Finansial

Ketahui 4 Manfaat Menabung dan 7 Tips Cara Mulai Menabung!

Kabrina Rian Ferdiani-

20 Nov 2020

Ketahui 4 Manfaat Menabung dan 7 Tips Cara Mulai Menabung!

Banyak orang di zaman sekarang yang belum memprioritaskan tabungan. Tahukah kamu bahwa secara pengelolaan keuangan pribadi, disarankan untuk kita mempunyai tabungan sebesar 20% dari pendapatan bulanan kita?

Yap, minimal sebesar itulah kita harus menabung!

Faktanya menabung menjadi salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan apa yang kita mau. Kenyataannya mimpi atau cita-cita kita dalam hidup seringkali membutuhkan uang yang tidak sedikit. 

Daripada ragu lagi mau memulai menabung atau tidak, yuk simak 4 manfaat menabung serta 7 tips cara mulai menabung yang benar!


Baca juga: Investasi vs Menabung, Ketahui 6 Perbedaannya Berikut Ini


Apa Manfaat Menabung?

Menabung memiliki banyak manfaat yang bisa membentuk karakter dan kebiasaan yang lebih baik. Karena itu ada baiknya kebiasaan menabung sudah dipupuk sejak dini. Namun, tidak ada kata terlambat untuk menabung. 

Jika kamu belum mulai menabung, kamu bisa memulai sekarang karena 4 manfaat menabung berikut.

1. Membantu mewujudkan mimpi

Seperti yang dibahas di awal, setiap mimpi membutuhkan modal untuk mewujudkannya. Mimpi ini bisa kamu jadikan sebagai tujuan menabung. Mengumpulkan 20% saja uang yang sudah kamu peroleh bisa membantu kamu mewujudkan hal-hal berikut: 

  • Mempunyai rumah sendiri
  • Sekolah di luar negeri
  • Menikah
  • Mempunyai anak
  • Mempunyai masa pensiun yang nyaman
  • Keliling dunia

Dan lainnya! Kita tidak boleh mendasari kebahagiaan kita berdasarkan uang, namun uang bisa mendatangkan kebahagiaan di hari esok. Jika kamu menabung, walaupun dengan pendapatan yang tidak banyak, maka diyakini kamu pun bisa mewujudkan mimpi kamu sedikit demi sedikit.

2. Baik untuk kesehatan mental

Menabung memang mempunyai dampak yang baik untuk mental health seseorang. Mudahnya saja, menabung membangun kondisi keuangan yang lebih stabil dan mengurangi risiko kamu “bangkrut” atau mengalami krisis ekonomi pribadi. 

Dengan memulai kebiasaan menabung, kamu bisa: 

  • Lebih tenang akan masa depan
  • Terbebas dari stress karena masalah keuangan
  • Lebih kecil risiko terbeban hutang
  • Lebih merasa optimis dan percaya diri akan masa depan

Walaupun tabungan kecil, manfaat ini bisa lebih terasa karena aksi sekecil apapun dalam usaha menabung membawa perasaan “aman” dari masalah.

3. Karakter yang lebih baik

Hal ini mungkin akan dirasakan lebih, terutama bila kamu sudah mulai menabung dari muda. Karakter berikut bisa terbentuk bila kamu sudah terbiasa menabung: 

  • Lebih mandiri

Hal ini betul terutama secara finansial. Orang yang sudah mempunyai tabungan cenderung bisa mengelola keuangannya secara mandiri, lebih sigap dalam menghadapi masalah keuangan, dan memiliki rasa tanggung jawab akan diri sendiri secara finansial.

  • Lebih disiplin

Menabung membutuhkan komitmen yang kuat. Menyisihkan sebagian uang, walaupun ketika pendapatan kita tidak banyak, membutuhkan disiplin yang besar. Selain itu, rasa disiplin bisa membantu kamu melawan impulsivitas dari menghamburkan uang dan berlaku hemat ketika diperlukan.

  • Lebih mengerti nilai uang

Dengan menabung, kita menjadi lebih mengerti betapa susahnya mengumpulkan uang dan lebih menghargai uang. Karena itu, kita pun menjadi lebih menghargai uang dan lebih paham dalam mempertimbangkan apakah suatu barang worth it atau tidak, jadi tidak sembarang membeli sesuai keinginan. 

4. Memupuk kebiasaan finansial

Saat kamu memulai kebiasaan menabung, kebiasaan finansial yang lain pun akan mengikuti. Contohnya adalah dua kebiasaan ini:

  • Terbiasa punya dana cadangan 

Dana cadangan (atau bahasa kerennya dana darurat) dapat membantu kita hadapi risiko yang tak terduga. Hal ini pun membantu kita menghindari hutang, dan menghadapi masalah finansial yang ada, seperti kehilangan pendapatan, biaya pengeluaran yang tiba-tiba besar, dan lainnya.

  • Terbiasa mencatat keuangan

Biasanya orang yang sudah terbiasa menabung, juga punya kebiasaan untuk mencatat keuangan mereka. Kebiasaan satu ini membantu kita membuat anggaran dan mengontrol keuangan kita agar tetap sehat.

Kamu mungkin bertanya, lantas bagaimana sih kita bisa memulai menabung? Lakukan saja dengan mengikuti 7 cara menabung yang benar ini!


Cara menabung untuk pemula

1. Langsung tabung saat terima

Setiap kali kamu menerima gaji, tentukan persenan yang kamu ingin tetapkan untuk masuk ke dalam tabungan. Biasanya keuangan yang sehat mempunyai target menabung sebesar 20 persen. Namun, tentunya kamu bisa menyesuaikan sendiri tergantung kapasitas dan komitmen yang ingin kamu jalani.

2. Buka rekening tabungan

Selain langsung menyisihkan saat menerima gaji, kamu juga bisa menyiapkan rekening tabungan. Buat rekening tabungan ini susah diakses, sehingga kamu pun tidak tergiur untuk menggunakan dana yang ada di rekening tersebut. Secara alternatif, kamu juga bisa memasukkan uangnya ke dalam deposito.

3. Buat anggaran

Buat anggaran pengeluaran per bulannya agar kamu bisa mengevaluasi pendapatan dan pengeluaran kamu. Dengan begitu, kamu bisa melihat mana faktor pengeluaran yang bisa kamu kurangi atau tekan.

4. Sadari latte factor

Latte factor adalah pengeluaran kecil dan tidak terlalu dibutuhkan, namun sering terjadi. Contohnya adalah membeli kopi seharga Rp30.000, kesannya kecil namun bila kamu membeli setiap hari, pengeluarannya bisa sampai Rp900.000. Jika kamu bisa menyadari latte factor, kamu bisa menekan pengeluaran dan memberi ruang untuk menabung.

5. Cari pendapatan tambahan

Ketika kamu merasa sulit untuk menabung dari pendapatan utama kamu, kamu bisa mencoba untuk mencari pendapatan tambahan. Entah itu pendapatan pasif dari bisnis, atau pendapatan hasil kerja freelance atau part time, pendapatan ekstra bisa membantu kamu.

6. Hindari hutang konsumtif

Tidak semua hutang buruk, misalnya cicilan rumah atau pinjaman biaya pendidikan, karena hutang tersebut bisa menghasilkan uang yang lebih banyak untukmu di masa depan. Namun, ada beberapa hutang konsumtif (seperti membeli mobil, motor, atau gawai terbaru) yang tidak dibutuhkan. Jika bisa, hindari hutang konsumtif tersebut.

7. Miliki back-up plan

Menabung akan percuma bila kamu tidak memiliki back-up plan yang bisa melindungi kamu dari risiko finansial. Betul, tabungan bisa digunakan menjadi dana darurat, namun ada kalanya dimana tabungan kita tidak bisa dinikmati karena selalu digunakan untuk keadaan darurat. 

Karena itu, siapkan perlindungan untuk risiko yang besar dalam bentuk asuransi. Di asuransi online Super You by Sequis Online, kamu bisa mendapatkan perlindungan hanya mulai dari Rp30.000-an per bulan saja. Minimal, kamu harus mempunyai asuransi kesehatan demi melindungi tabungan kamu.

Tidak ada kata terlambat, yuk mulai menabung dari sekarang. Selamat menabung ya!


Baca juga: 5 Cara Menabung di Rumah untuk Anak Sekolah

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru