Finansial

Bisnis

Jenis Investasi Jangka Pendek dan Tips Sukses Mengelolanya

Paskalia-

09 Aug 2019

Jenis Investasi Jangka Pendek dan Tips Sukses Mengelolanya

Ada berbagai macam jenis investasi yang dipilih masyarakat sesuai dengan tujuannya. Salah satu jenis investasi yang dipilih adalah investasi jangka pendek. Jenis investasi ini memiliki waktu sekitar setahun. Dilihat dari keuntungannya, investasi ini memiliki keuntungannya tidak sebanyak investasi jangka panjang.

Namun, bagi Anda yang ingin tambahan dana dalam waktu singkat, Anda perlu mengandalkan jenis investasi ini. Risikonya pun jauh lebih rendah. Hal ini memungkinkan kerugian yang mungkin didapatkan lebih sedikit. Namun, jika dibandingkan dengan menabung di bank konvensional, jenis investasi ini jauh lebih menguntungkan.


Baca juga: Strategi Investasi Jangka Panjang yang Membuat Anda Makin Untung


Beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memulai investasi jangka pendek

Sebelum melakukan investasi jangka pendek, Anda perlu memperhatikan beberapa hal cukup krusial. Hal ini perlu Anda ketahui agar investasi Anda berjalan lancar dan tujuannya lebih terarah. Inilah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum berinvestasi.


1. Ketahui risikonya sebelum memulai investasi

Investasi jangka pendek memiliki kerugian dan keuntungan masing-masing. Untuk itu, agar dapat memilih investasi yang sesuai dengan kemampuan finansial, Anda harus membandingkannya terlebih dahulu. 

Carilah informasi tentang investasi yang Anda anggap menarik sedetail-detailnya. Dari informasi tersebut Anda bisa membandingkan dan memilih jenis investasi yang tepat. 

Ketika Anda sudah mengetahui risiko yang mungkin akan didapatkan, maka Anda bisa mencari solusi untuk menghadapinya. Anda pun akan lebih siap untuk berinvestasi. Persiapan yang cukup membuat Anda bisa menjalani investasi dengan baik.


2. Tujuan melakukan investasi

Sebelum memulai investasi, Anda harus mengetahui dengan jelas tentang tujuan yang mendasari Anda melakukan hal tersebut. Dengan mengetahui tujuan investasi, maka Anda bisa memiliki motivasi yang kuat. Dengan mengetahui tujuannya, Anda juga bisa memperhitungkan berapa jumlah dana yang dibutuhkan.

Hal ini sangat penting untuk dipikirkan agar Anda bisa memilih jenis investasi yang sesuai dan bisa memenuhi kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Dengan begitu Anda bisa lebih giat dan serius untuk menjalankan investasi.


3. Niat dan komitmen yang kuat

Setiap orang tentu menginginkan kebutuhan dan keinginannya tercukupi, tapi tidak semua bisa beruntung mendapatkan hal tersebut. Untuk dapat meraih yang diinginkan dalam waktu singkat, Anda sebaiknya berinvestasi jangka pendek dari mulai sekarang.

Mungkin awalnya Anda akan merasakan kesulitan, tapi nanti Anda akan merasakan manfaat dari perjuangan tanpa henti dibarengi dengan niat dan komitmen yang kuat. 

Investasi jangka pendek tidak memakan waktu yang lama, biasanya hanya dalam setahun. Anda bisa memulai membiasakan diri mengambil jenis investasi ini sebagai langkah awal. Jika sudah bisa membiasakan diri dan menjaga komitmen, barulah Anda dapat mencoba investasi yang lebih besar.


4. Pengetahuan dan kemampuan untuk dapat mengelola keuangan

Anggaran dibutuhkan untuk mengelola pendapatan Anda dengan lebih baik. Untuk itu buatlah anggaran kebutuhan pokok yang harus Anda bayarkan setiap bulan. Lihatlah sisa uang Anda, apakah cukup untuk melakukan investasi atau tidak.

Setidaknya Anda harus menyisihkan sekitar 15% dari penghasilan untuk melakukan investasi. Bagi Anda yang pertama kali melakukan ini memang tidaklah mudah, tapi Anda bisa mencari berbagai referensi untuk dapat mengelola pendapatan dengan tepat.


Baca juga: Pentingnya Investasi di Usia Muda


Jenis investasi jangka pendek

Anda bisa melakukan investasi jangka pendek untuk berbagai kebutuhan dalam waktu singkat seperti untuk renovasi, membeli kendaraan, sekolah dan lain sebagainya. Terdapat beberapa jenis investasi dalam kurun waktu setahun yang bisa dipilih. Untuk lebih memahaminya, simaklah penjelasan berikut.


1. P2P Lending

Investasi P2P Lending saat ini sedang menarik perhatian banyak masyarakat. Investasi ini menggunakan sistem online sehingga lebih mudah dan menguntungkan. Bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari Anda yang membutuhkan pinjaman atau Anda yang ingin memberikan pinjaman.

Ada perantaranya, jadi investasi ini terbilang aman karena memiliki prosedur yang jelas. Tips agar sukses mengelolanya, Anda perlu memilih aplikasi P2P Lending yang diakui keberadaannya secara legal oleh Otoritas Jasa Keuangan.


2. Reksa Dana Pasar uang

Reksa dana pasar uang termasuk investasi praktis dan mudah untuk dilakukan. Reksa dana ini merupakan jenis investasi jangka pendek yang patut dicoba. Reksa dana ini memungkinkan Anda berinvestasi di obligasi di bawah setahun, Sertifikat Bank Indonesia, dan Deposito Berjangka.

Tips sukses menjalankan investasi ini, Anda hanya perlu mencari Manajer Investasi yang handal dan berpengalaman. Seluruh proses pengelolaan dilakukan oleh pihak Manajer Investasi. Di sini mungkin Anda hanya menyetor modal, tapi Anda tetap bisa meraih keuntungan.

Investasi jenis ini sangat menguntungkan karena tidak dikenai biaya pajak. Mungkin Anda akan dikenakan biaya administrasi, tapi jumlahnya tidak besar. Jumlah keuntungan yang bisa didapatkan biasanya lebih besar dibandingkan deposito biasa. Jenis investasi ini sangat perlu dipertimbangkan untuk Anda yang ingin memulai investasi.


3. Deposito 

Banyak sekali lembaga perbankan yang menyediakan tabungan deposito. Mereka juga berkomitmen menyimpan uang Anda agar lebih aman. Jenis investasi ini risikonya termasuk kecil, jadi pilihan tepat untuk Anda yang baru belajar berinvestasi. 

Untuk membuka deposito, Anda akan diminta untuk menaruh dana dalam jumlah tertentu selama kurun waktu yang disepakati. Anda pun akan mendapatkan keuntungan dari bunga yang diberikan pihak perbankan.


Itulah penjelasan mengenai investasi jangka pendek yang tersedia dan bisa Anda pilih. Sebaiknya pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan jumlah pendapatan. Jangan memaksakan untuk melakukan investasi secara berlebihan. Yang terpenting adalah Anda bisa melakukannya setiap bulan dengan rutin. 

Sedikit tidak masalah karena jika dilakukan secara terus menerus akan bertambah banyak. Menjalankan investasi bukanlah hal mudah karena itu dibutuhkan niat yang kuat. Anda juga harus menjaga gaya hidup agar bisa tetap bisa menjalankan investasi sesuai rencana.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru