Finansial

Ingin Investasi Sambil Bekerja? Coba Jenis Investasi Berikut

Paskalia-

27 May 2019

Ingin Investasi Sambil Bekerja? Coba Jenis Investasi Berikut

Apakah Anda seorang pekerja dan ingin berinvestasi? Jika iya, berarti Anda wajib mengetahui macam-macam investasi sambil bekerja yang tepat untuk Anda coba. Investasi adalah salah satu langkah yang penting dalam mengelola keuangan, apalagi jika Anda seorang pekerja, agar uang yang Anda miliki dapat bertambah atau berkembang.


Apa Itu Investasi?

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya jika Anda mengerti apa itu investasi. Investasi adalah aktivitas menggunakan dana pada periode tertentu dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan dari penggunaan dana tersebut. Investasi juga dapat diartikan aktivitas menyerahkan aset kepada orang lain untuk dikelola. Lalu hasilnya dibagi sesuai dengan perjanjian yang telah dilakukan. Orang yang melakukan investasi dikenal dengan sebutan investor.


Baca juga: 7 Pilihan Investasi yang Bikin Kaya Raya Sebelum Umur 30 Tahun


Jenis Investasi yang Sesuai bagi Karyawan

Investasi sambil bekerja memang tak mudah. Anda harus membagi semuanya menjadi dua, baik itu tenaga, fokus, waktu, dan seterusnya. Namun jika Anda mengetahui jenis investasi yang tepat, maka menjadi investasi sambil bekerja bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan. Apa saja jenis investasinya? Simak pemaparan berikut.


Investasi Emas

Investasi emas termasuk aman dan cukup menguntungkan. Kenapa demikian? Harga emas umumnya lebih stabil, bahkan bisa naik dari tahun ke tahun. Investasi emas dapat berupa perhiasan atau emas batangan yang disebut dengan logam mulia. Untuk investasi jenis ini disarankan menggunakan emas batangan, karena keuntungan emas batang lebih besar daripada perhiasan.

Emas dalam bentuk perhiasan biasanya mendatangkan lebih sedikit keuntungan karena Anda harus menambah biaya ongkos pembuatan dan penjualan hanya berdasarkan berat emasnya saja. Apalagi biasanya yang dihitung hanya berat emasnya, sedangkan permata di perhiasan biasanya tidak ikut dihitung. Oleh karena itu, berinvestasi emas dalam bentuk batangan lebih disarankan.

Cara berinvestasi emas cukup mudah, Anda dapat membuka tabungan berbentuk emas di pegadaian, PT. Aneka Tambang, maupun toko-toko emas yang terpercaya. Lebih baik lagi jika investasi emas dilakukan rutin setiap bulan. Hal ini dapat membuat nilai investasi lebih besar serta alokasi dana lebih optimal.


Baca juga: Cara Mudah Menghitung Keuntungan Investasi


Investasi Properti

Jenis investasi sambil bekerja lain yang dapat dilakukan adalah investasi properti. Investasi ini sangat menguntungkan, karena setiap orang akan selalu membutuhkannya. Anda dapat memulai investasi properti dengan mencari lokasi yang strategi seperti di pusat perkotaan. Wujud investasi properti yang bisa Anda lakukan seperti membangun indekos, kontrakan, ruko yang dapat disewakan, dan lain-lain.

Investasi jenis ini memang sangat menguntungkan. Selain itu Anda juga tidak perlu mengontrolnya secara intensif. Untuk memulai bisnis ini juga terbilang tidak terlalu ribet, Anda hanya perlu mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan untuk membangun dan menyewa orang untuk membangunnya. Yang tak kalah penting adalah konsultasikan desain properti milik Anda kepada arsitek ahli, baik itu rumah atau toko.

Bila tidak mau repot membangun sendiri, Anda bisa juga membeli properti lalu menyewakannya ke pihak lain. Dengan begitu Anda bisa memperoleh keuntungan yang lebih maksimal. Selanjutnya, jika merasa terlalu sibuk, Anda dapat menyewa jasa orang yang dapat mengontrol properti tersebut. Dengan demikian Anda masih dapat investasi sambil bekerja.


Deposito

Apabila Anda tidak terlalu memahami investasi, Anda dapat mencoba mendepositokan uang kepada bank. Pastikan bank yang dipilih terpercaya dan mampu menawarkan keuntungan tinggi. Investasi jenis ini tidak memerlukan banyak pengetahuan dan memiliki resiko yang rendah. Dengan begitu sangat cocok untuk Anda yang masih investor pemula, apalagi melakukan investasi sambil bekerja.

Setiap bank memiliki ketentuan yang berbeda terkait deposito. Anda dapat membandingkan besaran bunga yang diperoleh agar mendapat keuntungan maksimal. Deposito terbagi menjadi beberapa bagian tergantung lama penyimpanannya, ada yang setahun, dua tahun, lima tahun, dan seterusnya.

Selain itu, investasi jenis ini juga menjamin pengembalian hasil lebih tinggi dibanding dengan jumlah tabungannya. Imbalan yang ditawarkan hingga sebesar 7 sampai 8 persen, tergantung dengan dana awal yang didepositokan dan lama penyimpanan. Untuk diketahui, minimal setoran yang bisa didepositokan Rp1 juta. Bunga deposito yang Anda dapatkan juga tergantung dengan besar setoran awal dan lama penyimpanan. Semakin besar setoran awal dan semakin lama penyimpanan maka akan semakin besar pula bunga yang didapatkan.


Menanam Saham

Jenis investasi sambil bekerja lainnya yang menguntungkan dan tidak ribet adalah saham. Anda tidak akan dibuat pusing dalam mengurusnya. Sebaiknya Anda menanamkan saham di perusahaan terbuka (TBK) atau publik karena akan lebih menguntungkan.

Untuk mengetahui perusahaan itu terbuka atau tidak, Anda dapat melihat adanya kata Tbk di belakang nama perusahaan. Anda dapat mencari perusahaan-perusahaan terbuka lainnya di internet. Jangan lupa untuk mencari informasi selengkapnya tentang kondisi perusahaan proyeksi keuntungan di masa depan.


Investasi Tabungan di Bank

Anda juga dapat investasi sambil bekerja dengan menabung di bank. Jenis investasi di bank sudah lazim dilakukan banyak orang. Investasi ini tidak memandang pendapatan rendah maupun tinggi. Selain mudah dan tidak merepotkan, setoran yang diperlukan juga rendah. Banyak bank yang dapat Anda pilih untuk memulai investasi ini, baik bank milik pemerintahan maupun bank milik swasta. Anda dapat memilih bank yang menurut Anda lebih menguntungkan untuk berinvestasi. Yang terpenting adalah dapat dipercaya. Keuntungan lainnya Anda bisa menarik uang yang sudah disimpan kapan saja.


Dari banyaknya macam investasi sambil bekerja di atas, mana yang menurut Anda lebih mudah? Sebaiknya pilih instrumen investasi yang sesuai kemampuan Anda. Jika memang dirasa masih belum cukup ilmu untuk berinvestasi, Anda dapat menjalankan investasi yang cukup mudah seperti bisnis emas, deposito, dan tabungan. Apalagi jika Anda tidak punya banyak waktu dan memilih investasi sambil bekerja. Namun jika Anda sudah ahli, mungkin Anda dapat memilih investasi saham karena menawarkan keuntungan lebih tinggi daripada yang lain.

Demikian macam-macam investasi mudah yang dapat Anda lakukan sembari bekerja. Semoga penjelasan di atas membantu Anda dalam mencari instrumen investasi yang tepat. Selamat mencobanya. Semoga berhasil.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru