Finansial

Pentingnya Investasi di Usia Muda

Paskalia-

23 May 2019

Pentingnya Investasi di Usia Muda

Kehidupan sosial kelas menengah sering membuat gaya hidup menjadi sangat konsumtif. Seringkali kesadaran untuk berinvestasi di usia muda menjadi rendah. Banyak yang mengira berinvestasi memerlukan dana yang banyak. Muncul pula anggapan investasi di usia muda hanya dapat dilakukan ketika memiliki penghasilan sendiri dengan menyisihkan sisa pendapatan. Padahal investasi tidak selalu dimulai dari modal yang besar dan sulit dilakukan. Investasi dapat dimulai dari hal kecil, seperti berinvestasi emas. Untuk memahaminya, simak penjelasan berikut.


Apakah itu Investasi?

Sebelum memulai investasi dan memilih instrumen yang tepat, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu definisi investasi. Investasi adalah kegiatan finansial yang menempatkan dana dalam kurun waktu tertentu dengan tujuan dapat menghasilkan keuntungan atau meningkatkan nilai dari investasi yang sudah ditanam. Menurut Haming dan Basalamah, investasi merupakan pengeluaran di masa kini yang nantinya dimanfaatkan untuk membeli aktiva riil. Contoh aktiva riil adalah mobil dan properti. Kemudian bertujuan mendapatkan laba yang lebih besar di masa mendatang. Seseorang yang berinvestasi disebut investor.

Bentuk umum investasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu investasi pada aktiva riil dan investasi pada aktiva finansial. Investasi pada aktiva riil adalah investasi yang dilakukan investor dalam bentuk kasat mata seperti emas, properti, tanah dan lain-lain. Selanjutnya investasi pada aktiva finansial adalah investasi yang dilakukan investor dalam bentuk surat-surat berharga seperti saham, deposito, dan sebagainya.


Baca juga: Cara Mudah Menghitung Keuntungan Investasi


Kenapa Penting Investasi di Usia Muda?

Berikutnya Anda wajib tahu tentang seberapa penting investasi di usia muda. Investasi adalah langkah penting dalam hidup, demi mempersiapkan masa depan yang tidak pasti dalam hidup. Tabungan atau aset yang Anda tanam saat ini dapat bermanfaat di kemudian hari. Ada pula alasan lain pentingnya memulai investasi di usia muda. Apa saja? Simak pemaparan di bawah.


Keuntungan Lebih Besar

Investasi yang dilakukan orang pada usia 20-an tahun tentu akan berbeda jika dimulai dari orang umur 30-an tahun. Keuntungan tersebut tidak melulu tentang uang. Jika Anda mengawali investasi sedini mungkin, ada lebih banyak kesempatan mempelajari dan mencoba berbagai instrumen investasi yang sesuai dengan budget Anda.

Jangka waktu berpengaruh besar terhadap investasi yang ditanam. Seperti diketahui, waktu adalah kesempatan terbesar. Jika Anda gagal dalam satu investasi, maka Anda masih memiliki waktu yang banyak untuk mempelajari kesalahan tersebut atau beralih ke jenis investasi lainnya. Jika Anda telah berhasil, Anda memiliki waktu yang banyak untuk mengembangkan investasi tersebut dan menjelajahi potensi-potensi lainnya. Selanjutnya keuntungan yang didapatkan akan bertambah di masa depan.


Baca juga: Solusi Memperbaiki Kondisi Finansial Supaya Cepat Kaya


Menciptakan Pribadi yang Disiplin

Saat muda, mungkin Anda ingin mengalami banyak pengalaman hiburan dalam berbagai bentuk. Tak jarang jika uang yang Anda miliki hanya berubah menjadi kesenangan hati dan hiburan belaka. Setelah itu, baru akan terasa uang yang Anda dapatkan habis sia-sia. Namun berbeda jika Anda ingin mengawali investasi di usia muda. Nantinya Anda akan merasakan menuai hasil dari investasi yang ditanam. Anda juga akan merasa lebih bersikap disiplin dalam hal keuangan karena merasa “wajib” menyisihkan sebagian penghasilan untuk diinvestasikan. Ketika kedisiplinan itu terus berlanjut Anda lakukan, artinya sifat disiplin telah terwujud pada diri Anda.


Jaminan di Masa Depan

Alasan lain terkait pentingnya investasi di usia muda adalah hasilnya bisa dijadikan jaminan masa depan. Di tengah perkembangan zaman, Anda tidak dapat memprediksi pengeluaran di masa mendatang. Jika Anda sudah mulai investasi di usia muda, maka Anda tidak perlu khawatir lagi apabila tidak dalam kondisi produktif. Pasalnya Anda sudah memiliki pegangan dari hasil investasi Anda.


Kebebasan Finansial (Financial Freedom)

Sesuai dengan manfaat yang dijabarkan sebelumnya, Anda akan memiliki kebebasan finansial. Artinya Anda tidak perlu lagi bekerja keras sementara penghasilan pasif terus mengalir ke kantong Anda. Banyak kita lihat orang yang memiliki kebebasan finansial jarang ditemui. Sebaliknya kita banyak menemui orang yang memiliki cicilan atau tanggung jawab finansial yang besar, sehingga terpaksa terus bekerja keras demi memenuhi kebutuhan hidup.

Bisa Anda lihat salah satu ciri orang yang memiliki kebebasan finansial adalah mereka yang mulai investasi di usia muda. Oleh karena tidak lagi memiliki beban finansial, mereka bebas memilih gaya hidup dengan pendapatan hasil investasi. Dengan begitu dapat disimpulkan investasi adalah cara mudah dan cerdas untuk menambah pundi-pundi kekayaan.


Mewujudkan Impian Jangka Panjang

Mungkin Anda bercita-cita memiliki rumah pribadi? Mobil pribadi? Menikah di tempat impian? Semua bisa diwujudkan jika Anda mulai investasi di usia muda. Saat muda Anda berada dalam usia produktif. Di usia muda umumnya seseorang belum terbelit masalah utang, memenuhi kebutuhan rumah tangga, kebutuhan anak dan istri, dan sebagainya.

Sementara menginjak usia muda dan lajang, Anda cenderung lebih bebas menggunakan uang untuk kebutuhan saja. Berbeda jika Anda sudah menikah dan memikul tanggung jawab lebih. Mungkin Anda akan berpikir berulang kali sebelum berinvestasi. Bisa dibayangkan jika Anda mulai menanamkan investasi sejak muda, Anda bisa mewujudkan keinginan di masa mendatang. Bahkan jika sudah memiliki tanggung jawab dalam keluarga.


Menciptakan Gaya Hidup Hemat

Saat berinvestasi, Anda akan berusaha menempatkan uang untuk kebutuhan yang penting saja. Dengan begitu akan tercipta kebiasaan baru, yakni gaya hidup hemat. Selain itu, mereka yang memiliki komitmen berinvestasi secara rutin bisa menghindari berutang. Hal ini disebabkan seorang investor biasanya memikirkan biaya apa saja yang harus dikeluarkan.

Kesadaran akan pentingnya investasi di usia muda hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki tujuan pasti dalam hidup. Meskipun terkesan mudah dan sederhana, mendisiplinkan diri demi mempersiapkan kehidupan di masa mendatang sebetulnya sulit. Banyak kepuasan sesaat yang terasa menggiurkan. Maka dari itu, jika Anda berinvestasi, siapkan tekad yang kuat.

Demikian penjelasan tentang investasi di usia muda. Semoga dapat menjadi pencerahan bagi Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru