Finansial

Ingin Sukses Berbisnis Bitcoin Mining? Ini 5 Persiapan yang Harus Anda Lakukan

Kabrina Rian Ferdiani-

16 Oct 2019

Ingin Sukses Berbisnis Bitcoin Mining? Ini 5 Persiapan yang Harus Anda Lakukan

Sebelum memulai bisnis bitcoin mining ada banyak hal yang harus Anda persiapkan. Banyak pemula yang baru memulai bisnis bitcoin mengajukan pertanyaan terkait bisnis bitcoin.


Salah satu pertanyaannya yang sering diajukan adalah, “Bagaimana cara memulai bisnis bitcoin?”. Untuk menjawab pertanyaan ini memang agak sulit sebab memiliki jawaban yang beragam.


Namun, Anda tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini, kami mencoba merangkum 5 persiapan yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis bitcoin mining.


Sebenarnya, kunci dari memulai sebuah bisnis bitcoin memiliki cara yang sangat mudah. Yaitu dengan cara memantau harga bitcoin melalui aplikasi yang tersedia untuk bitcoin. Jika Anda ingin menjual bitcoin, pilihlah saat harga bitcoin sedang naik. Namun apabila Anda ingin membeli bitcoin, belilah bitcoin saat harganya mengalami penurunan.


Langkah-langkah untuk memulai bisnis bitcoin harus Anda lakukan untuk dapat memperoleh keuntungan. Bisnis bitcoin sebenarnya tidak sulit asalkan Anda mengetahui kunci untuk mendapat keuntungan dalam bisnis bitcoin.


Akan tetapi, Anda harus berhati-hati dalam menyimpan mata uang bitcoin di komputer. Jika komputer terkena virus, maka bisa menyebabkan kerugian karena bitcoin yang disimpan bisa hilang.


Jika Anda memang benar-benar baru memulai bisnis bitcoin, maka sangat disarankan untuk melakukan persiapan sebelum terjun ke bisnis bitcoin mining. Hal-hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut.


Baca juga: 5 Alasan Bisnis Bitcoin Mining Lebih Menguntungkan Ketimbang Bisnis Konvensional



Unduh Piranti Lunak Gratis untuk Menambang


Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memiliki perangkat lunak yang digunakan untuk dapat menambang bitcoin. Perangkat lunak ini sangat berguna untuk mendukung Anda dalam menambang bitcoin di komputer.


Ada banyak program khusus yang bisa Anda gunakan untuk  aktivitas menambang bitcoin. Namun, di antara banyak program, Anda cukup memilih satu program saja untuk dapat menambang bitcoin.


Ada dua program yang paling populer untuk bisa menambang bitcoin yaitu CGminer dan BFGminer. Program ini adalah program dari baris perintah atau yang sering disebut command line.


Anda juga bisa mencoba salah satu program untuk menambang bitcoin yaitu EasyMiner. Apabila Anda lebih menyukai kemudahan, program ini akan memanjakan Anda dengan GUI. EasyMiner langsung bisa beroperasi di beberapa OS seperti Windows, Android, dan Linux.

Tidak cukup hanya memiliki perangkat lunak tersebut, Anda harus mempelajarinya. Perangkat ini adalah tool utama untuk bisa melakukan bisnis bitcoin mining. Tentu Anda harus menguasai cara kerjanya.


Bergabung Ke Perkumpulan Penambang Bitcoin


Bergabung ke perkumpulan penambang bitcoin adalah salah satu persiapan sebelum memulai bisnis bitcoin mining. Anda perlu bergabung dengan komunitas penambang bitcoin untuk mempermudah dalam menambang bitcoin.


Sangat disarankan agar Anda bergabung ke perkumpulan atau komunitas penambang bitcoin. Komunitas penambang bitcoin adalah kumpulan penambang bitcoin yang saling bekerja sama untuk memecahkan satu blok. Mereka kemudian saling berbagi imbalan yang telah diperoleh.


Tanpa bergabung dengan perkumpulan penambang bitcoin, sebenarnya Anda bisa saja menambang bitcoin sendiri. Namun, selama satu tahun menambang bitcoin, bisa jadi Anda tidak akan mendapat apa-apa karena tidak bisa memecahkan masalah yang ada.


Akan jauh lebih baik jika bergabung dengan perkumpulan para penambang bitcoin dan kemudian imbalan yang telah diperoleh dibagi bersama-sama dalam sebuah kelompok besar penambang bitcoin. Hal seperti ini juga akan menciptakan rasa kekeluargaan dan persaudaraan yang erat antara sesama penambang bitcoin.


Berikut adalah beberapa perkumpulan penambang bitcoin yang bisa Anda ikuti.

  • BitMinter
  • CK Pool
  • Eligius
  • Slush Pool


Membuat Account Dagang Bitcoin


Persiapan lainnya adalah dengan membuat account dagang bitcoin melalui indodax.com. Setelah membuat account, yang harus dilakukan adalah membuka email, dan kemudian klik link verifikasi pada email tersebut.


Anda harus ingat bahwa jika account tidak diverifikasi dalam 24 jam, maka account Anda akan terhapus dari database indodax.com secara otomatis. Biaya untuk membuat akun dagang ini terbilang cukup murah, yaitu sekitar 0.3%.


Anda diharuskan membuat akun dagang bitcoin untuk memulai bisnis bitcoin. Akun dagang untuk bitcoin ini sangat penting, karena nantinya akan digunakan untuk membeli bitcoin dan juga menjual bitcoin. Membeli dan menjual bitcoin akan sangat mudah apabila Anda memiliki akun dagang untuk bitcoin.


Anda harus berhati-hati memilih situs yang terpercaya untuk dapat membuat akun dagang bitcoin. Dikarenakan bitcoin ini ilegal, maka sangat rentan terjadi penipuan pada saat berbisnis bitcoin.


Membuat Bitcoin Wallet


Anda harus mendaftar bitcoin wallet di blockchain.info. Anda perlu memasukan alamat email yang sudah terdaftar dengan benar. Catat dan simpan identifier dan password beserta mnemonic milik Anda.


Pastikan jangan sampai Anda melupakan identifier dan password Anda karena Blokchain.info tidak akan menyimpannya. Setelah itu, Anda harus login ke dalam bitcoin wallet Anda di blockchain.info. Di sana, Anda akan melihat bitcoin address yang merupakan alamat bitcoin milik Anda.


Membuat bitcoin wallet adalah persiapan awal wajib yang harus dilakukan sebelum terjun ke bisnis bitcoin mining. Pemula yang baru menjalani bisnis bitcoin ini wajib untuk membuat bitcoin wallet.


Nantinya bitcoin wallet ini akan berguna menunjang aktifitas Anda dalam penggunaan bitcoin. Jika Anda tidak mempunyai bitcoin wallet tentu Anda akan sangat kerepotan saat melakukan transaksi menggunakan mata uang bitcoin.


Ikuti Berita Perkembangan Bitcoin


Hal penting lainnya yang harus dipersiapkan sebelum terjun ke bisnis bitcoin adalah mengikuti berita perkembangan bitcoin. Ini merupakan hal yang wajib dilakukan dalam bisnis bitcoin mining. Dengan mengikuti berita perkembangan bitcoin, Anda akan mengetahui informasi harga bitcoin.


Bukankah Anda harus mendapat keuntungan saat melakukan bisnis bitcoin? Jika Anda tidak mengikuti perkembangan yang ada, maka bisa jadi Anda mengalami kerugian saat berbisnis bitcoin. Ini karena Anda tidak dapat mengetahui perkembangan harga bitcoin.


Langkah-langkah di atas adalah beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum terjun ke bisnis bitcoin mining. Jangan sampai Anda mengabaikan persiapan tersebut karena akan memengaruhi keberhasilan Anda dalam menjalankan bisnis bitcoin mining.


Baca juga: Ingin Bisa Menabung Setiap Hari, Berikut ini Tipsnya

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru