Gaya Hidup

Ikigai adalah Konsep Hidup Orang Jepang, ini Penjelasannya

Pretty Angelia Wuisan-

24 Jun 2021

Ikigai adalah Konsep Hidup Orang Jepang, ini Penjelasannya

Ikigai adalah salah satu konsep hidup yang dimiliki oleh orang Jepang yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Konsep ikigai ini cukup unik karena menekankan bahwa bekerja itu perlu, tapi jangan lupa bahagia. Konsep ini yang diperkirakan menjadi salah satu faktor orang Jepang memiliki umur yang panjang dan selalu produktif.

Tidak hanya orang Jepang, ikigai sebenarnya bisa diterapkan oleh siapa saja yang ingin hidupnya lebih terarah dan tetap semangat. Ikigai akan membuat Anda lebih menghargai diri Anda sendiri juga. Untuk lebih jelasnya, Anda akan tahu lebih banyak tentang ikigai dengan membaca artikel ini.


Baca juga: Ingin Jadi Wirausahawan Sukses Hindari 10 Hal Ini

 

Apa itu Ikigai?

Ikigai merupakan konsep hidup yang pertama kali dicetuskan oleh Akihiro Hasegawa yang merupakan seorang profesor psikologi. Arti ikigai diambil dari penggabungan dua kata bahasa Jepang, yaitu iki yang berarti hidup dan gai yang bermakna nilai.

Ikigai juga dapat diterjemahkan secara langsung sebagai alasan bangun di pagi hari.

Istilah ini hadir dengan melihat umur orang Jepang yang begitu panjang. Orang Jepang merupakan salah satu masyarakat yang produktif di dunia. Walaupun mereka sudah tua, mereka tetap semangat bekerja. Bangun pagi-pagi sekali untuk pergi ke ladang atau melakukan pekerjaan lain.

Hal itu karena kebanyakan dari mereka menerapkan ikigai.

Anda pasti bertanya-tanya, sebenarnya apa yang ada di dalam konsep ikigai sehingga dianggap sebagai penyebab sebagian orang Jepang hidup panjang umur dan makmur?

Pernahkah terlintas di dalam benak Anda, apa yang bisa membuat Anda bahagia? Apakah Anda punya mimpi untuk masa depan? Mengapa Anda selalu merasa kebosanan padahal hidup Anda sudah terasa cukup?

Ikigai ini jika diterapkan pada kehidupan sehari-hari akan membuat Anda jadi bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas dan mempunyai tujuan hidup yang jelas. 

Hidup itu memang tidak mudah untuk dijalani. Namun, selama Anda punya tujuan hidup, Anda pasti bisa lepas dari masalah Anda karena Anda akan selalu melihat ke depan. Dengan konsep ikigai, Anda pasti jadi bisa menemukan apa yang Anda inginkan.

Yang perlu ditekankan di sini adalah, penyebab kebahagiaan Anda itu tidak harus sama dengan orang lain. Kebahagiaan ini disesuaikan dengan keinginan Anda.

 

Diagram Ikigai

Dasarnya ikigai dapat Anda pahami dengan melihat komponen-komponen yang ada pada diagram ikigai. Komponen-komponen di diagramnya terdiri dari hasrat, kemampuan, misi dan profesi yang Anda pilih.

Dari komponen-komponen di dalam diagram ikigai, muncul pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Hasrat = Apa yang Anda sukai?

Atau lebih mengarah pada kegiatan yang Anda suka menjalankannya. Jika Anda bingung menentukannya, Anda bisa memulai dari kegiatan yang menjadi hobi Anda.

Mungkin juga sesuatu yang Anda sukai ini ada banyak. Namun, Anda bisa memilih salah satu hal yang paling Anda sukai.

2. Keahlian = Apa keahlian yang dapat Anda lakukan dengan baik?

Setiap orang pasti memiliki satu keahlian yang diandalkannya. Misalnya, Anda menjalankan satu profesi selama bertahun-tahun karena keahlian itu. Yang pasti keahlian ini tidak ada begitu saja. Harus diasah selama bertahun-tahun sehingga Anda bisa dengan bangga menyebutkan bahwa saya memiliki keahlian ini.

3. Profesi = Apa kemampuan Anda bisa mendapatkan bayaran?

Untuk mendapatkan bayaran yang layak, Anda harus membuktikan bahwa Anda punya kemampuan yang Anda sebutkan itu. Kalau tidak ada yang tahu tentang kemampuan Anda, Anda hanya akan duduk di tempat yang sama. Di sini berarti Anda membutuhkan orang lain yang menilai kemampuan Anda itu dan bersedia membayar Anda dengan layak.

Ini juga berlaku ketika Anda memutuskan bekerja sendiri tanpa bos alias menjadi pebisnis. Bisnis Anda harus diketahui oleh orang lain yang berniat membeli barang dan jasa yang Anda produksi.

4. Misi = Apa yang dunia butuhkan dari diri Anda?

Ikigai tidak hanya berfokus pada diri Anda. Untuk meraih kebahagiaan yang sempurna, Anda perlu juga membantu orang lain. 

Dari kemampuan Anda itu, apa yang bisa Anda lakukan untuk orang lain? Anda pasti bisa nanti akan tahu bagaimana memaksimalkan kemampuan Anda untuk menolong orang lain.

 

Contoh Ikigai

Supaya Anda bisa menerapkan ikigai dalam kehidupan sehari-hari, Anda perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan dari diagram ikigai di atas. Di sini ada contoh yang boleh Anda terapkan. Anda bisa menyusunnya sendiri sesuai dengan diri Anda.

1. Hasrat

Misalnya, Anda senang berbisnis karena Anda yang menjadi bos. Anda bebas dalam mengeksekusi ide-ide Anda. Dari sini Anda bisa memulai memproduksi barang dan jasa yang ingin Anda jual.

2. Keahlian

Untuk menjadi pebisnis, Anda harus memiliki keahlian. Keahlian yang utama adalah memproduksi barang dan jasa yang sekiranya akan dibeli oleh banyak orang.

Lalu, keahlian-keahlian lain yang menunjang pebisnis dalam menjalankan bisnisnya. Mulai dari mengatur anak buah, bernegosiasi, membuat dan membaca laporan keuangan, membuat strategi bisnis, dan keahlian penunjang lainnya.

3. Profesi

Setelah Anda berhasil memproduksi barang dan jasa, lalu menyebarkannya kepada publik, Anda pun akan mendapatkan bayaran dari mereka yang membeli produk-produk Anda. Anda melakukan promosi juga supaya lebih banyak orang yang tahu tentang produk Anda.

4. Misi

Dengan menjadi pebisnis, Anda bisa membantu orang lain memenuhi kebutuhannya dari barang dan jasa yang Anda jual.

Selain itu, sebagai pebisnis, Anda dapat mempekerjakan mereka yang membutuhkan pekerjaan. Bisnis Anda juga tidak akan berjalan tanpa kehadiran para pekerja ini. Anda wajib memberikan upah yang pantas untuk para pekerja itu.


Baca juga: 10 Mindset yang Dimiliki Orang Kaya


Kesimpulan

Seperti itulah konsep ikigai yang bisa Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hidup dengan memiliki tujuan pasti akan selalu membuat Anda bersemangat, walaupun banyak ujian dan cobaan yang harus Anda hadapi. Ikigai akan membuat Anda punya sikap pantang menyerah.

Konsep ikigai tidak hanya bisa digunakan oleh Anda yang sedang mengejar karir, tapi juga bagi Anda yang sedang mencari arti hidup. Semoga mulai sekarang, Anda bisa hidup berbahagia.

 

Yuk, Bantu Pelaku UMKM Mengembangkan Bisnisnya Bersama Modal Rakyat

Untuk Anda yang sedang mengincar keuntungan, Anda bisa mendaftar sebagai investor di P2P Lending Modal Rakyat. Modal yang Anda salurkan akan dipinjamkan pada pelaku UMKM yang membutuhkan modal. Anda pun sekalian membantu para pelaku UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Potensi imbal hasil yang Anda raih mencapai 25% per tahun. Berinvestasi di Modal Rakyat juga aman karena kami sudah memperoleh izin dari OJK. Yuk, mulai mendaftarkan diri Anda sebagai investor di halaman berikut ini. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan saldo gratis senilai Rp25.000.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru