Finansial

Gaya Hidup

Kebebasan Finansial: Pengertian, Tips, dan Manfaatnya

Pretty Angelia Wuisan-

18 Oct 2021

Kebebasan Finansial: Pengertian, Tips, dan Manfaatnya

Kebebasan finansial adalah keadaan ketika kita bisa memenuhi keinginan, tanpa harus memikirkan berapa jumlah uang yang dikeluarkan dan tanpa harus bekerja keras. Jadi, Anda meraih pendapatan pasif di waktu santai sekalipun. Pendapatan itu diperoleh dari bisnis, investasi, atau aset lainnya. 

Tidak mengherankan banyak orang yang mendambakannya, salah satu orang itu mungkin Anda. Untuk mencapai kemerdekaan finansial ini memang tidak bisa didapatkan begitu saja. Di sini akan dijelaskan tips untuk mencapai kebebasan finansial, manfaat, dan ciri orang yang berhasil meraihnya. 


Baca juga: Financial Freedom, Sebuah Teori Belaka atau Fakta?


Tips Meraih Kebebasan Finansial

Untuk memenuhi kemerdekaan finansial, Anda tidak harus menjadi orang kaya dulu. Anda bisa mengusahakannya dengan melakukan perencanaan matang. Apabila ingin rencana yang lebih serius, tidak ada salahnya juga mendatangi perencana keuangan.

Namun, untuk sekarang, Anda bisa mengikuti tips di bawah ini untuk bebas secara finansial.

1. Mencatat keuangan

Kebebasan finansial dapat dimulai dari mengatur keuangan. Cara untuk mengatur keuangan yang baik diawali dari mencatat uang yang diterima dan digunakan. Anda bisa melakukannya di sebuah buku, serta aplikasi pencatatan uang.

Pencatatan keuangan ini ada untuk membuka mata Anda mengenai bagaimana Anda menggunakan uang. Dari sini Anda pasti akan tahu di kegiatan mana Anda paling memboroskan uang. Biasanya hal ini ada pada bagian keinginan untuk menyenangkan diri. Padahal idealnya uang untuk kebutuhan yang perlu diprioritaskan.

2. Lunasi utang

Utang adalah salah satu alasan yang menghambat kemerdekaan finansial. Usahakan untuk selalu melunasi utang Anda. Terutama utang yang sifatnya hanya untuk konsumsi.

Lain hal jika Anda menggunakan utang untuk usaha, itu akan lebih baik. Alasannya karena utang untuk konsumsi berpotensi selalu ada dan bertambah.

Misalnya, membeli ponsel terbaru, membeli mobil, dan benda-benda lainnya yang bukan termasuk kebutuhan utama. Usahakan utang untuk konsumsi dihindari supaya Anda tidak kerepotan.

3. Berhemat

Anda bisa berhemat dengan membiayai kebutuhan terlebih dulu. Lalu, untuk keinginan bisa Anda tahan. Nanti dipenuhi ketika merasa waktunya pas. 

Berhemat juga bisa dilakukan dengan penyusunan anggaran di setiap bulan. Dari sini Anda bisa menekan pengeluaran yang terlalu banyak untuk kategori tertentu.

4. Jangan kebawa gengsi

Untuk hidup hemat, Anda perlu memperhatikan gaya hidup. Jangan kebawa gengsi sampai-sampai harus mirip dengan orang lain dan Anda malah berusaha keras untuk jadi seperti mereka. Gaya hidupnya orang lain yang senang menghamburkan uang bisa terbawa pada Anda.

Untuk itu, sekarang mulailah hidup dengan biasa saja, tanpa harus peduli dengan gengsi. Tidak harus setiap hari datang ke kafe atau party, dan kegiatan lain yang menghamburkan uang. Anda perlu memprioritaskan kemerdekaan finansial yang Anda impikan mulai sekarang.

5. Menabung rutin

Untuk hidup hemat, Anda perlu menabung secara rutin. Paling bagus apabila tabungan Anda punya rekening sendiri, jadi tidak dicampur dengan rekening untuk transfer. Tentukan jumlah tabungan yang tetap per bulannya. Metode ini akan membantu mempermudah perhitungan.

Namun, jangan juga terlalu memaksakan diri. Jangan sampai saking rajinnya menabung Anda malah mengabaikan kebutuhan. Tetapkan jumlah dana kebutuhan yang cukup untuk Anda.

6. Tambah aset investasi

Ini adalah cara mengatur kebebasan finansial yang layak untuk Anda coba. Caranya adalah Anda menginvestasikan uang untuk menambah aset. Anda bisa memilih instrumen apa saja, mulai dari investasi reksa dana, P2P lending, saham, emas, dan lain sebagainya. 

Investasi ini akan menjadi sumber penghasilan Anda di masa depan. Kebutuhan hidupnya Anda nanti akan lancar karena sumber uang Anda sudah tersedia dari jauh hari.

7. Pikirkan penghasilan tambahan

Anda yang punya kemampuan untuk bekerja lebih lama, bisa memikirkan penghasilan tambahan. Anda bisa menghasilkannya dari usaha atau pekerjaan lain yang sesuai dengan kemampuan. Jangan lupa atur waktu Anda supaya waktu istirahat tidak terganggu.


Manfaat Financial Freedom

Financial freedom mendatangkan manfaat bagi Anda yang berhasil meraihnya. Ini penjelasannya.

1. Anda bisa memenuhi kebutuhan sekaligus keinginan

Ketika kebebasan finansial telah diraih, Anda tidak perlu memikirkan kebutuhan atau keinginan karena Anda bisa meraih keduanya. Anda pun tidak perlu bekerja secara keras lagi karena hal itu sudah Anda lakukan sebelumnya. Waktu kemerdekaan finansial adalah waktu yang tepat untuk merayakan kebebasan Anda.

2. Anda akan bahagia

Anda pun akan berbahagia karena jauh dari stres dan tidak ada masalah rumit yang Anda pikirkan, terutama masalah yang berkaitan dengan uang.

3. Anda tidak akan merepotkan orang lain

Anda jadi bisa menyelesaikan masalah sendiri, tanpa harus meminjam uang ke orang lain atau lembaga keuangan. Anda jadi lebih mandiri dengan kemerdekaan finansial yang mampu Anda gapai.

4. Anda bisa mencapai mimpi yang tertunda

Kemerdekaan finansial bisa membawa Anda pada mimpi yang dulu belum sempat terlaksana. Di waktu inilah Anda bisa melakukannya.


Ciri Orang yang Berhasil Mencapai Financial Freedom

Mereka yang sudah mampu menggapai kemerdekaan finansial akan memiliki ciri khas berikut ini.

1. Bebas utang

Mereka yang sudah bebas finansial biasanya juga bebas utang. Mereka tidak lagi meminjam uang untuk kebutuhan konsumtif karena bagi mereka lebih penting hal lainnya. Mereka juga berpikir dua kali untuk berutang jika bukan untuk hal yang lebih produktif seperti mendirikan usaha.

Tidak mengherankan jika mereka hidup tenang karena tidak dikejar oleh penagih utang.

2. Asetnya tumbuh dengan baik

Orang yang bebas finansial bukan berarti tidak melakukan apa-apa. Mereka tetap mengatur aset atau harta dengan baik. Mereka masih memantau pasar. Mereka juga tidak hanya mengandalkan satu aset, tapi melakukan diversifikasi untuk menanggulangi risiko.

3. Tidak banyak gaya

Kemerdekaan finansial ini adalah pencapaian pribadi yang akan mereka simpan sendiri. Tidak perlu dipamerkan di depan orang apalagi di media sosial. Mereka malah cenderung berpenampilan sederhana karena tidak begitu senang menjadi pusat perhatian.

4. Merencanakan keinginan dengan matang

Walaupun pekerjaannya cenderung santai, mereka tetap mempunyai rencana masa depan. Semua rencana itu ditentukan secara rapi. Mereka tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang ada karena pada akhirnya mereka bertemu juga dengan kebebasan yang sudah lama diimpikan.

5. Tidak sembarangan menghamburkan uang

Walaupun sudah mampu membeli segala keinginan, mereka tidak akan menghamburkan uang seenaknya. Uang yang digunakan tetap diperhitungkan secara baik.


Baca juga: Financial Freedom Berhasil Dicapai Jika Rasakan Tanda ini


Seperti itulah pembahasan mengenai kemerdekaan finansial. Banyak orang yang menginginkannya, tapi masih belum tahu cara untuk bisa mencapainya. Anda bisa melakukan cara di atas.

Namun, Anda perlu bersabar karena hal itu memerlukan waktu. Tetap semangat ya!


Raih Keuntungan Menarik dengan Menjadi Pendana di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda dapat meraih imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.


Pertanyaan Umum

1. Apa itu kebebasan finansial?

Kebebasan finansial adalah keadaan ketika kita bisa memenuhi keinginan, tanpa harus memikirkan berapa jumlah uang yang dikeluarkan. Kondisi keuangan ini diraih setelah bertahun-tahun bekerja secara keras. Jadi, Anda meraih pendapatan pasif di waktu santai sekalipun. Pendapatan itu diperoleh dari bisnis, investasi, atau aset lainnya. 

2. Bagaimana 4 langkah menuju kebebasan finansial?

Hal pertama, Anda perlu mengurangi utang untuk kegiatan konsumtif. Kedua, perlu mencatat keuangan secara cermat. Ketiga, Anda perlu hidup berhemat. Keempat, Anda harus menabung untuk mempraktikkan hidup hemat tersebut.

3. Bagaimana ciri orang yang bebas finansial?

Orang yang bebas finansial adalah mereka yang bebas utang. Mereka juga adalah sosok yang tidak banyak gaya karena mereka merasa tidak perlu ada yang ditunjukkan ke orang lain. Mereka juga adalah sosok yang perhitungan dalam mengeluarkan uang, jadi mereka tidak sembarangan menghamburkan uang.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru