Finansial

Investasi yang Menguntungkan Penambah Cuan Tahun 2021

Pretty Angelia Wuisan-

27 May 2021

Investasi yang Menguntungkan Penambah Cuan Tahun 2021

Investasi di zaman sekarang cukup diminati anak muda. Mereka mulai menyadari pentingnya investasi untuk kesejahteraan di masa tua. Untuk itulah mereka mencoba berbagai macam instrumen investasi yang tersedia saat ini.

Pilihan investasi yang menguntungkan di tahun 2021 ini semakin bertambah untuk Anda. Anda bisa memilih yang sekiranya sesuai dengan yang Anda inginkan. Apabila Anda mempraktikkannya dengan benar, semua investasi ini dapat mendatangkan keuntungan melimpah untuk Anda.


Baca juga: Pengertian Pasar Modal dan Unsur-Unsur di Dalamnya


1. Saham

Investasi yang menguntungkan pertama adalah investasi saham. Investasi ini bisa dilakukan untuk jangka pendek yang biasa disebut dengan trading saham dan bisa juga dalam bentuk investasi jangka jangka panjang. Investasi ini dikatakan sebagai investasi paling berisiko karena potensi keuntungannya pun tinggi.

Anda akan meraih dua jenis keuntungan dari pembagian dividen dan capital gain. Dividen bisa Anda dapatkan ketika emiten meraih keuntungan dan membagikannya pada seluruh pemegang saham. Capital gain bisa Anda raih setelah adanya kenaikan aset atau kekayaan dari emiten yang sahamnya Anda beli. 

Sebelum memutuskan berinvestasi saham, Anda sangat disarankan mempelajari seluk beluk saham sampai tuntas karena berinvestasi saham tidak sesederhana melakukan jual-beli. 


2. Obligasi

Salah satu investasi yang menguntungkan adalah obligasi. Obligasi ada dua jenis, yaitu obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah dan obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Dengan berinvestasi obligasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan di atas 6% per tahun. Lalu, pajak yang dibebankan pada Anda pun hanya 15%. Lebih rendah dibandingkan pajak deposito.

Namun, obligasi pun memiliki risiko. Obligasi yang paling berisiko adalah obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Bisa saja perusahaan mengalami kesulitan keuangan dan gagal membayar kupon obligasi. Sementara itu, obligasi pemerintah masih terbilang aman karena pemerintah selalu punya cadangan kas untuk membayar obligasi tersebut.

Agar bisa mendapatkan obligasi yang diinginkan, Anda perlu memantau berita di Bursa Efek Indonesia. Jadwal terbit obligasi ini cukup beragam.


3. Reksa Dana

Investasi yang menguntungkan selanjutnya adalah reksa dana. Investasi ini memiliki sistem mengumpulkan dana masyarakat yang nantinya akan disebarkan ke produk-produk reksa dana yang tersedia.

Investasi reksa dana punya berbagai jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan potensinya. Yang paling menguntungkan adalah reksa dana saham karena sistemnya yang hampir mirip dengan saham, tapi tentu risikonya juga tinggi. 

Reksa dana yang minim risiko adalah reksa dana pasar uang. Reksa dana jenis ini termasuk ke dalam investasi jangka pendek. Modal yang Anda salurkan akan disimpan di deposito dan di instrumen investasi lain yang ada di pasar uang.

Reksa dana sangat mungkin dimulai dari nilai investasi yang minim. Selain itu dalam praktiknya, Anda akan dibantu oleh Manajer Investasi yang sudah ahli dalam mengelola dan memilih reksa dana-reksa dana potensial.

Jadi, investasi ini cocok dilakukan oleh Anda yang sibuk dan sulit memantau investasi setiap waktu.


4. Emas atau Logam Mulia

Investasi ini tidak pernah kehilangan penggemarnya. Merupakan instrumen investasi tertua di dunia. Sejak zaman dahulu kala emas memang selalu menjadi simbol dari kekayaan dan kemewahan. Hal itu pun membuat harganya selalu stabil dari waktu ke waktu.

Anda bisa memanfaatkan investasi ini untuk jangka waktu panjang. Emas juga sangat bisa dijadikan sebagai sumber dana darurat karena bentuknya yang likuid, mudah ditukar dalam bentuk uang. 

Tidak mengherankan ketika terjadi krisis kemarin banyak orang yang menjual emasnya untuk dijadikan uang. Ketika sedang krisis, harga emas biasanya akan melambung tinggi. Emas memang punya keajaiban yang unik. 

Anda tidak perlu khawatir kesulitan untuk membeli emas. Sekarang ada sistem tabungan emas yang disediakan oleh beberapa lembaga keuangan terpercaya di Indonesia. Anda pun bisa memiliki logam mulia emas dengan metode mencicil. Ketika tabungan sudah mencapai target yang Anda inginkan, emas tersebut pun akhirnya menjadi milik Anda.

Untuk mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi emas, Anda harus memperhatikan dengan jeli kapan harga emas naik. Untuk itu Anda perlu memantau pasar setiap waktu.


5. Properti

Investasi properti juga sangat menguntungkan untuk Anda. Investasi ini juga menguntungkan karena harganya cenderung naik seiring bertambahnya tahun.

Anda bisa membeli rumah yang baru dibangun atau sebidang tanah di sebuah wilayah yang punya potensi akan ramai nantinya. Nilai properti semakin naik karena semakin banyak yang membutuhkannya di kehidupan mendatang.

Anda bisa mendapatkan keuntungan dari properti dengan dua cara, yaitu dengan menjualnya dengan memperkirakan kenaikan harga atau menyewakannya agar mendapatkan pendapatan tetap dalam kurun waktu tertentu.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah Anda pun harus menyediakan modal yang besar untuk membeli dan merawat properti tersebut. 


Baca juga: 5 Alasan Kenapa Uang Anda Harus Diinvestasikan dan Bagaimana Cara Memulainya


6. P2P Lending

Investasi P2P Lending adalah salah satu investasi menguntungkan masa kini. Anda akan mudah melakukannya karena di Indonesia P2P Lending sudah dilegalkan dan tersedia banyak platform P2P Lending yang bisa Anda manfaatkan. 

Untuk lebih jelasnya, P2P Lending adalah penyedia jasa keuangan yang mempertemukan mereka yang membutuhkan dana (peminjam) dan investor yang akan memberikan dana. Peminjam dan investor akan sama-sama diuntungkan karena tujuannya tercapai.

Peminjam dana bisa menggunakan dana yang diterima untuk bisnis mikro dan kecilnya. Sementara, investor akan mendapatkan keuntungan per tahun dari dana yang sudah disalurkan. 


7. Deposito

Deposito adalah salah satu investasi yang cukup berumur, tapi masih eksis sampai sekarang. Hal itu karena risikonya yang minim. Anda juga tidak perlu melakukan analisis ini dan itu agar bisa berhasil mendapatkan keuntungan. 

Cukup simpan sejumlah dana di suatu bank dalam beberapa tahun, jumlah dana Anda pun akan bertambah karena bunga. Potensi bunga yang Anda bisa dapatkan adalah 6% per tahun, tapi itu belum dikurangi biaya administrasi dan pajak yang dibebankan untuk Anda yang menyetor di atas Rp7,5 juta.

Tabungan khusus deposito ini bisa Anda temukan di bank mana pun. Jadi, sangat mudah untuk dipraktikkan. 


8. Cryptocurrency (Mata Uang Digital)

Instrumen investasi yang belakangan ini banyak peminatnya adalah cryptocurrency. Caranya adalah membeli mata uang digital ketika harganya turun, lalu menjualnya di saat harganya naik.

Kenaikan harga mata uang digital ini sangat fenomenal karena dalam kurun waktu tertentu bisa naik sampai 300 kali lipat. Namun, yang perlu diperhatikan adalah pasar mata uang digital yang sangat fluktuatif. Terlambat menjual saja, Anda bisa mengalami kerugian ketika harganya terjun bebas.

Untuk berhasil melakukan investasi ini, Anda perlu memiliki keahlian analisis teknikal yang baik. Selain itu harus senantiasa memantau pasar yang aktif dalam waktu 24 jam.


Modal Rakyat Sebagai Investasi P2P Lending Menguntungkan

Untuk memilih platform P2P Lending yang aman, Anda bisa mempercayakannya pada Modal Rakyat. Modal Rakyat menjadi tempat yang tepat bagi Anda untuk menyalurkan dana ke pelaku UMKM yang membutuhkan modal. Modal Rakyat juga memperoleh izin resmi dari OJK sehingga aman dan terpercaya.

Anda dapat meraih imbal hasil cukup besar hingga 25% per tahun. Investasinya pun sangat mungkin dilakukan dari modal yang minim, yaitu Rp100.000. 

Gunakan kode promo BLOG25 agar Anda bisa mendapatkan saldo gratis sebesar Rp25.000. Untuk Anda yang ingin menjadi investor, yuk kunjungi halaman ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru