Bisnis

Gaya Hidup

Memahami Instagram Reels dan Memanfaatkannya untuk Bisnis

Brigitta Winasis-

27 Sep 2021

Memahami Instagram Reels dan Memanfaatkannya untuk Bisnis

Instagram Reels adalah fitur pengunggahan video pendek yang terdapat di Instagram. Video pendek yang dimaksud adalah video berdurasi 15 detik dengan ukuran portrait smartphone. Umumnya, video tersebut dipadukan dengan efek dan musik menarik.

Instagram Reels merupakan fitur baru aplikasi Instagram yang akhirnya juga mengubah konsentrasi media sosial tersebut. Jika sebelumnya Instagram merupakan media sosial berbagi foto, kini Instagram dikenal juga sebagai media sosial untuk berbagi video pendek.

Berbeda dengan unggahan foto pada Instagram yang hanya menjangkau orang-orang terdekat atau terhubung, Instagram Reels secara acak dapat menjangkau pengguna Instagram yang lebih banyak. Oleh karena itu, fitur konten ini berpotensi digunakan sebagai medium untuk mengenalkan merek atau produk.

 

Fitur Instagram Reels

Ketika mengunggah video pendek berdurasi 15 detik, Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan untuk membuat video menjadi lebih menarik. Berikut ini adalah beberapa fitur Instagram Reels, setidaknya hingga september 2021.

1. Audio, yaitu untuk pengguna dapat memasukkan audio yang berasal dari galeri smartphone-nya ataupun audio yang berasal dari Instagram music.

2. Efek AR, yaitu berbagai animasi dan style video yang disediakan oleh Instagram Reels. Efek-efek yang disediakan umumnya akan terus berkembang sesuai trend yang sedang terjadi.

3. Timer and countdown, yaitu pengaturan waktu untuk merekam video. Fitur Reels memungkinkan Anda untuk mengambil gambar secara handsfree dan melakukan penjedaan sesuai kreativitas.

4. Align, yaitu efek yang akan mensejajarkan video yang diambil di awal dengan video selanjutnya. Fitur ini biasanya digunakan untuk manipulasi konten “berganti pakaian”.

5. Speed, yaitu fitur untuk mempercepat atau mempersingkat video dan audio. Fitur ini biasanya digunakan untuk memanipulasi gerakan cepat.


Baca Juga: Tips Menjadi Wirausahawan Sukses Melalui Media Sosial

 

Memanfaatkan Instagram Reels untuk Bisnis

Bagi pelaku bisnis, fitur video pendek adalah peluang untuk mengenalkan produk dan membangun brand perusahaan. Hal itu karena video pendek menjangkau lebih banyak pemirsa ketimbang video panjang seperti live streaming dan youtube.

Kini hampir semua pembaruan media sosial digunakan untuk menunjang langkah-langkah strategi marketing, termasuk Instagram Reels. Banyak brand melakukan endorsement pada influencer yang rutin membuat video Instagram Reels. Produk placement di bagian belakang influencer yang sedang menari adalah cara yang kini sangat umum dilakukan.

Konten spesialis video pendek bahkan telah menjadi satu bagian yang penting di dalam manajemen marketing. Peran sumber daya manusia yang “membuat video pendek Instagram Reels atau TikTok” bahkan telah sejajar dengan SDM di divisi marketing pada umumnya. Mereka bertugas untuk membangun kesadaran merek.

Untuk memanfaatkan Instagram Reels dalam bidang bisnis, dapat digunakan berbagai strategi unik. Beberapa cara menggunakan Instagram Reels untuk mengembangkan bisnis yang paling umum adalah sebagai berikut.

1. Membayar konten kreator yang sudah terkenal untuk mereview produk atau membuat konten dengan ketentuan product placement.

2. Menjaring sumber daya manusia yang akan ditempatkan khusus untuk memproduksi konten video pendek Instagram Reels.

3. Mengadakan sayembara atau lomba video pendek yang membahas produk tertentu.

4. Paid promote kepada komunitas. Selain membayar content creator yang memiliki banyak pengikut, pelaku bisnis juga dapat bekerjasama dengan komunitas yang memiliki banyak anggota. Seluruh anggota komunitas tersebut diwajibkan untuk membuat video menyangkut produk tertentu.

 

Membandingkan Instagram Reels dan Tiktok

TikTok menjadi platform yang lebih dulu memperkenalkan kreativitas video pendek. Oleh karena itu, berapa platform media sosial yang menyediakan fitur berbagi video pendek seperti Instagram dan Youtube pun dikaitkan mirip dengan TikTok. Meskipun begitu, faktanya memang ada beberapa perbandingan antara Instagram dan TikTok.

1. Menampilkan Deretan Video

Instagram Reels maupun TikTok sama-sama memiliki halaman khusus untuk menampilkan video pendek yang dibuat oleh creator tertentu. Kumpulan video populer yang ada pada Instagram Reels nyatanya memang cukup mirip dengan halaman For Your Page atau FYP.

2. Desain Tampilan

Interface yang dimiliki oleh Instagram kini nyaris menyerupai TikTok setelah adanya Instagram Reels. Perbedaannya hanya terletak pada tab shop yang dimiliki oleh Instagram. Sementara pada TikTok, letak tab tersebut diisi oleh inbox.

3. Tools

Kebanyakan pengguna media sosial tidak akan menyadari perbedaan tools dan efek yang ada pada keduanya. Tools yang dimiliki oleh Instagram Reels adalah seperti voice over, filter, stiker, teks, audio control, dan brush. Sementara pada TikTok, Anda bisa menggunakan filter, voice over, efek suara, efek teks, stiker, trim, pengaturan volume, dan sound atau music.

4. Varian Durasi

Instagram Reels menyediakan durasi 15 detik untuk satu video pendek yang bisa dibuat menggunakan berbagai tools seperti timer, speed, audio efek, dan lainnya. Sementara itu, TikTok juga memiliki berbagai variasi yang tidak jauh berbeda dengan Instagram Reels. Dalam hal ini, kelebihan TikTok adalah memiliki durasi 60 detik selain 15 detik.

5. Pengaturan Thumbnail

Setelah video dibuat dan diunggah, video pendek akan muncul dalam jajaran persegi. Kedua sosial media ini memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda, tetapi keduanya memiliki bagian khasnya masing-masing.

Pada TikTok, Anda akan dapat mengatur cover video, caption, menandai teman, hashtag, draft, share to device, share to, duet, membatasi penonton, stitch, dan mematikan kolom komentar. Sementara pada Instagram Reels, Anda bisa melakukan pengaturan seperti memberi caption, menandai teman, save draft, dan mengatur cover video.


Baca Juga: Investasi Emas dengan Memanfaatkan Media Sosial


Memaksimalkan Media Sosial Marketing Menggunakan Modal dari Modal Rakyat

Memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis dilakukan bukan tanpa modal. Walaupun begitu, untungnya kini mendapatkan modal untuk usaha kecil menengah dapat dengan mudah diperoleh dari Modal Rakyat.

Modal Rakyat adalah platform P2P Lending yang menghubungkan antara pelaku bisnis dan sumber dana terpercaya. Menggunakan skema legal dan diawasi OJK, hubungan kerja sama antara dua pihak tersebut terjamin keamanannya. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai Moda Rakyat, klik ini.

 

Pertanyaan Umum

1. Apa maksud Reels di Instagram?

Reels adalah fitur terbaru Instagram yang fungsinya adalah untuk mengunggah video 15 detik dengan menggunakan audio dan efek menarik. Berbeda dengan konten video pada unggahan biasa Instagram, Reels memiliki ukuran potrait seperti Instagram Story.

2. Kapan Instagram Reels rilis di Indonesia?

Secara global Instagram telah mengumumkan hadirnya Instagram Reels sejak 5 Agustus 2020. Namun, fitur ini baru Instagram ini mulai dapat digunakan di Indonesia sejak 24 Juni 2021.

3. Siapa yang bisa melihat Reels Instagram?

Postingan foto Instagram hanya akan muncul di halaman beranda apabila Anda terhubung dengan pengunggah foto tersebut. Berbeda dengan itu, video Instagram Reels akan muncul secara acak ketika Anda membuka salah satu video Instagram Reels. Dengan kata lain, setiap orang dapat melihat Instagram Reels milik orang lain dengan syarat akun tersebut tidak dalam mode private.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru