Bisnis

Kenali Jenis Modal Usaha dan Cara Mendapatkannya

Kabrina Rian Ferdiani-

14 Jun 2021

Kenali Jenis Modal Usaha dan Cara Mendapatkannya

Sebelum memulai menjalankan sebuah bisnis, modal usaha dibutuhkan agar semua berjalan dengan lancar. Anda tidak akan mungkin bisa memulai dengan dana yang benar-benar Rp 0 saja kecuali bekerja sebagai karyawan.

Sekecil apapun usahanya pasti membutuhkan yang namanya modal dimana ada beberapa perbedaan dari jenis-jenisnya. Berikut penjelasan tentang jenis-jenis modalnya untuk usaha serta panduan cara mendapatkannya dari berbagai sumber.


Baca juga: Rasio Profitabilitas adalah: Fungsi, Jenis, dan Contohnya


Pentingnya Memahami Jenis-Jenis Modal Sebelum Terjun Berbisnis

Memulai sebuah usaha tanpa adanya ilmu namun hanya mengharapkan keberuntungan saja menjadi mustahil. Tidak ada bisnis dapat didirikan dimana nantinya akan berjalan sendiri sehingga memberikan untung secara instan.

Ada banyak hal yang harus Anda pelajari, salah satunya memahami tentang jenis-jenis modal usaha itu sendiri. Masih banyak pengusaha tidak menyadari betapa pentingnya memahami modalnya dengan membedakan jenis-jenisnya.

Jika Anda menganggap dana untuk usaha hanya satu secara keseluruhan dianggap sama maka resiko kegagalan sangat menanti. Karena sebenarnya modal-modal tersebut dibedakan menurut kebutuhannya dan memiliki ciri tersendiri.

Jika Anda menganggap semua modal usaha itu sama maka dapat disimpulkan tidak ada perencanaan matang. Sebaiknya kenali apa saja jenis-jenisnya sehingga dapat menganalisa kira-kira mana yang dibutuhkan untuk usaha Anda.

Perhatikan juga untuk masing-masing pos modalnya harus benar-benar diperhatikan secara detail. Hal ini akan membantu Anda mengelola dana secara tepat terutama saat akan memulai merintis sebuah bisnis.

Misalnya dana untuk operasional ternyata lebih besar daripada dana investasi di awal tentu sangat salah. Itulah kenapa seorang pengusaha harus memahami betul apa yang harus dilakukan terkait manajemen modalnya.

Tidak ada salahnya Anda mempelajari apa saja jenis-jenis modal usaha dan bagaimana cara mendapatkannya secara tepat. Ilmu sederhana seperti ini akan sangat membantu dan menunjang kesuksesan bisnis dari awal merintis.


Jenis-Jenis Modal Usaha yang Dapat Dibutuhkan dalam Bisnis 

Memiliki modal usaha sesuai dengan rencana dan kebutuhan dalam berbisnis tentu sangat menguntungkan. Ternyata jenis-jenis modalnya sendiri ada beragam dan sebaiknya Anda pelajari satu per satu secara lebih detail.

Modal investasi

Ketika baru memulai usaha dibutuhkan dana khusus investasi yang sangat berguna untuk jangka panjang. Biasanya nilainya paling besar di awal sehingga perlu adanya perencanaan dan pertimbangan khusus pada dana ini.

Contoh modal usaha investasi seperti membeli tempat untuk usaha, sewa kantor, peralatan dengan nilai tinggi dan lainnya. Anda perlu mempersiapkan hal ini sebelum akhirnya benar-benar bisa menjalankan usahanya.

Perlu dipertimbangkan apakah investasi dengan cara membeli, sewa, hak guna bangunan atau lainnya sebagai tempat. Jika harus membeli tanah dan bangunan untuk tempat usaha sediakan modalnya karena pastinya cukup besar.

Modal kerja

Jenis lainnya yaitu modal kerja secara umum dapat diartikan sebagai dana yang dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari. Agar lebih mudah menyebutkan sering dianggap sebagai budget produksi sehingga bisnis tersebut dapat berjalan.

Tanpa adanya modal usaha untuk bekerja setiap harinya tentu membuat Anda bingung mulai darimana usahanya. Jadi harus disediakan dana yang berputar setiap harinya sesuai dengan kebutuhan bisnis itu sendiri.

Dana satu ini biasanya bersifat dan berguna untuk jangka pendek sehingga nilainya tidak terlalu besar. Misalnya bisnis jualan mie ayam harus disediakan dana untuk membuat bahan mie yang akan dijual.

Modal operasional

Dana ini dibutuhkan untuk membayar berbagai biaya operasional yang menunjang bisnis itu sendiri. Seperti modal usaha untuk membayar listrik setiap bulannya, tagihan air dan berbagai tagihan lainnya terkait usaha.

Sebenarnya jika bisnis yang Anda berjalan tidak perlu menyediakan modal secara khusus namun bisa mengambil dari penghasilan. Namun karena masih baru mulai sebaiknya sediakan modalnya untuk berjaga-jaga beberapa bulan kedepan.


Baca juga: 7 Pengusaha Sukses Kuliner yang Berhasil Meraup Omzet Miliaran


Cara Mendapatkan Modal untuk Usaha dari Berbagai Sumber

Merasa yakin dengan perencanaan bisnis namun terkendala modal usaha masih belum ada atau belum cukup. Tidak perlu khawatir banyak cara mendapatkan dana untuk memulai usaha Anda dari berbagai sumber.

Kredit Bank

Bank menjadi solusi terbaik untuk bisa mendapatkan dana karena prosesnya jelas dan pastinya sangat aman. Anda dapat memilih jenis pinjaman apa yang dibutuhkan kemudian sesuaikan dengan kemampuan dalam membayarnya.

Saat ini Bank banyak menawarkan pinjaman dengan bunga sangat rendah untuk para pengusaha seperti KUR. Syarat disediakan juga tidak terlalu sulit membuat kesempatan mendapatkan dana dengan bunga ringan sangat terbuka.

Suntikan dana dari investor

Investor menjadi sumber terbaik untuk mendapatkan modal usaha dalam jumlah besar dengan lebih mudah. Sumber modal satu ini banyak diminati karena tidak terbebani dengan bunga namun lebih ke perjanjian.

Sehingga Anda lebih memiliki waktu serta ruang untuk mengembangkan bisnis sebelum memikirkan pembagian hasilnya. Buatlah bisnis yang menarik dan dilirik oleh para investor agar tidak kesulitan mencari dana.

Jual aset

Cara aman mendapatkan modal usaha adalah dengan menjual aset yang dimiliki agar tidak mengeluarkan biaya lain. Resikonya karena Anda masih pemula jika mengalami kerugian maka dana dan aset tersebut habis.

Jadi sebelum Anda menjual aset sebaiknya perhatikan dan pertimbangkan secara matang pada berbagai kemungkinan. Jangan sampai penjualan aset tersebut terlalu besar dari dana yang dibutuhkan dan akhirnya tidak maksimal.

P2P Lending

Cara terbaru mendapatkan dana untuk usaha yaitu dengan memanfaatkan penawaran P2P Lending. Saat ini banyak website dan aplikasi yang menyalurkan dana untuk modal dengan lebih mudah.

Anda tidak perlu pergi kemanapun karena mendapatkan dana dari P2P Lending semua serba online. Jadi cukup cari perusahaan terpercaya agar semua proses menjadi aman.

Modal sangat dibutuhkan dengan jenis-jenisnya yang beragam untuk menjalankan sebuah usaha. Pahami jenis-jenisnya dan pelajari juga bagaimana cara mendapatkan modal usaha dari berbagai sumber.


Dapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Anda

Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin mengembangkan usaha agar semakin menambah keuntungan. Untuk melakukannya Anda tentu membutuhkan modal lebih.

Anda dapat mendaftarkan diri sebagai peminjam layanan P2P lending Modal Rakyat. Dengan pelayanan yang cepat dan praktis, Anda akan memperoleh modal dalam waktu lima hari kerja. P2P lending ini juga sudah berizin OJK, sehingga keamanannya akan dijamin.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru