Finansial

Jenis Investasi Reksa Dana Pasar Uang dengan Risiko Minim

Kabrina Rian Ferdiani-

18 Apr 2021

Jenis Investasi Reksa Dana Pasar Uang dengan Risiko Minim

Semakin hari semakin banyak jenis investasi yang bisa kita jumpai sekarang ini. Hal ini memudahkan kita untuk menemukan investasi mana yang cocok dengan kondisi keuangan dan tujuan Anda melakukan investasi tersebut. 

Salah satu investasi yang bisa Anda pilih adalah reksa dana pasar uang. Layaknya investasi yang lain, reksa dana pasar uang juga memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga Anda harus menyimak lebih jauh tentang investasi yang satu ini. 


Apa Itu Reksa Dana Pasar Uang?

Reksa dana pasar uang merupakan salah satu jenis reksa dana jadi ada baiknya Anda memahami apa itu reksa dana terlebih dahulu. Secara sederhana, reksa dana merupakan sekumpulan dana dari para investor yang dikelola oleh manajer investasi.

Untuk melakukan jenis investasi reksa dana, Anda tinggal melakukan top up sesuai jumlah yang diinginkan. Tapi sebelum melangkah lebih lanjut, ada baiknya Anda memahami reksa dana pasar uang sebagai salah satu investasi favorit banyak orang.

Reksa dana pasar uang bisa dibilang sebagai jenis reksa dana dengan tingkat risiko paling rendah dibandingkan jenis lainnya. Tidak heran jika banyak pemula yang memilih reksa dana pasar uang agar tidak mengalami kerugian yang besar. 

Jenis investasi ini nantinya akan mengelola 100% dana yang Anda masukkan menggunakan instrumen pasar uang, seperti deposito, Obligasi, Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dengan jangka waktu tidak lebih dari satu tahun. 


Baca juga: Financial Freedom Berhasil Dicapai Jika Rasakan Tanda ini


Keuntungan Reksa Dana Pasar Uang

Ada beberapa jenis reksa dana yang sebenarnya bisa dijadikan pilihan, tapi tetap saja ada kelebihan dan kekurangan yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah reksa dana pasar uang dengan tingkat risiko yang lebih rendah. 

Jenis investasi ini memiliki cara kerja tersendiri dibanding jenis lainnya di mana dana yang terkumpul nantinya akan diserahkan pada pengelola profesional, yaitu Manajer Investasi. Dengan begitu, dana dapat memberikan hasil yang lebih maksimal.

Dalam reksa dana pasar uang, dana akan ditempatkan dalam instrumen pasar uang yang digunakan Manajer Investasi untuk membeli daftar investasi. Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dari reksa dana pasar uang, seperti berikut. Keuntungan Lebih Tinggi

Sebagian besar orang melakukan investasi karena ingin mendapatkan keuntungan lebih besar dalam waktu lebih singkat. Tujuan ini bisa Anda dapat dengan membeli jenis investasi reksa dana pasar uang karena keuntungannya lebih tinggi.

Return reksa dana pasar uang bisa dikatakan cukup besar, yaitu mulai dari 6.33% hingga 7.35% per tahun. Angka ini berdasarkan posisi akhir Maret 2015 dan mungkin sekarang sudah mengalami perubahan dalam nilai return tersebut. 

Jenis investasi ini akan memberikan suku bunga deposito yang tergantung pada seberapa lama penempatan dan jumlah dana yang ditempatkan. Keuntungan ini nantinya akan dipotong pajak, tapi tetap saja keuntungannya lebih tinggi. 

Investasi Rp 100 ribu

Beberapa investasi memiliki batas setoran awal yang harus dipersiapkan untuk membuka rekening atau membeli instrumen investasi. Misalnya saja, deposito yang memiliki batas setoran sebesar Rp 5 juta dan instrumen investasi lainnya. 

Bahkan, masih banyak jenis investasi lain yang memiliki setoran besar hingga Rp 50 juta. Meski setoran awal cukup besar, bukan berarti keuntungan yang didapatkan juga besar karena banyak juga yang memiliki bunga paling rendah. 

Berbeda dengan reksa dana pasar uang yang bisa dimulai dengan harga paling rendah, mulai dari Rp 100 ribu. Dengan begitu, akses investasi reksa dana pasar uang bisa dibilang sangat terjangkau jadi cocok untuk instrumen investasi pilihan.

Dana Bisa Diambil Kapan Saja

Sebenarnya ada banyak jenis investasi yang bisa Anda jumpai sekarang ini tapi, tidak semuanya bisa diambil kapan saja tanpa denda. Deposito misalnya yang tidak bisa diambil sebelum jatuh tempo dan akan mendapatkan denda jika mengambilnya. 

Berbeda dengan reksa dana pasar uang yang bisa diambil kapan saja tanpa ada denda, bahkan biaya pencairannya gratis. Jadi, sewaktu-waktu saat Anda membutuhkan uang, Anda bisa menarik dana kapan saja. 

Bukan hanya itu, proses pencairan jenis investasi reksa dana pasar uang sangatlah mudah karena bisa dilakukan melalui komputer. Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke cabang bank karena dana bisa dicairkan di mana saja secara online. 

Jangka Investasi Fleksibel

Jika Anda memilih deposito sebagai instrumen investasi, maka Anda harus memperhatikan benar berapa lama uang akan disimpan. Salah dalam mengambil langkah, tentu bisa memberikan kerugian bagi investasi Anda. 

Namun, jika Anda memilih jenis investasi reksa dana pasar uang, tentu keuntungan yang akan didapatkan karena waktu investasi lebih fleksibel. Anda bisa berinvestasi dalam kurun waktu yang diinginkan, mulai dari 1 hari, 10 hari dan seterusnya.

Jadi, Anda tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan hasil dari investasi reksa dana pasar uang. Dengan begitu, tidak perlu khawatir apabila ada kebutuhan mendadak karena investasi bisa dicairkan kapan saja tanpa denda.


Baca juga: Cara Hidup Hemat Agar Budget Bulanan Tidak Cepat Habis


Tips Memiliki Reksa Dana Pasar Uang

Jika Anda tertarik untuk terjun di bidang investasi reksa dana pasar uang, maka jangan sampai salah langkah. Ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk mendapatkan keuntungan lebih maksimal dari investasi ini. 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan tujuan investasi, misalnya untuk modal menikah, biaya liburan, atau membeli barang tertentu. Dengan begitu, jenis investasi yang dipilih akan lebih tepat dan menguntungkan.

Jangan lupa untuk melakukan diversifikasi dalam investasi untuk mengurangi kerugian yang mungkin terjadi. Jangan lupa untuk membaca prospektus reksa dana sebagai buku panduan yang menjelaskan semua tentang reksa dana.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi, mulailah dari instrumen yang dipahami atau Anda bisa mempelajari instrumen sebelum dipilih. Persiapan dan pertimbangan matang dalam memilih jenis investasi membuat Anda bisa mendapatkan pilihan terbaik.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru