Finansial

Pilih Investasi Emas Batangan atau Perhiasan? Ini Tipsnya!

Kabrina Rian Ferdiani-

28 Aug 2020

Pilih Investasi Emas Batangan atau Perhiasan? Ini Tipsnya!

Tentunya sudah bukan rahasia lagi bila investasi emas sangat populer dan disukai oleh semua masyarakat. Karena harganya terbilang stabil dan cenderung meningkat. Sehingga hal ini membuat masyarakat memilihnya. Bahkan emas memiliki pesona tersendiri dalam dunia investasi sehingga media ini tidak pernah sepi peminat.

Namun bila Anda ingin mencoba berinvestasi menggunakan emas, sebaiknya pilih dulu medianya. Apakah lebih menguntungkan melakukan investasi berbentuk emas batangan atau perhiasan. Karena keduanya sama-sama memiliki ciri khas, kelebihan, dan kekurangan tersendiri. Pemilihan jenis emas tertentu bisa mempengaruhi nilai investasinya di kemudian hari.

Maka dari itu Anda harus memperhatikan jenis investasinya dari awal supaya hasilnya bisa maksimal dan sesuai dengan harapan. Umumnya beberapa orang mengira bila investasi berbentuk emas batangan lebih menguntungkan. Namun bila dilihat dari penampilannya, investasi berbentuk perhiasan lebih menarik.

Jadi sebaiknya sesuaikan kondisi keuangan Anda bila ingin melakukan investasi emas. Selain itu, sesuaikan tujuannya juga. Hal ini penting sekali supaya Anda tahu manakah jenis investasi yang terbaik dan paling cocok. Untuk selebihnya akan kami kupas tentang investasi berbentuk emas batangan dan perhiasan serta tipsnya.


Baca juga: Investasi Emas atau Investasi P2P, mana yang Lebih Baik?


Serba-Serbi Investasi Emas Batangan

Investasi menggunakan emas batangan sering dipilih karena dianggap ideal oleh masyarakat untuk menyimpan uangnya dalam jangka panjang. Karena mereka menganggap bahwa harga jualnya terbilang stabil dan lebih tinggi daripada emas perhiasan. Selain itu kemurnian emas batangan juga terjamin karena ada sertifikatnya.

Sertifikat yang diberikan itupun memuat penjelasan lengkap seputar berat, ukuran, tingkat kadar, dan nomor ID. Sehingga uang yang dikeluarkan untuk melakukan investasi emas batangan lebih terjamin dan investor bisa merasa aman telah memilihnya. Namun tentunya tidak semua orang mampu melakukan investasi berbentuk emas batangan.

Karena harganya mahal sehingga aksesnya cukup sulit untuk semua orang, khususnya bagi mereka yang tinggal jauh dari kota. Itulah sebabnya emas batangan memiliki kendala tersendiri untuk mereka yang hidup di tempat terpencil. Namun meskipun begitu bentuk investasi emas tetap dipilih karena bisa dibeli secara online.

Semua orang sekarang ini bisa melakukan investasi menggunakan emas batangan karena bisa membelinya langsung secara online di beberapa marketplace yang tersedia. Hanya saja bila memilih cara ini tentunya ada resiko yang harus diterima. Salah satunya bisa beresiko mendapatkan penipuan dari seller.

Karena bisa saja emas batangan yang diberikan ternyata palsu. Seperti yang diketahui saat membelinya secara online, Anda tidak bisa melakukan pengecekan keasliannya secara langsung. Sehingga dalam kondisi tertentu, cara ini terbilang cukup beresiko sekali. Maka dari itu perhatikan tempatnya dulu sebelum membeli emas batangan.


Serba-Serbi Investasi Emas Perhiasan

Hampir setiap orang menyukai perhiasan untuk investasi, khususnya para wanita. Karena perhiasan emas bisa dijadikan sebagai aksesoris untuk meningkatkan penampilan dan estetika seseorang. Selain nilainya tinggi, emas berbentuk perhiasan juga mudah didapatkan daripada batangan. Anda bisa membelinya langsung di beberapa toko emas perhiasan.

Bahkan tidak hanya tersedia di kota besar saja, namun saat ini sudah banyak toko emas perhiasan yang juga menjual untuk masyarakat pedesaan. Sehingga semua orang bisa lebih mudah melakukan investasi emas berbentuk perhiasan kapanpun mereka menginginkannya. Padahal sebenarnya perhiasan tidak memberikan keuntungan maksimal.

Ada beberapa perhiasan emas palsu yang beredar di pasaran karena tidak semua orang ahli mengukur kadarnya. Maka dari itu bila Anda ingin melakukan investasi perhiasan, sebaiknya cek dulu kadarnya dan tempat penjualannya supaya tidak mengalami kerugian. Tidak hanya itu saja, perhiasan umumnya dikenakan biaya pembuatan.

Bahkan biayanya bisa mencapai 20% dari nilai emasnya sendiri. Tentunya jumlahnya tersebut terbilang besar dan bisa merugikan investor. Karena saat Anda ingin menjualnya kembali, maka biaya pembuatannya tidak akan dihitung oleh toko perhiasan. Artinya mereka hanya akan membayar sesuai nilai jual perhiasannya saja.

Itu artinya Anda bisa kehilangan biaya pembuatan perhiasannya tersebut. Maka dari itu sebaiknya perhatikan dengan baik saat memilih perhiasan tertentu saat melakukan investasi emas. Karena semakin rumit bentuknya akan membuat biaya pembuatannya lebih mahal. Jadi jangan membeli yang biaya pembuatannya mahal karena itu akan merugikan.


Tips sebelum Melakukan Investasi Emas

Baik investasi berbentuk emas batangan dan perhiasan sebenarnya keduanya memiliki nilai yang tidak sama. Maka dari itu sebelum melakukan investasi menggunakan emas, sebaiknya perhatikan dulu tipsnya dengan baik di bawah ini. Sehingga Anda tahu jenis emas seperti apa yang paling cocok dan menguntungkan untuk investasi.

  1. Perhatikan tujuan melakukan investasi terlebih dahulu supaya keuntungan yang didapatkan lebih maksimal di masa mendatang. Bila Anda ingin melakukan investasi jangka panjang, sebaiknya pilih emas batangan. Karena nilai jualnya lebih stabil daripada emas berbentuk perhiasan. Sementara bila memilih perhiasan maka ada biaya pembuatan yang dikeluarkan.
  2. Perhatikan harga pasarannya dengan baik sebelum melakukan investasi emas.  Bila harganya tidak stabil dan masih naik turun hingga beberapa pekan terakhir, sebaiknya jangan melakukan investasi dulu. Karena bila Anda tetap melakukannya akan mendatangkan kerugian besar saat ingin menjualnya lagi.
  3. Pilih tempat pembelian yang aman dan terpercaya. Jangan sampai membeli di tempat yang salah karena bisa beresiko mendapatkan emas palsu. Selain itu membeli di toko yang salah bisa membuat Anda mendapatkan kadar yang tidak sesuai dengan harganya.

Sampai sejauh ini investasi menggunakan emas masih menjadi primadona meskipun resikonya cukup besar. Maka dari itu bila mencari yang aman, pilih investasi P2P Lending Modal Rakyat. Karena Modal Rakyat bisa memberikan keuntungan investasi mulai 15-25% per tahun. Sehingga laba yang diberikan lebih besar dari investasi emas.


Baca juga: Fakta dan Plus Minus Investasi Emas yang Jarang Disadari

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru