Finansial

Gaya Hidup

KPR Mandiri: Penjelasan, Syarat, dan Link Kalkulator

Brigitta Winasis-

01 Jul 2021

KPR Mandiri: Penjelasan, Syarat, dan Link Kalkulator

Bank Mandiri adalah salah satu lembaga perbankan pelat merah yang menawarkan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. Program ini bertujuan memberikan kredit kepada perseorangan untuk memiliki rumah tinggal, apartemen, rumah toko (ruko), rumah kantor (rukan). Program ini dapat diajukan baik melalui developer maupun tidak.

Untuk mengajukan KPR Mandiri, diperlukan sejumlah syarat. Identitas diri hingga dokumen harus sesuai ketentuan yang ditetapkan Bank Mandiri.

Walaupun membutuhkan banyak dokumen, nasabah Bank Mandiri tidak perlu khawatir. Syarat-syarat pengajuan KPR Mandiri cukup mudah dipenuhi. Bank Mandiri pun menawarkan proses yang mudah dan cepat dengan suku bunga kompetitif. Berikut penjelasan tentang KPR Mandiri.


Baca juga: Ingin Beli Rumah untuk Anak? Yuk, Cari Tahu Pertimbangannya


Jenis KPR Mandiri

Bank Mandiri menawarkan beberapa jenis KPR. Yaitu angsuran berjenjang, flexible, multiguna top up, multiguna take over, take over, dan reguler. Berikut penjelasannya.

1. Mandiri KPR Angsuran Berjenjang

KPR ini mempermudah pegawai memiliki rumah. Keringanan yang dimaksud berupa sebagian pembayaran angsuran pokok ditunda hingga tahun ketiga. Selanjutya pada tahun keempat, angsuran kembali ke jumlah biasa.

2. Mandiri KPR Flexible

Sistem angsuran yang fleksibel membuat nasabah dapat membeli ruko, rumah, apartemen, atau rukan. Nasabah dapat menetapkan sendiri tenor dan pembagian jumlah kredit. Mandiri juga menyiapkan rekening revolving.

3. Mandiri KPR Multiguna Top Up

KPR ini berfungsi membiayai ambil alih cicilan dari KPR bank lainnya. Maksimal limit kredit senilai sisa pinjaman atau outstanding di bank asal atau limit baru berdasarkan kebijakan bank. Anda dapat menggunakan sisa limit kredit untuk kebutuhan lagi, apabila jumlah sisa pinjaman lebih besar daripada bank asal.

4. Mandiri KPR Multiguna Take Over

KPR ini berfungsi membiayai ambil alih cicilan dari KPR bank lainnya. Maksimal limit kredit senilai sisa pinjaman atau outstanding di bank asal atau limit baru berdasarkan kebijakan bank.

5. Mandiri KPR Take Over

KPR ini berfungsi membiayai ambil alih cicilan dari KPR bank lainnya. Maksimal limit kredit senilai sisa pinjaman atau outstanding di bank asal atau limit baru berdasarkan kebijakan bank.

6. Mandiri KPR Reguler

Kredit pemilikan rumah yang diberikan kepada individu untuk membeli properti seperti apartemen, rumah, ruko, atau rukan. Pembelian dapat dilakukan melalui developer atau mandiri.


Baca juga: Ide Usaha Rumahan yang Tren di 2021, Cukup Modal Kecil


Keunggulan KPR Mandiri

Dikutip dari situs resmi Mandiri, ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan bank pemerintahan tersebut. Ini penjelasannya.

a. Proses mudah dan cepat.

b. Suku bunga yang ditawarkan kompetitif.

c. Down payment yang ringan.

d. Tenor fleksibel, dapat mencapai 20 tahun untuk landed property dan 15 tahun untuk apartemen.

e. Telah ada berpartner dengan lebih dari 900 developer di banyak daerah di Tanah Air. Terdapat banyak program menarik di berbagai proyek.

f. Terdapat persetujuan instan dengan syarat berikut ini.

- Uang muka minimal 15% untuk nasabah Bank Mandiri yang memiliki dana mengendap setidaknya Rp1 juta (saldo rata-rata tiga bulan). Nasabah juga sudah membayar angsuran uang muka minimal 4 kali dalam 4 bulan; atau

- Uang muka KPR Mandiri minimal 20%, tanpa syarat frekuensi pembayaran uang muka; atau

- Uang muka minimal 30%, tanpa syarat frekuensi pembayaran uang muka.

- Memastikan kelengkapan dokumen awal Approval in Principal (AIP) yang terdiri dari formulir aplikasi, KTP pemohon (beserta suami/istri), NPWP, SPR, serta bukti pembayaran angsuran uang muka.


Syarat Pengajuan KPR Mandiri

Ada beberapa syarat KPR Mandiri yang harus dipenuhi nasabah. Berikut penjelasannya.

a. Warga negara Indonesia (WNI) yang domisili tinggal di Indonesia.

b. Berusia 21 tahun dengan maksimal 55 tahun untuk pegawai dan 60 tahun untuk profesional/wiraswasta saat periode kredit selesai.

c. Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap bagi pegawai dengan masa kerja minimal 1 tahun. Jika menjadi profesional atau wiraswasta, memiliki masa usaha setidaknya 2 tahun.

d. Melengkapi dokumen yang diminta.

Selain uang muka dan cicilan, ada biaya lainnya yang wajib dibayar

a. Provisi

b. Administrasi

c. Premi asuransi jiwa dan kerugian

d. Pengikatan agunan

e. Taksasi agunan

f. Notaris

g. Balik nama.


Suku Bunga KPR Mandiri 2021

Bank Mandiri memberikan suku bunga promo pada periode Mei - Juni 2021. Besarannya yaitu 3,88% bunga tetap 1 tahun, 4,88% bunga tetap 3 tahun, 6,86% bunga tetap 5 tahun, dan 8,88% bunga tetap 10 tahun. Batas pencairan KPR sampai dengan 30 Juni 2021.


Simulasi KPR

Untuk mengetahui besaran angsuran KPR beserta bunganya, Anda dapat menghitungnya lewat kalkulator yang sudah disediakan di situs resmi Mandiri. Berikut caranya.

a. Buka laman Kalkulator KPR Mandiri.

b. Masukkan penghasilan bulanan Anda pada kolom Penghasilan.

c. Masukkan tenor yang diinginkan pada kolom Jangka Waktu Kredit.

d. Masukkan suku bunga pada kolom Suku Bunga.

e. Pilih jenis pekerjaan Anda, apakah Pegawai/Profesional atau Wiraswasta pada kolom Pekerjaan.

f. Masukkan angsuran lainnya jika Anda mempunyai kredit lain pada kolom Cicilan Lainnya.

g. Tekan tombol Hitung.

h. Limit Kredit dan Angsuran akan muncul pada layar Anda.


Cara agar KPR Cepat Disetujui

Skema KPR bebas uang muka diterapkan per 1 Maret 2021. Hal ini tentu akan memudahkan Anda yang sedang mencari hunian idaman tetapi merasa berat mengumpulkan puluhan juta rupiah untuk uang muka.

Namun bank tidak sembarangan memberikan kredit ini kepada nasabah, perlu seleksi yang ketat. Nasabah yang memenuhi syarat baru akan memperoleh fasilitas KPR.

Walaupun prosesnya, ketat, ada beberapa saran yang dapat Anda lakukan demi bernegosiasi dengan bank.


1. Mencari Informasi

Pertama, lakukan semacam riset untuk mencari informasi tentang produk KPR yang Anda incar. Misalkan KPR Mandiri Reguler atau KPR Mandiri Syariah. Bandingkanlah produk-produk KPR tersebut.

Anda bisa mengetahuinya lewat internet, pameran properti, mendatangi kantor developer, atau mencari testimoni dari kenalan. Informasi yang harus Anda cari meliputi harga rumah, uang muka, lokasi, tenor, plafon pinjaman, dan biaya tambahan.

Setelah mengetahui berbagai informasi melalui riset, seleksilah sesuai keperluan dan kondisi keuangan Anda. Jangan lupa untuk mencari plus-minus dari program DP 0 persen.

Jika Anda asal-asalan memilih, tentu akan berdampak pada kondisi keuangan di kemudian hari. Selain itu, cicilan KPR akan memengaruhi beban keuangan Anda. Sebaiknya perhitungkan dengan matang sesuai gaji Anda per bulan.


2. Perkirakan Harga Rumah

Kedua, taksir harga rumah di bank yang satu dengan bank lainnya. Anda akan mengetahui mana yang lebih menguntungkan.

Misalkan sebuah rumah dihargai Rp400 juta di Bank A dan dihargai Rp420 juta di Bank B. Anda dapat mengetahui mana yang lebih baik berdasarkan lokasi atau daerah rumah.

Misalkan rumah tersebut berada di pusat kota dan dekat dengan fasilitas umum, pasti harganya lebih mahal. Sementara itu yang ada di pinggiran kota pasti harganya lebih murah karena masih sepi dan jauh dari fasilitas umum.


3. Menawar Cicilan KPR

Setiap bank memiliki kebijakan plafon KPR dan jumlah cicilan yang berbeda. Hal ini bergantung pada kondisi keuangan nasabahnya.

Ada yang mengkalkulasi berdasarkan penghasilan per bulan, ada pula yang mengakumulasi penghasilan tahunan. Misalkan gaji seorang nasabah sebesar Rp3,5 juta tiap bulan. Sementara itu seorang nasabah lainnya berpenghasilan Rp1,5 juta per minggu. Dalam setahun, gaji nasabah A sebesar Rp42 juta, sedangkan nasabah B sebesar Rp36 juta.

Dapat disimpulkan gaji nasabah A lebih besar. Sehingga ada kemungkinan nasabah A dapat memperoleh plafon KPR dan jumlah cicilan yang lebih besar.

Namun semua ini tergantung penilaian pihak bank. Anda dapat melakukan tawar-menawar agar mendapat besaran cicilan yang sesuai dengan kondisi keuangan.


4. Negosiasi Suku Bunga KPR

Anda juga dapat bernegosiasi terkait suku bunga KPR dari awal. Bank dapat mengabulkan permohonan ini.

Misalkan Anda tidak punya riwayat kredit macet, bahkan masuk blacklist Bank Indonesia. Pahami mekanisme suku bunga KPR dengan baik.


Siapkan Dana Pembelian Rumah dengan Mendanai di P2P Lending Modal Rakyat

Sebelum memutuskan mengambil KPR, Anda tentu harus mengumpulkan uang dalam jumlah yang besar. Tidak hanya melalui menabung, Anda juga bisa mengumpulkan uang dengan cara berinvestasi.

Salah satunya adalah dengan investasi P2P lending melalui Modal Rakyat. Layanan ini menawarkan imbal hasil bunga yang menarik dibandingkan P2P lending lainnya, yakni mencapai 25 persen per tahun. Layanan ini telah berizin OJK, sehingga aset Anda dijamin keamanannya. Anda dapat berinvestasi mulai dari Rp25.000 saja.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru