. Anda bisa mengatur kerja sama secara impas di sana.

Yang terpenting adalah Anda dan sahabat memiliki kesepakatan bersama yang membuat nyaman.


3. Menentukan produk dan jasa

Jenis bisnis yang bisa Anda dan sahabat tawarkan berupa produk dan jasa. Ini juga bisa disepakati bersama dari awal. Jika Anda kebingungan menentukannya karena banyak ide, cobalah memilih dari yang Anda dan sahabat sukai terlebih dahulu.

Cara tersebut adalah yang termudah dalam memilih produk dan jasa yang ingin Anda jual pada publik.


4. Menentukan target pasar dan promosi

Anda dan sahabat perlu juga menentukan target pasar dari demografi yang tersedia di Indonesia. Semakin spesifik targetnya, akan semakin mudah untuk disasar. Misalnya Anda berniat mendirikan bisnis parfum khusus pria yang bekerja, umurnya mulai dari 22 tahun hingga 45 tahun, dan berdomisili di kota metropolitan.

Dari sana Anda akan mudah menyediakan konten promosi yang tepat untuk mereka. Promosi perlu dilakukan agar bisnis Anda semakin dikenal oleh pelanggan.


5. Tandatangani kerja sama resmi

Walaupun Anda melakukannya bersama sahabat, tapi jangan ragu untuk bekerja sama di atas kertas yang bermaterai dan bertanda tangan basah. Anda dan sahabat jadi punya perlindungan hukum jika salah satu di antara kalian ada yang melanggar perjanjian. 

Hal itu semata-mata dilakukan agar bisnis Anda berjalan lancar untuk jangka yang panjang.



Manfaat Mendirikan Usaha Bareng Sahabat

Mendirikan usaha bareng sahabat banyak manfaatnya. Ini manfaat yang bisa Anda raih ketika memutuskan melakukannya.


1. Mendapatkan modal lebih cepat

Anda dan sahabat bisa sama-sama mengumpulkan modal untuk berbisnis. Cara lainnya, Anda bisa meminjam modal di suatu lembaga keuangan dengan beban pembayaran yang dibagi dua. Kesepakatan soal modal ini perlu didiskusikan dengan baik.


2. Ada rekan untuk memecahkan masalah bersama

Menjalankan bisnis itu banyak tantangannya. Anda pasti akan menghadapi masalah yang sampai membuat Anda bingung bagaimana cara menyelesaikannya. Dengan memiliki sahabat sebagai rekan bisnis, Anda akan mendapatkan bantuan solusi darinya.


3. Saling melengkapi

Anda dan sahabat pasti punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Di sinilah Anda bisa saling melengkapi. Misalnya, Anda tidak begitu ahli dalam bernegosiasi, sahabat Anda yang pintar dalam bernegosiasi. Sedangkan Anda bisa melengkapinya dengan ide-ide atau inovasi yang Anda miliki. 


Risiko Memiliki Usaha Bareng Sahabat

Selain manfaat, bisnis bareng sahabat juga memiliki risiko yang bisa saja terjadi. Risiko ini pernah terjadi di dunia nyata. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahuinya sebagai gambaran.


1. Bisa terjadi konflik perebutan bisnis

Konflik perebutan bisnis ini bisa terjadi ketika Anda dengan sahabat sudah berbeda visi. Hal ini terjadi ketika di tengah jalannya bisnis, Anda dan sahabat tidak berhasil mempertahankan kesepakatan. Perbedaan pendapat yang ada tidak ditemukan solusinya.

Di sinilah pentingnya melakukan kerja sama yang bertanda tangan resmi agar konflik seperti ini tidak terjadi ke depannya. 


2. Keuntungan harus dibagi rata

Anda harus menekan ego Anda di sini karena keuntungan tidak akan bisa semuanya masuk ke kantong Anda. Anda harus mau berbagi dengan sahabat Anda. Ini sudah menjadi kesepakatan yang sudah seharusnya dipatuhi masing-masing individu.


3. Jika Anda dan teman bermasalah dalam berbisnis, masing-masing harus bertanggung jawab

Contoh kasusnya seperti ini, apabila Anda diam-diam berutang untuk perusahaan dan tidak mampu membayarnya, sahabat Anda akan ikut terkena masalah. Hal itu karena sahabat Anda berada di perusahaan yang sama dengan Anda, sama-sama menjadi penanggung jawab. 

Jadi, sahabat Anda wajib membayar utang-utang itu agar masalah cepat selesai. Hal itu karena berpengaruh juga terhadap citra bisnis Anda yang sudah sepatutnya dipertahankan.


Raih Modal Cepat Bersama Modal Rakyat

Jika Anda dan sahabat membutuhkan modal cepat untuk bisnis, Anda dapat mengandalkan Modal Rakyat. Modal Rakyat menyediakan pinjaman yang beragam dari Rp500 ribu sampai maksimal Rp2 miliar. Bunga yang akan dibebankan pada Anda termasuk kompetitif karena disesuaikan dengan menilai risiko usaha Anda terlebih dahulu.

Mengajukan pinjaman di Modal Rakyat pun aman dan terpercaya karena kami sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan. Mari kembangkan bisnis Anda bersama Modal Rakyat dengan berkunjung ke sini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru