Finansial

5 Kunci Sukses Investasi Saham Agar Terhindar dari Kerugian

Kabrina Rian Ferdiani-

31 May 2021

5 Kunci Sukses Investasi Saham Agar Terhindar dari Kerugian

Menerapkan kunci sukses saat berinvestasi di instrumen saham memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa sukses investasi di saham dan mendapatkan keuntungan berlipat.

Sebenarnya, saham merupakan salah satu instrumen investasi dengan risiko cukup tinggi. Oleh sebab itu, Anda perlu mempelajarinya dengan seksama dan serius agar tidak malah kehilangan modal. 

Berikut ini beberapa cara agar sukses investasi saham.


Baca juga: Daftar Saham Blue Chip 2021 Paling Update


Pelajari Apa itu Investasi Saham

Saham adalah tanda kepemilikan seseorang atas suatu perusahaan. Sebelum menempatkan uang Anda di instrumen pasar modal tersebut, hal wajib yang perlu dilakukan adalah mempelajarinya sampai betul-betul paham. 

Bagaimana mungkin seseorang bisa berhasil mendapatkan keuntungan secara optimal jika tidak mengetahui apa itu saham. Oleh sebab itu, salah satu kunci sukses yang pertama dan utama adalah mempelajari definisi hingga cara kerjanya. 

Investasi saham adalah menempatkan sejumlah uang untuk membeli bukti kepemilikan tersebut dalam hitungan lembar. Pembelian lembar kepemilikan tersebut terhitung minimal 100 lembar yang disebut dengan satuan lot.

Pada dasarnya, cara kerja investasi ini tidak jauh berbeda dari instrumen lainnya. Dimana Anda dapat memperoleh keuntungan dari selisih harga beli dan harga jualnya. 

Oleh karena itu, penting juga mengetahui apakah harga suatu emiten sedang naik atau turun. 


Pilih Emiten yang Tepat, Kunci Sukses Paling Dasar

Memilih emiten secara tepat adalah langkah mendasar yang harus Anda lakukan. Di Bursa Efek Indonesia sendiri terdapat sekitar 700-an emiten yang sahamnya diperjualbelikan. 

Untuk mengetahui mana emiten yang bagus, tentu Anda perlu mempelajarinya. 

Ada trik-trik untuk melihat mana emiten yang bagus dan cukup ideal untuk dibeli. Untuk memudahkan dalam menentukan emiten terbaik, Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut.


Memeriksa Laporan Keuangan

Kunci sukses orang yang ingin membeli saham (ekuitas) suatu emiten, Anda juga perlu mengetahui bagaimana kondisi keuangan perusahaan tersebut. Kondisi keuangan ini meliputi kepemilikan ekuitas dan liabilitas (utang).

Periksa juga catatan aliran dana kas hingga balance sheet perusahaan tersebut. Analisis seberapa besar keuntungan yang diperoleh perusahaan dari tahun ke tahun. 

Jika pendapatan terus meningkat, artinya bisnisnya berjalan dengan baik.


Potensi Pertumbuhan Bisnis

Selain laporan keuangan, kunci sukses lain dalam berinvestasi di stock market adalah melihat potensi pertumbuhan dengan jeli. Anda patut mempelajari apakah di masa mendatang bisnis tersebut berpotensi untuk terus bertumbuh.


Pilih Saham Blue Chip

Jika Anda masih pemula, maka emiten berkategori blue chip patut dijadikan pilihan. Saham blue chip adalah saham perusahaan dengan market cap besar dan telah memiliki kondisi keuangan yang stabil.

Biasanya, perusahaan tersebut memiliki tingkat kepercayaan dari investor baik lokal maupun asing sehingga pergerakannya di stock market terbilang likuid. Contoh saham blue chip di Indonesia misalnya Bank BCA, BRI, Astra Internasional, Indofood, dan sebagainya. 


Baca juga: Yuk, Intip Daftar Orang Terkaya di Asia [Update 2021]


Kunci Sukses Investasi Saham dengan Diversifikasi

Diversifikasi adalah aktivitas untuk menganekaragamkan sesuatu. Dalam hal stock investment, diversifikasi berarti melakukan pembelian saham dari beberapa emiten berbeda. Tujuannya untuk menghindari potensi kerugian. 

Bayangkan Anda menempatkan 100% dana pada emiten A, jika emiten tersebut harga sahamnya menurun drastis otomatis dana yang ditempatkan juga anjlok. Lain halnya jika Anda menempatkan modal di emiten A, B, dan C.

Apabila harga saham emiten A anjlok namun emiten B dan C masih positif, dana Anda dapat terselamatkan. Dengan demikian, potensi kerugian dapat diminimalisir. 

Diversifikasi adalah kunci sukses investasi yang wajib diterapkan oleh investor. 


Lakukan dalam Jangka Waktu Panjang

Patut Anda ketahui bahwa stock investment tergolong dalam investasi berisiko tinggi. Jenis investasi ini tidak cocok jika dilakukan dalam jangka pendek karena harganya yang sangat fluktuatif. Maka, lakukan dengan sabar dan dalam jangka panjang.

Kesabaran dan ketenangan adalah sikap yang perlu dimiliki oleh investor. Anda dapat mempelajarinya dari investor terkemuka dunia seperti Warren Buffet maupun investor lokal panutan Lo Kheng Hong.

Salah satu kunci sukses kedua investor legendaris tersebut adalah melakukannya dalam jangka panjang dan penuh kesabaran. Jangan terburu-buru panik dan menjual saham Anda jika harganya mengalami penurunan.

Ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya, yakni memilih emiten secara tepat. Pastikan agar selalu membeli saham dari emiten berfundamental baik dan berpotensi bertumbuh bisnisnya. 

Dengan begitu Anda tidak akan cepat panik jika harganya turun.

Karena pada dasarnya, penurunan maupun kenaikan harga saham adalah sesuatu yang sangat wajar. Fluktuasi harga (volatilitas) pada instrumen ini sangat tinggi, bahkan perubahannya dapat terjadi dalam hitungan menit. 


Jangan Lupa untuk Take Profit

Take profit adalah salah satu kunci sukses berinvestasi yang penting namun sering diabaikan. Saat ingin mencairkan keuntungan, Anda juga perlu mengetahui bagaimana strategi tepatnya. 


Setiap investor memiliki parameter sendiri-sendiri.

Terkadang ada investor yang take profit saat keuntungannya (gain) sudah mencapai persentase tertentu, 30% misalnya. Ada juga investor yang lebih memilih untuk mengambil profit dengan patokan waktu, misalnya dua atau tiga tahun.

Strategi kunci sukses investasi dengan take profit ini bisa disesuaikan berdasarkan preferensi masing-masing investor. Namun yang perlu diingat adalah jangan mengharapkan keuntungan terus-menerus tanpa henti dan bersikap serakah.

Sebagai contoh, Anda sudah memiliki keuntungan sebesar 30% dan berkeinginan untuk mendapatkan keuntungan sampai 50%. Ini bisa saja terjadi namun Anda juga perlu mempertimbangkan volatilitas harga saham yang naik turunnya tidak terduga.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda dapat mencairkan sebagian keuntungan. Keuntungan tersebut dapat dipakai untuk membeli saham kembali atau memenuhi hal lain sesuai tujuan investasi.

Investasi saham semakin diminati oleh berbagai kalangan. Karena risikonya besar, Anda patut berhati-hati dan tidak sembarangan dalam melakukannya. 

Dengan menerapkan tips di atas, kunci sukses investasi saham dan terhindar dari kerugian dapat tercapai.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru