Finansial

Inilah 5 Persyaratan Bayar Pajak Motor untuk 5 Tahun

Kabrina Rian Ferdiani-

14 Oct 2020

Inilah 5 Persyaratan Bayar Pajak Motor untuk 5 Tahun

Persyaratan bayar pajak motor harus dipersiapkan terlebih dahulu agar nantinya kita tidak kebingungan saat hari H. Persyaratan yang kurang lengkap membuat proses pembayaran pajak tidak dapat dilanjutkan karena Anda harus memenuhi dokumen atau persyaratan yang kurang terlebih dahulu baru pembayaran bisa dilakukan.

Membayar pajak sesuai waktu dan aturan merupakan kewajiban kita sebagai warga negara yang baik, termasuk dalam membayar pajak satu tahun sekali atau pajak dengan jangka waktu lima tahun sekali. Apabila Anda terlambat melakukan pembayaran, maka akan ada denda yang dikenakan, yaitu sebesar 2,5%.

Untuk pembayaran pajak motor 5 tahun sekali ini, sebenarnya Anda tidak akan dikenakan biaya tapi harus mengganti plat nomor dan penerbitan STNK baru. Anda tinggal melengkapi persyaratan bayar pajak motor agar prosesnya bisa berjalan lancar dan berikut lima syarat yang harus Anda penuhi. 


Baca juga: Persyaratan Bayar Pajak Motor dan Cara Bayar via Smartphone


KTP Asli Pemilik Kendaraan dan Fotocopynya

Seperti pembayaran pajak motor tahunan, Anda juga membutuhkan KTP asli pemilik motor sebagai salah satu persyaratan bayar pajak motor. Apabila kepemilikan motor atas nama orang lain, maka Anda harus meminjam KTP orang tersebut baru kemudian menyalinnya agar proses pembayaran bisa dilakukan segera tanpa kendala. 

Namun, jika kepemilikan motor atas nama Anda, maka tidak perlu jauh-jauh meminjam KTP karena Anda tinggal membawa KTP asli beserta fotocopinya. Jangan sampai Anda lupa untuk membawanya karena jika ketinggalan atau lupa, maka proses pembayaran tidak dapat berjalan lancar. 

Persiapkan syarat ini sebelum berangkat ke tempat pembayaran pajak agar nantinya tidak terburu-buru atau justru terlupakan. Pastikan juga bahwa semua data dan informasi di dalam fotocopy terlihat jelas. Dengan begitu, persyaratan bayar pajak motor akan terkumpul dengan lengkap sehingga proses pembayaran bisa langsung terselesaikan. 


BPKB Asli dan Fotocopynya

Persyaratan bayar pajak motor yang lain adalah BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. Pastikan bahwa Anda membawa dokumen asli agar proses pembayaran bisa segera dilakukan karena terkadang beberapa orang lupa membawanya. Hal ini disebabkan BPKB sering dijadikan jaminan saat seseorang melakukan pinjaman dana. 

Apabila BPKB belum ada di tangan Anda, pastikan untuk melunasi semua pinjaman tersebut karena persyaratan yang kurang bisa membuat pembayaran terpaksa tidak bisa dilakukan. Selain itu, jangan lupa untuk menyalinnya terlebih dahulu karena ini menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi juga.

Persyaratan bayar pajak motor 5 tahun sekali ini wajib Anda persiapkan terlebih dahulu. Simpan BPKB dalam tempat yang aman agar selama perjalanan surat penting ini aman dan tidak terjatuh. Persiapkan semua dokumen dalam satu tempat yang sama agar memudahkan kita saat ingin menyerahkan ke petugas. 


STNK Asli dan Fotocopynya

KTP dan BPKB ternyata belum cukup untuk bisa melakukan pembayaran pajak motor karena tentunya dibutuhkan persyaratan bayar pajak motor lainnya, yaitu STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan. Seperti yang kita tahu bahwa setiap bodi motor ada nomor seri kendaraan sebagai identitas motor tersebut.

Pembayaran pajak motor setiap lima tahun sekali ini juga bisa disebut sebagai perpanjangan STNK sehingga surat ini wajib dibawa saat proses pembayaran. Pastikan bahwa Anda membawa surat asli dan juga salinannya. STNK asli biasanya hanya akan ditunjukkan kepada petugas sebagai bukti bahkan Anda tidak memanipulasinya. 

Jangan lupa juga untuk menyalin surat penting ini sebagai persyaratan bayar pajak motor. Tidak perlu banyak-banyak, cukup satu atau dua lembar saja, namun pastikan jika salinan tersebut menunjukkan tulisan yang jelas sehingga mudah untuk dibaca maka dari itu proses perpanjangan STNK bisa segera dilakukan.


Kendaraan atau Sepeda Motor

Berbeda dengan pembayaran pajak motor tahunan di mana Anda tidak perlu membawa sepeda motor yang bersangkutan. Anda bisa melakukan pembayaran meskipun menggunakan kendaraan lainnya karena yang paling penting adalah kelengkapan dari beberapa surat sebagai persyaratan bayar pajak motor yang wajib dibawa saat pembayaran.

Namun, untuk pembayaran pajak selama lima tahun ini, Anda harus membawa motor yang bersangkutan karena nantinya ada pergantian plat nomor baru sekaligus perpanjangan STNK. Jadi, dalam pembayaran pajak selama lima tahun sekali ini, Anda tidak akan dikenakan biaya, melainkan hanya pergantian plat nomor. 

Apabila ternyata Anda lupa membawa kendaraan bermotor, maka proses tidak bisa dilanjutkan karena persyaratan bayar pajak motor ini wajib untuk dibawa ke lokasi. Jadi, pastikan Anda telah mempersiapkan motor tersebut untuk dibawa mengurus pembayaran pajak motor selama lima tahun sekali. 


Formulir Perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan

Mengisi formulir perpanjangan STNK adalah persyaratan bayar pajak motor terakhir yang harus Anda lengkapi juga. Tidak seperti pembayaran untuk tahunan, di sini Anda diharuskan mengisi formulir yang disediakan terlebih dahulu. Formulir ini akan berisi data pribadi Anda hingga informasi tentang motor yang bersangkutan.

Agar tidak berebut alat tulis, pastikan Anda sudah membawa bolpoin sendiri dari rumah sehingga bisa segera melakukan pengisian formulir saat sampai di lokasi. Pastikan semua informasi tertulis dengan jelas dan lengkap sesuai apa yang diminta agar nantinya tidak ada kesalahan dalam memasukkan data oleh petugas. 

Pengisian formulir ini dapat membantu petugas dalam memasukkan data demi proses pembayaran pajak motor lima tahun sekali. Apabila Anda sudah memastikan bahwa semua terisi dengan benar dan tepat, selanjutnya kumpulkan formulir sekaligus beberapa syarat sebelumnya kepada petugas pembayaran pajak agar bisa langsung diproses.

Meskipun umumnya tidak diperlukan pembayaran, tapi tetap saja ada biaya tertentu yang harus dipersiapkan. Semua pembayaran ini tidak akan memberikan beban jika Anda memiliki penghasilan menjanjikan, seperti mengikuti investasi. P2P Lending bisa menjadi pilihan terbaik dalam melakukan investasi dan memenuhi persyaratan bayar pajak motor.


Baca juga: Keluarga Muda, Yuk Intip Perencanaan Keuangan Berikut ini

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru