Finansial

Financial Freedom Berhasil Dicapai Jika Rasakan Tanda ini

Kabrina Rian Ferdiani-

08 Apr 2021

Financial Freedom Berhasil Dicapai Jika Rasakan Tanda ini

Financial freedom merupakan keinginan bagi banyak orang untuk bisa menikmati hidup yang lebih nyaman dan terjamin di masa depan.

Semakin cepat kita ingin mencapai kebebasan finansial, semakin banyak uang yang harus kita persiapkan. 

Jika Anda merasakan beberapa tanda ini mungkin Anda sudah bebas finansial.


Baca juga: Cara Hidup Hemat Agar Budget Bulanan Tidak Cepat Habis


Kebutuhan Hidup Terpenuhi agar Tenang

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam hidup namun ada beberapa kebutuhan yang memang harus dipenuhi untuk hidup tenang. Mulai dari kebutuhan jangka pendek, jangka menengah hingga jangka panjang.

Salah satu tanda bahwa kita sudah mencapai financial freedom adalah mampu memenuhi kebutuhan tanpa mengandalkan pendapatan pokok. Beberapa dari kita mungkin sudah tidak bekerja, namun semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik.


Kebutuhan Jangka Pendek

Kebutuhan jangka pendek yang harus terpenuhi antara lain kebutuhan untuk makan setiap hari. Apabila kita sudah bisa memenuhi kebutuhan ini tanpa kesulitan, bahkan bisa membeli makanan dan minuman apa saja, maka kebebasan finansial tercapai.

Jika Anda sudah mencapai kebebasan finansial tentu saja memenuhi kebutuhan jangka pendek bukan suatu masalah. Bahkan, kebutuhan pendek sudah harus terpenuhi dengan baik sebagai tanda tercapainya kebebasan finansial.


Kebutuhan Jangka Menengah

Selain kebutuhan jangka pendek, kita juga memiliki kebutuhan jangka menengah dalam hidup. Misalnya saja, tagihan listrik, air, angsuran bulanan dan lain sebagainya. Semua kebutuhan menengah bisa terpenuhi saat Anda mencapai financial freedom.

Kebutuhan jangka menengah ini mungkin harus Anda penuhi dalam beberapa bulan ke depan. Semua kebutuhan menengah sudah harus terjamin dan tidak perlu khawatir jika tidak bisa memenuhinya karena Anda sudah mencapai tujuan.


Kebutuhan Jangka Panjang

Bukan hanya kebutuhan jangka pendek dan menengah yang harus terpenuhi, Anda sudah bisa dikatakan mencapai financial freedom jika memenuhi kebutuhan jangka panjang. Misalnya, membayar pajak bangunan, pajak kendaraan dan lainnya. 

Kebutuhan jangka panjang bisa berasal dari kebutuhan untuk beberapa tahun ke depan, misalnya membayar sekolah anak. Meskipun kebutuhan tersebut baru datang beberapa tahun ke depan, tapi sudah harus terpenuhi saat ingin pensiun.


Baca juga: 7 Langkah Capai Financial Freedom ala Tony Robbins


Kebahagiaan secara Mental yang Berkaitan dengan Pendapatan

Anda bisa dikatakan sudah mencapai financial freedom saat merasakan kebahagiaan secara mental yang berkaitan dengan pendapatan. Seperti yang kita tahu bahwa uang bukan segalanya, tapi kita perlu uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

Selama kita masih bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup, tentu ada banyak hal yang harus dikorbankan, seperti waktu, tenaga, terkadang kita juga stres memikirkan pendapatan. Oleh karena itu, kebebasan finansial akan memberikan kebahagiaan ini. 


Punya Banyak Waktu untuk Orang Tercinta

Setelah mencapai financial freedom, tentu Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk bekerja karena semua kebutuhan sudah dapat terpenuhi dengan aset atau penghasilan pasif. Itulah mengapa waktu yang tersedia menjadi lebih banyak. 

Waktu yang tersedia itu bisa Anda manfaatkan untuk melakukan hobi atau kegiatan seru bersama orang-orang tercinta, seperti orang tua, anak, dan keluarga yang lain. Anda juga bisa bersantai lebih lama sehingga kebahagiaan akan datang dalam hidup. 


Bisa Berlibur ke Mana-mana

Ketika sudah mencapai financial freedom, Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk bekerja. Dengan begitu, Anda bisa melakukan hobi traveling atau berlibur ke destinasi yang diinginkan, baik liburan di Indonesia atau ke luar negeri. 

Dalam berlibur, tentu Anda membutuhkan biaya yang tergantung dengan destinasi dan kegiatan yang akan dipilih. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya karena kebebasan finansial sudah tercapai maka biaya tidak menjadi masalah. 


Tidak Stres Memikirkan Uang

Selain itu, kebahagiaan mental juga bisa Anda rasakan setelah mencapai financial freedom. Memenuhi kebutuhan memang tiada habisnya sehingga membuat kita sering merasa lelah dan stres apabila tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup. 

Berbeda bagi mereka yang sudah mencapai kebebasan finansial karena mereka sudah mempersiapkan uang untuk pensiun dini. Masalah keuangan sudah bukan menjadi masalah sehingga mereka bisa terhindar dari stress saat mencari rezeki. 


Baca juga: Bicarakan Perencanaan Keuangan Sebelum Menikah


Memiliki Aset Lebih dari Satu

Tanda berikutnya yang menunjukkan bahwa Anda telah mencapai financial freedom adalah telah memiliki aset lebih dari satu. Aset merupakan modal yang harus Anda miliki untuk masa depan yang lebih cerah tanpa mengkhawatirkan masalah uang. 

Banyak jenis aset yang bisa Anda pilih sebagai simpanan untuk hari tua, mulai dari properti, saham, emas, deposito dan lain sebagainya. Anda bisa memilih jenis aset seperti apa yang cocok dengan kondisi keuangan dan tujuan keuangan Anda.


Investasi Lebih dari Satu

Memiliki satu aset sebenarnya sudah menjadi kemajuan dalam hidup, tapi tidak cukup untuk membuat keuangan kita lebih aman. Tanda Anda sudah mencapai financial freedom adalah memiliki investasi lebih dari satu.

Apapun jenis investasinya tidak menjadi masalah, yang terpenting adalah menghasilkan. Namun, jangan menghabiskan uang Anda untuk investasi dengan risiko tinggi, tapi pastikan portofolio investasi Anda sehat dan aman. 


Memiliki Asuransi yang Dibutuhkan

Bukan hanya aset dalam bentuk investasi, Anda juga butuh asuransi untuk menjamin kehidupan lebih bahagia tanpa merasa khawatir. Beberapa asuransi yang harus dimiliki antara lain asuransi kesehatan, pendidikan, motor dan lain sebagainya. 

Bukan hanya memenuhi kebutuhan sehari-hari, Anda juga harus memastikan bahwa telah memiliki asuransi, khususnya asuransi kesehatan. Hal ini dikarenakan usia tua lebih rentan terhadap berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan. 

Tidak mudah memang untuk mendapatkan semua ciri di atas karena tidak semua orang bisa mencapai tujuan keuangan ini. Sering kali dibutuhkan waktu yang cukup lama dan tenaga lebih keras untuk mencapainya. 

Anda bisa memulai usaha tersebut dengan berinvestasi, misalnya dengan P2P Lending. Pastikan Anda memilih investasi yang sesuai dengan keadaan dan tujuan hidup Anda, yakni untuk mencapai financial freedom.


Kembangkan Aset Bersama Modal Rakyat

Modal Rakyat adalah platform P2P Lending yang mempertemukan antara pelaku UMKM yang membutuhkan pinjaman modal usaha (borrower) dan juga lender atau pemberi pinjaman. Kami sudah berdiri sejak 2018 dan berhasil menyalurkan pinjaman sebesar 1 triliun Rupiah. Modal Rakyat juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Anda juga akan mendapatkan keuntungan hingga 25% per tahun. Yuk, mendanai UMKM sekarang! Daftarkan diri Anda di sini dan gunakan kode promo BLOG25 untuk mendapatkan saldo gratis Rp25.000.

Bergabung juga dengan akun telegram Modal Rakyat untuk mendapatkan informasi peluang pendanaan paling update.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru