Finansial

Investasi Jangka Panjang dengan Bermain Saham yang Aman

Kabrina Rian Ferdiani-

26 Aug 2020

Investasi Jangka Panjang dengan Bermain Saham yang Aman

Jika Anda memiliki dana dingin cukup banyak, pertimbangkanlah investasi jangka panjang. Salah satu instrumen yang bisa Anda coba adalah saham atau stock. Mungkin kita sering mendengar istilah “bermain saham”. Pada kenyataannya, investasi saham adalah menabung dan tidak main-main karena kita harus serius menjalaninya.

Saham bisa diartikan sebagai tanda kepemilikan terhadap suatu perusahaan. Dengan membeli saham suatu perusahaan, berarti kita turut andil sebagai pemilik modal serta pemilik perusahaan tersebut. Apabila perusahaan tersebut memiliki return dan dalam kondisi cukup baik, maka nilai saham pun akan semakin naik.

Saat ini sudah banyak orang untuk mencoba investasi jangka panjang melalui stock. Modal yang diperlukan pun sebetulnya tidak terlalu besar jadi kita bisa memulai investasi dari sekarang untuk menunjang masa depan. Kenali tips berikut supaya kita bisa berinvestasi dengan aman dan tentunya mendapatkan keuntungan maksimal.


Baca juga: Ingin Investasi Jangka Panjang Anda Sukses? Lakukan Strategi ini


Keuntungan Investasi Jangka Panjang dengan Bermain Saham 

Bila jangka pendek, saham nilainya fluktuatif. Namun untuk jangka panjang, saham perusahaan dengan fundamental baik cenderung naik tiap tahun. Bila Anda seorang pemula, ada baiknya mengenali terlebih dahulu profil risiko dalam berinvestasi. Saham cocok untuk investor dengan profil risiko menengah ke atas.

Misalnya bila Anda rela mendapatkan return tinggi dan rela rugi, maka akan cocok untuk berinvestasi stock. Secara umum, bila investasi jangka panjang melalui saham maka dana Anda bisa bertumbuh mengalahkan inflasi. Jadi akan lebih cocok bila kita mempertimbangkan untuk jangka panjang dan tidak trading.

Anda bisa menabung saham dengan cara rutin membeli stock tiap bulannya. Return yang diperoleh akan lebih besar dibandingkan menabung di bank. Bila melakukan trading dan dijual jangka pendek, Anda bisa jadi tidak kuat mental melihat pergerakan harga saham. Jadi lebih aman untuk menabung stock.


Hilangkan Keragu-raguan dalam Berinvestasi 

Membeli saham berarti kita mempercayakan dana tersebut untuk menjadi modal perusahaan tersebut. Artinya kita juga percaya perusahaan tersebut dapat memberikan return maksimal dengan produk dan kualitas jasa yang dihasilkan. Bila hanya setengah hati dan ikut kata orang, maka investasi bisa jadi tidak aman.

Untuk investasi jangka panjang, kita harus mempercayai diri sendiri. Yakin dengan keputusan Anda apapun hasilnya nanti. Untuk yakin dengan keputusan, maka kita harus mengetahui dasar keputusan yang diambil. Artinya keputusan tersebut tidak sekadar gambling atau coba-coba namun karena Anda sudah memperhitungkan.

Anda bisa ikut kelas pasar modal untuk belajar analisis teknikal maupun analisis fundamental. Dengan begitu Anda bisa investasi jangka panjang dengan keputusan sendiri. Anda akan lebih yakin dan lebih puas dengan keputusan yang diambil. Bila mengikuti pendapat orang, mereka tidak akan ikut menanggung jika Anda mengalami kerugian.


Kenali Perusahaan dan Bisnisnya 

Karena kita hendak memberikan modal kepada perusahaan, maka perlu mengenali jenis usaha yang sedang dikerjakan. Penting bagi investor untuk mengenali perusahaan yang akan dibeli sahamnya. Misalnya dari segi produk yang dihasilkan, laporan keuangan terakhir, kondisi bisnis di era sekarang dan perkiraan kedepannya.

Semakin lengkap informasi yang diperoleh, maka akan semakin akurat keputusan yang diambil. Cara meminimalisir kerugian dalam investasi jangka panjang saham adalah memiliki informasi sebanyak-banyaknya terkait perusahaan yang akan dibeli sahamnya. Hati-hati dalam membuat keputusan jangan terlalu tamak ketika membeli saham.

Anda juga dapat memperkirakan situasi politik, ekonomi atau negara saat ini ketika hendak membeli stock. Apakah produk perusahaan tersebut bisa menghasilkan profit dalam kondisi politik yang sedang diberitakan? Pakailah informasi yang lengkap dan ambil keputusan dengan rasional untuk membeli stock.


Strategi Investasi Terbaik 

Anda bisa memilih beragam perusahaan yang hendak dibeli sahamnya. Untuk investasi jangka panjang secara aman, kita bisa memulai dengan berinvestasi saham blue chip. Saham blue chip adalah saham yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar dan memiliki fundamental yang baik. Anda juga bisa berinvestasi aman di perusahaan LQ 45.

Melakukan investasi jangka panjang di perusahaan blue chip akan lebih aman dibandingkan dengan perusahaan yang mungkin Anda tidak kenal namanya. Sebetulnya hal yang paling mudah adalah kenali dari barang dan jasa yang sedang kita gunakan. Produk dari mana saja yang sedang Anda pakai saat ini?

Misalnya untuk internet Anda sedang memakai provider tertentu. Anda bisa membeli saham perusahaan provider tersebut bila perusahaan tersebut dapat dipercaya serta memiliki kualitas layanan baik. Atau Anda suka mengonsumsi makanan produk dari perusahaan tertentu karena enak rasanya. Anda juga bisa membeli stock dari perusahaan tersebut.


Mulai Lebih Cepat Lebih Baik 

Pertanyaannya adalah, kapan kita bisa memulai investasi stock? Jawabannya adalah ketika Anda sudah memiliki dana darurat dan memiliki uang dingin. Dana darurat adalah dana yang besarannya 6x pengeluaran bulanan Anda yang berguna sebagai cadangan bila terjadi kejadian di luar dugaan. 

Setelah dana darurat, maka bisa melakukan investasi jangka panjang segera. Anda tidak perlu memulai dengan modal cukup besar sekaligus. Mulailah dengan uang dingin seberapa pun yang Anda miliki. Uang dingin adalah uang yang tidak hendak dipakai dalam jangka pendek dan di luar dana darurat.

Anda bisa belajar bertahap ketika mulai berinvestasi saham. Belajarlah menganalisis stock supaya modal yang Anda tanamkan tidak rugi. Luangkan waktu untuk belajar serta siapkan mental bila nilai IHSG memerah. Jika untuk jangka panjang, maka Anda perlu juga belajar analisis saham.

Perlu diakui, belajar analisis saham tidaklah mudah. Selain itu kita perlu mental yang kuat bila perusahaan rugi di luar perkiraan analisis sebelumnya. Untuk investasi lebih aman, kita bisa melalui P2P Lending Modal Rakyat. Return yang diperoleh sebesar 15 hingga 25% per tahunnya sehingga untuk investasi jangka panjang tidak kalah dengan return saham. 


Baca juga: Emas Cocok Dijadikan Investasi Jangka Panjang Dibanding Jangka Pendek

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru