Finansial

Tips Investasi Saham Modal Minim bagi Pemula Milenial

Kabrina Rian Ferdiani-

17 Jul 2020

Tips Investasi Saham Modal Minim bagi Pemula Milenial

Bagi generasi milenial, istilah saham memang sudah bukan rahasia umum. Istilah tersebut merujuk pada investasi jangka panjang dan pendek. Tergantung dari jenis instrumen pada investasi yang dijalankan masing-masing orang. Meski investasi tersebut terlihat menggiurkan, namun ada berbagai tips yang perlu dipertimbangkan. 

Memang tidak salah memulai bisnis investasi di kala usia masih muda. Apalagi bagi generasi milenial sekarang yang akrab dengan dunia digital. Semua hal ini kini menjadi semakin menantang ketika diprediksi akan mendatangkan keuntungan berlimpah. Bahkan dengan modal yang sangat minim setiap milenial memiliki hak investasi.

Tertarik untuk meningkatkan finansial dengan mencoba investasi saham layaknya miliarder? Hal tersebut sah-sah saja dilakukan sepanjang Anda dapat menganalisis setiap peluang yang datang. Bukan hanya itu saja memilih investasi tersebut juga perlu didukung dengan tekad yang kuat. 

Umumnya setiap orang yang bermain dengan investasi memiliki strategi masing-masing agar bisa bertahan. Hampir semua pebisnis muda pun menerapkan trik rahasia mereka. Kini waktunya Anda memperhatikan beberapa hal demi mendapatkan keuntungan saat bermain investasi tersebut. Mari menengok beberapa tips dalam berinvestasi berikut ini.


Baca juga: Istilah Investasi Saham yang Unik bagi Investor


Pahami Pilihan Investasi Saham 

Saat ini ada berbagai macam pilihan investasi jangka panjang maupun pendek. Setiap orang bebas menentukan investasi yang paling cocok untuk peruntungannya. Mulai dari investasi yang dirancang untuk investor pemula dengan minim modal. Sampai jenis investasi yang khusus dirancang untuk pebisnis profesional masa kini. 

Namun, sebelum Anda memulai memilih dan mengembangkan investasi sebaiknya kenali terlebih dahulu. Tahukah Anda, tidak semua jenis investasi saham cocok untuk Anda jadikan sebagai penopang investasi. Apalagi terdapat beragam instrumen yang mengiringinya. Salah memilih jenis investasi justru membuat Anda terjebak dengan investasi abal-abal.

Tidak ada salahnya untuk mencermati setiap peluang yang ada. Cara termudah untuk mencermati peluang investasi adalah dengan melihat keuntungan dan kerugiannya. Memang daya tarik investasi semakin tinggi saat Anda melihat orang lain sukses bermain bisnis tersebut. Namun, Anda juga perlu melihat sisi negatifnya. 

Cobalah untuk menganalisis sejauh mana keuntungan yang akan didapat dengan bermain saham tersebut. Umumnya bermain investasi membutuhkan modal awal. Lihatlah apakah penggunaan modal sesuai dengan keuntungan dan kerugiannya. Apabila investasi tersebut memiliki risiko yang besar sebaiknya hindari terlebih dahulu.


Pelajari Investasi dari Buku

Salah satu tips agar Anda sukses investasi adalah dengan memperbanyak pengetahuan. Ingatlah bahwa pengetahuan soal berbisnis investasi bisa didapat dengan banyak cara. Termasuk salah satunya dengan membaca buku seputar investasi masa kini. Anda juga dapat membaca buku-buku yang bertemakan finansial atau keuangan.

Buku biasanya menyimpan berbagai macam informasi dan ilmu pengetahuan yang berguna untuk Anda nantinya. Salah satunya ilmu agar Anda sukses dalam menjalankan investasi saham di saat modal minim. Tahukah Anda, ada banyak investor yang pada akhirnya sukses lantaran meluangkan waktu membaca buku. 

Tidak hanya itu, biasanya para investor sukses menuangkan kisah mereka ke dalam sebuah buku. Bahkan di dalam buku tersebut para investor meluangkan ilmu kesuksesan mereka. Oleh karena itu Anda dapat belajar kesuksesan dari cerita para investor tersebut. Bahkan kini terdapat buku berbasis digital. 

Artinya Anda dapat belajar tanpa harus terbebani dengan beban buku yang berat. Buku digital biasa dikenal dengan sebutan ebook. Sebaiknya pilihlah ebook yang membahas mengenai bisnis investasi saham masa kini. Anda juga perlu menyisihkan waktu luang untuk membaca buku tersebut agar lebih cepat mendapatkan informasi tambahan.


Ikuti Seminar Seputar Investasi 

Tips selanjutnya adalah dengan mengikuti seminar yang membahas seputar investasi. Seminar bisa menjadi tempat yang bagus untuk Anda mengembangkan bisnis investasi. Bahkan kini seminar bisa diikuti lewat online maupun offline. Sehingga Anda bisa mengikuti seminar tanpa harus terhalang jarak maupun biaya. 

Tanpa disadari, Anda dapat mengambil banyak pengalaman dari seminar seputar saham tersebut. Apalagi seminar yang mengikutsertakan pihak-pihak profesional. Misalnya narasumber yang berasal dari kalangan profesional seperti trader. Anda akan mendapatkan trik rahasia mereka bermain trading hingga menghasilkan keuntungan berlipat ganda. 

Tahukah Anda jika keuntungan mengikuti seminar seputar financial dari para pakarnya? Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki motivasi tinggi dalam mengejar kesuksesan. Dalam seminar tersebut biasanya juga akan membahas mengenai segala permasalahan yang berhubungan dengan investasi. Dari sinilah Anda dapat mempelajari masalah para investor. 

Mengapa harus mempelajari masalah yang dialami oleh para investor profesional? Hal ini karena Anda kemungkinan besar juga akan mengalami permasalahan yang sama saat bermain saham. Permasalahan tersebut bisa jadi dapat membuat Anda salah mengambil keputusan. Untuk menghindarinya tentu Anda perlu belajar dari kesalahan para investor.


Belajar dari Kegagalan Investasi 

Menjadi seorang investor memang tidaklah mudah karena banyak hal dapat menghalangi jalan Anda. Meski begitu Anda tidak boleh lengah dengan keadaan finansial saat ini. Sekalipun modal yang Anda miliki saat ini sangat minim untuk berinvestasi. Namun, bukan berarti modal minim tersebut menghalangi kesuksesan saham Anda. 

Saat sudah menemukan jenis investasi yang tepat teruslah mencoba menggali potensi diri. Terkadang saat pertama kali mendapatkan keuntungan, Anda akan tergiur untuk menginvestasikan sejumlah modal. Hal tersebut bisa menjadi bumerang jika modal yang sudah dihabiskan tidak kembali. Apalagi Anda harus menderita kerugian besar. 

Hal yang perlu Anda lakukan adalah belajar dari kesalahan tersebut. Jadikan kesalahan investasi tersebut sebagai pengalaman yang berharga. Sehingga Anda tidak mengalami hal serupa saat berinvestasi. Dengan begitu meskipun modal minim dan masih pemula Anda bisa sukses berinvestasi saham untuk masa depan. 


Baca juga: Ragam Risiko Investasi Saham yang Perlu Dipertimbangkan


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru