Finansial

Saham, Investasi Jangka Panjang Menarik yang Patut Dicoba

Kabrina Rian Ferdiani-

28 Jul 2020

Saham, Investasi Jangka Panjang Menarik yang Patut Dicoba

Tersedia investasi untuk jangka pendek dan juga investasi jangka panjang. Menyiapkan dana untuk kehidupan yang akan mendatang tentu adalah tindakan yang amat tepat. Cukup banyak cara yang dapat Anda tempuh untuk memperoleh pemasukan dengan baik. 

Namun, jika Anda ingin menghasilkan pemasukan yang bersifat pasif, mungkin Anda dapat mencoba melakukan investasi. Ketika Anda memilih untuk melakukan investasi jangka panjang, tentu akan ada banyak pilihan instrumen yang muncul dalam benak Anda. 

Seperti misalnya, berinvestasi menggunakan emas atau investasi pada properti yang Anda miliki di berbagai tempat. Juga terdapat pilihan untuk bermain reksa dana saham. Instrumen-instrumen tersebut memang cukup menjanjikan untuk membantu Anda dalam berinvestasi.

Baca juga: Mitos Tentang Saham dan Fakta yang Sebenarnya

Selain keempat instrumen yang telah disebutkan di atas, terdapat instrumen yang tak kalah menarik untuk Anda coba geluti, yaitu saham. Saham sendiri merupakan pilihan investasi yang amat menjanjikan. Terlebih jika Anda melakukan investasi jangka panjang, saham cocok untuk menemani Anda berinvestasi. 

Fakta pun membuktikan bahwa saham yang dipertahankan minimal 3 hingga 5 tahun akan menghasilkan keuntungan yang menggoda. Memang terdapat banyak pendapat yang mengatakan bahwa berinvestasi menggunakan saham akan sangat membingungkan.

Anda harus melihat dan memantau secara aktif perkembangan saham yang dimiliki dan sebagainya. Namun, Anda mungkin perlu mengetahui beberapa alasan di bawah ini, mengapa saham begitu menarik sebagai ladang investasi Anda.


Memiliki Saham pada Perusahaan Tepercaya

Ketika mulai bermain saham untuk investasi jangka panjang, mungkin Anda akan mulai memahami sedikit demi sedikit mengenai saham. Mengenalnya dengan baik akan membantu Anda untuk cerdas dalam memainkan permainan ini. 

Bahkan di akhir permainan pada jangka waktu yang telah ditentukan, Anda akan memperoleh keuntungan yang cukup besar. Ketika Anda mulai melakukan investasi jangka panjang dan memilih saham sebagai instrumennya, mungkin adalah pilihan yang tepat. 

Selain mudah dalam melakukan investasi, di mana pun Anda berada. Ketika Anda memiliki saham pada perusahaan yang berfundamental kuat, memiliki track record yang jelas, dan prospek kompetitif yang baik untuk ke depannya, Anda tidak akan dikecewakan.

Ketika Anda berinvestasi pada perusahaan tersebut, waktu Anda tidak akan tersita dan terbuang hanya untuk mencermati laju perkembangan harian pada instrumen saham. Karena jelas saham Anda telah diletakkan pada perusahaan yang tepat, juga terpercaya. 

Jelas investasi jangka panjang Anda akan aman, tentu terdapat risiko, namun akan mudah dihadapi. Pasar saham yang memiliki fluktuatif yang tinggi akan menunjukkan risiko investasi yang relatif tinggi. 

Namun, untuk meminimalisasi risiko tersebut, investor harus memberikan batasan yang jelas mengenai besaran alokasi aset investasi pada instrumen saham tersebut. Sehingga kerugian pun juga akan terhalau. Bermain saham tentu juga harus memiliki taktik yang tepat, tentunya untuk menghindari risiko-risiko besar yang terus dihadapi.


Sumber Keuntungan pada Investasi Jangka Panjang

Seperti yang disebutkan pada paragraf sebelumnya, saham memang sebuah pilihan yang tepat untuk menjadi instrumen pada kegiatan investasi untuk jangka panjang Anda. Fakta pun juga mengatakan, semakin lama Anda melakukan investasi, minimal 5 tahun, akan semakin besar keuntungan yang dapat Anda raup. 

Tentu hal tersebut menjadi penghasilan pasif untuk persiapan dana di masa yang akan datang, bukan? Perlu diperhatikan, nilai saham sebagai investasi jangka panjang sendiri sangat terpengaruh oleh pergerakan inflasi. 

Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan dengan baik dan matang, berapa jumlah dana awal yang perlu dan bisa Anda investasikan pada sebuah saham tersebut. Perhatikan juga rekam jejak perusahaan di mana Anda akan menaruh saham Anda, karena tentu akan berpengaruh.

Pergerakan inflasi menjadi salah satu bagian yang berpengaruh dalam memilih saham karena informasi ini penting untuk mengetahui kemungkinan perkembangan nilai saham dalam beberapa waktu ke depannya. Tentu Anda tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu menempatkan saham Anda pada perusahaan yang bertenor panjang.

Hal ini penting untuk memperoleh keuntungan yang menjanjikan bagi investasi jangka panjang Anda. Selain itu, Anda juga dapat melihat dengan jelas dan transparan, harga permintaan dan penawaran pada perusahaan di mana Anda meletakkan saham. 

Sehingga Anda akan tahu seberapa untuk investasi dalam jangka panjang milik Anda. Dengan transparannya sistem pelaporan saham, Anda sebagai investor investasi jangka panjang akan mudah melihat prospek perusahaan tersebut ke depannya. Dan menentukan dengan bijak bagaimana saham Anda akan berlanjut.


Mengenali Kondisi Naik dan Turunnya Saham

Ketika Anda sebagai seorang investor saham yang bermain dalam investasi untuk jangka panjang, tentu harus bertindak dengan tenang dan cerdas. Saham memang instrumen yang amat menjanjikan, apalagi dalam investasi berjangka panjang. 

Namun, dalam perjalanannya, Anda tentu akan menemukan berbagai lika-liku naik turunnya nilai saham, dan juga risiko lainnya. Ketika Anda terjun dalam dunia investasi jangka panjang berupa saham, sebaiknya Anda harus membiasakan diri dengan kenaikan dan turunnya harga saham. 

Inflasi tentu akan terjadi dan hal tersebut akan menggembirakan. Namu, tidak menutup kemungkinan terjadi juga penurunan nilai pada pasar saham. Ketika hal tersebut terjadi, sebaiknya jangan gegabah untuk melakukan penjualan, Anda akan mengalami kerugian yang amat nyata.

Sebaiknya, Anda tetap bertahan karena Anda akan memperoleh keuntungan yang besar pada saham tersebut. Bahkan Anda dapat membeli saham-saham blue chip karena harganya yang murah. Dengan begitu Anda akan memiliki banyak saham pada banyak perusahaan yang ada. 

Investasi jangka panjang Anda pun tentu akan menghasilkan keuntungan yang besar. Hal-hal menarik di atas, mungkin hanya sedikit fakta mengenai saham. Anda tentu perlu memahaminya dan menyelaminya lebih dalam. 

Saham jelas memiliki kelebihan dan keunggulan. Terlebih saham merupakan pilihan yang tepat untuk meraup keuntungan serta penghasilan pasif untuk masa yang akan datang untuk Anda para investor yang ingin melakukan investasi jangka panjang.


Baca juga: Alasan Investasi Saham Penting untuk Anak Muda



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru