Finansial

Kesalahan Investasi Online Emas yang Masih Sering Dilakukan

Kabrina Rian Ferdiani-

29 Jul 2020

Kesalahan Investasi Online Emas yang Masih Sering Dilakukan

Emas merupakan salah satu produk investasi yang kini bisa dibeli untuk keperluan investasi online. Ada beragam pihak penyedia jasa layanan investasi emas secara online dan terpercaya yang bisa dipilih serta dipertimbangkan. Salah satu keunggulan investasi emas dalam bentuk batang atau logam adalah sifatnya yang cukup stabil. 

Selain itu, emas juga cenderung mudah likuid sehingga cocok bagi investor pemula. Sebelum investasi online marak, investasi emas harus dilakukan dengan cara mengunjungi si penjual secara langsung. Setelah membeli emas, kemudian harus mencari bank yang dapat menyewakan safe deposit box. 

Jika tidak, Anda bisa menyimpannya di rumah, namun ada risiko kehilangan dan pencurian yang harus Anda waspadai. Sekarang dengan bertransaksi online, Anda dapat membeli emas bahkan dimulai dengan harga yang minim. 

Cukup melalui gawai dan internet, emas bisa Anda miliki dan bisa dipantau secara digital bagaimana pergerakan harganya. Sebelum berinvestasi emas secara online, kenali kesalahan berikut dan perhatikan tips supaya Anda terhindar dari kesalahan investasi emas online.


Baca juga: Saham, Investasi Jangka Panjang Menarik yang Patut Dicoba


Tidak Melakukan Pemantauan Pergerakan Harga dengan Setiap Waktu

Dalam melakukan investasi online, memantau pergerakan harga penting dilakukan. Harga emas selalu fluktuatif setiap waktu sehingga bila tidak memantau harga maka Anda membeli emas di momen yang kurang tepat. Sebagai seorang investor, momen merupakan hal yang penting. 

Supaya memperoleh keuntungan, emas dibeli saat harganya masih rendah dan dijual ketika harga sudah tinggi. Sebelum menjual dan membeli emas sebagai produk investasi online, perhatikan momen yang tepat karena investor dapat merugi jika tidak ada kepastian. 

Apabila Anda tidak memantau pergerakan harga bisa jadi Anda malah membeli saat harga emas sedang tinggi. Hindari kerugian serta maksimalkanlah keuntungan dengan terus memantau pergerakan harga emas secara berkala sebelum bertransaksi. Emas memang kerap dipakai menjadi perhiasan. 

Namun, bila Anda berniat menjadikan emas sebagai investasi, jangan membeli emas dalam bentuk perhiasan apalagi untuk dipakai. Ketika dipakai, nilai kandungan emas bisa jadi berkurang. Selain itu akan lebih menguntungkan bila membeli produk emas berupa batangan maupun emas di investasi online.

Dalam berinvestasi emas, hal terpenting adalah kandungan dari logam emas itu sendiri. Perhiasan hanya memiliki kandungan emas yang terbatas. Bila memiliki tujuan investasi, Anda dapat memilih emas Antam yang memiliki kandungan emas hingga 99.99%. 

Emas Antam juga memiliki sertifikat. Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, memang emas perlu disimpan cukup lama. Bila dahulu membeli emas harus dalam berupa transaksi fisik, kini Anda juga bisa membeli emas dalam transaksi investasi online. 

Logam yang Anda beli nantinya disimpan di brankas yang telah disediakan. Untuk transaksi pembelian maupun penjualan bisa Anda lakukan melalui online di website resmi yang tersedia. Anda juga bisa mengambil emas dalam bentuk fisik bila diperlukan. 


Terburu-buru Membeli Emas Hingga Lalai dalam Memeriksa Kadar Emas

Berinvestasi tentu bertujuan untuk mencapai keuntungan yang bisa dinikmati di kemudian hari. Sebisa mungkin, dengan memanfaatkan momen dan sarana yang ada maka keuntungan dimaksimalkan. Dalam hal berinvestasi emas, prinsip ini juga bisa diterapkan. 

Jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk membeli emas. Setidaknya lakukan pencarian informasi di beberapa penjual terpercaya mengenai harga emas. Anda dapat melakukan perbandingan sendiri berdasarkan informasi mengenai harga emas yang sudah dikumpulkan, baik melalui internet atau media lain. 

Selain memilih tempat investasi online yang sudah terpercaya dan bereputasi, pilihlah penjual yang memberi harga terbaik. Hindari membeli emas secara terburu-buru apalagi dengan tidak melakukan riset harga maupun pemantauan harga emas di pasaran.

Sebelum berinvestasi emas, Anda perlu mengenal ragam jenis emas. Ada beberapa jenis emas, yaitu emas koin, logam, emas daur ulang, maupun perhiasan. Setiap jenis emas memiliki nilai serta kandungan kadar emas murni yang berbeda. 

Semua bisa diinvestasikan, namun disarankan berinvestasi emas berbentuk logam. Emas dalam bentuk logam memiliki kadar yang lebih tinggi sehingga lebih menguntungkan. Tanyakan pada penyedia jasa investasi online emas mengenai kadar emas yang dijual. Cari tahu juga mengenai jumlah karat, model, nilai seni serta kemungkinan depresiasi. 

Harga logam emas batangan memang memiliki nilai yang lebih tinggi, sedangkan emas perhiasan cenderung lebih murah karena komponen penyusunnya bukan murni emas 100%. Meskipun ada kemungkinan untuk turun harga, harga emas bisa dikatakan cukup stabil dan meningkat bila diinvestasikan dalam jangka lebih panjang. 

Cek kadar emas dan karat sebelum berinvestasi. Jika akan melakukan investasi online, pilihlah platform yang resmi dan menyediakan informasi emas secara lengkap dan terpercaya.


Tidak Memahami Kebijakan Penjual dengan Baik

Pilihlah penjual investasi online yang terpercaya dan yang memberikan penjelasan serta kebijakan yang jelas untuk para pembelinya. Kebijakan tersebut merupakan usaha dari pihak penjual supaya pelanggan dapat berinvestasi dengan aman. 

Pahami setiap poin dengan jelas serta pertimbangkan apakah penjual menyediakan jasa penyimpanan emas yang aman untuk menyimpan investasi emas Anda. Kebanyakan investor tidak memahami prosedur serta kebijakan dari penjual saat bertransaksi emas melalui investasi online. 

Pastikan mengenai keaslian sertifikat dan kredibilitas dari perusahaan tersebut. Tanyakan juga mengenai keamanan serta biaya sewa safe deposit box untuk menyimpan emas milik Anda. Anda juga harus memahami dan mematuhi kebijakan yang berlaku, baik saat membeli emas maupun saat menjualnya. 

Berinvestasi emas cocok untuk investor pemula yang baru belajar investasi. Namun, Anda perlu mengenali kesalahan apa yang mungkin Anda lakukan. Pilihan lain untuk investor pemula yaitu P2P Lending. Melalui P2P Lending Modal Rakyat, Anda dapat memperoleh return dari investasi online resmi sekaligus membantu perekonomian pembiayaan UMKM. 


Baca Juga : Pentingnya Investasi Di Usia Muda

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru