Finansial

Daftar Saham Blue Chip 2021 Paling Update

Pretty Angelia Wuisan-

31 May 2021

Daftar Saham Blue Chip 2021 Paling Update

Saham yang masuk di Bursa Efek Indonesia (BEI) itu jumlahnya termasuk banyak. Di tahun ini ada sekitar total 700 perusahaan yang sudah melantai di pasar modal Indonesia dan hal itu akan terus bertambah. Untuk itulah BEI membuat berbagai macam daftar atau indeks saham untuk lebih dikenali oleh para investor.

Salah satunya adalah daftar saham blue chip 2021 atau lebih dikenal dengan sebutan LQ45. Indeks saham satu ini yang paling dikenali karena memiliki berbagai macam keunggulan. Itulah yang membuatnya paling diincar oleh para investor. Lalu, apa itu saham LQ45 dan perusahaan apa saja yang terdaftar di indek tersebut? Ini dia penjelasannya.


Baca juga: 9 Persiapan Sebelum Memulai Investasi


Apa itu saham blue chip atau LQ45?

Saham LQ45 atau saham kategori blue chip merupakan saham yang diandalkan dan diunggulkan di BEI. Saham-saham itu memiliki ciri khas seperti di bawah ini:

1. Perusahaan yang memiliki fundamental yang bagus

Tidak mudah mendirikan perusahaan dengan fundamental yang bagus. Selain dilihat dari kinerjanya yang selalu menghasilkan keuntungan, tidak dipungkiri bahwa yang sering masuk ke daftar saham LQ45 ini adalah perusahaan-perusahaan yang sudah lama berdiri.

Rata-rata sudah berdiri di Indonesia minimal 10 tahun. Semua perusahaan itu telah melewati berbagai macam krisis, tapi mampu bangkit kembali dikarenakan fundamentalnya memang sekokoh itu. 

Oleh karena itu, saham blue chip 2021 ini cocok untuk investasi saham jangka panjang karena diprediksi memiliki ketangguhan yang sama di masa yang akan datang.


2. Memiliki liabilitas dan aset yang seimbang

Untuk mencapai tujuannya, para perusahaan ini ada yang melakukan pinjaman di lembaga keuangan. Namun, perusahaan saham blue chip memiliki utang dan aset yang seimbang. Jika utangnya besar, maka asetnya juga besar sehingga utang bisa ditutup dengan aset. 

Lalu, mereka juga termasuk perusahaan yang mampu membayar utang sesuai prosedur dan jadwal.


3. Kapitalisasi pasar besar

Ciri khas dari perusahaan yang masuk indeks LQ45 adalah mereka memiliki kapitalisasi pasar yang besar. Rata-rata di atas Rp10 triliun. Angka tersebut tentu didapat bukan dari mendirikan perusahaan dalam semalam. Mereka juga adalah perusahaan yang menjadi pemimpin di sektornya masing-masing.

Jadi, tidak mengherankan apabila saham-saham LQ45 menjadi buruan investor dalam negeri dan investor asing. Investor pemula disarankan untuk memilih saham-saham unggulan ini untuk berinvestasi yang lebih aman.


4. Sering diperdagangkan

Saham-saham LQ45 sering diperdagangkan di BEI sehingga menjadi saham yang mudah ditukarkan dengan uang atau disebut sebagai saham likuid. 

   

5. Sering membagikan dividen untuk para investor

Hal yang menjadi ciri khas saham blue chip adalah perusahaan tersebut sering membagikan dividen dari keuntungan yang mereka dapatkan. Minimal dibagikan setahun sekali. Bahkan ada yang dua tahun sekali, tergantung dari besar keuntungan yang mereka dapatkan.

Saham blue chip ini memang memiliki kriteria yang rumit. Jadi, ada perusahaan yang bisa terdepak dari daftarnya, apabila memiliki performa yang buruk. Ada juga yang berhasil masuk ke dalam daftar karena setiap perusahaan memang punya potensi untuk selalu bertumbuh.

Oleh karena itu, untuk Anda yang berminat memiliki saham LQ45 disarankan untuk sering memantau berita karena biasanya daftar saham LQ45 bisa berubah-ubah. Namun, ada juga beberapa perusahaan yang sejak dulu tidak pernah bosan berada di dalam daftar unggulan tersebut.


Baca juga: Investasi yang Menguntungkan Penambah Cuan Tahun 2021


Daftar saham blue chip tahun 2021 paling update

Daftar saham yang masuk kategori blue chip di bawah ini diperbaharui bulan Februari kemarin dan akan berlaku sampai bulan Juli nanti. Setelah itu pihak Bursa Efek Indonesia akan memperbaharui daftar sahamnya kembali yang masuk kriteria saham LQ45 Indonesia. Inilah daftar perusahaan ada di dalam indeks LQ45 beserta kodenya.


1. Ace Hardware Indonesia = Saham ACES

2. Adaro Energy = Saham ADRO

3. AKR Corporindo = Saham AKRA

4. Aneka Tambang = Saham ANTM

5. Astra International = Saham ASII

6. Bank Central Asia = Saham BBCA

7. Bank Negara Indonesia = Saham BBNI

8. Bank Rakyat Indonesia = Saham BBRI.

9. Bank Tabungan Negara = Saham BBTN

10. Bank Mandiri = Saham BMRI 

11. Bumi Serpong Damai = Saham BSDE

12. Bank BTPN Syariah. = Saham BTPS

13. Charoen Pokphand Indonesia = Saham CPIN

14. Ciputra Development = Saham CTRA

15. Erajaya Swasembada = Saham ERAA

16. XL Axiata = Saham EXCL 

17. Gudang Garam = Saham GGRM

18. Hanjaya Mandala Sampoerna = Saham HMSP

19. Indofood CBP Sukses Makmur = Saham ICBP 

20. Vale Indonesia = Saham INCO

21. Indofood Sukses Makmur = Saham INDF

22. Indah Kiat Pulp & Paper = Saham INKP

23. Indocement Tunggal Prakarsa = Saham INTP

24. Indo Tambangraya Megah = Saham ITMG 

25. Japfa Comfeed Indonesia = Saham JPFA

26. Jasa Marga  = Saham JSMR

27. Kalbe Farma = Saham KLBF

28. Merdeka Copper Gold = Saham MDKA

29. Medco Energi Internasional = Saham MEDC

30. Mitra Keluarga Karyasehat = Saham MIKA

31. Media Nusantara Citra = Saham MNCN 

32. Perusahaan Gas Negara = Saham PGAS

33. Bukit Asam = Saham PTBA  

34. PT PP = Saham PTPP

35. Pakuwon Jati = Saham PWON

36. Semen Indonesia = Saham SMGR

37. Summarecon Agung = Saham SMRA

38. Tower Bersama Infrastructure = Saham TBIG

39. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia = Saham TKIM

40. Telkom Indonesia = Saham TLKM

41. Sarana Menara Nusantara = Saham TOWR

42. Chandra Asri Petrochemical = Saham TPIA

43. United Tractors = Saham UNTR

44. Unilever Indonesia = Saham UNVR

45. Wijaya Karya = Saham WIKA


Berinvestasi di Modal Rakyat Termasuk Menguntungkan

Anda punya alternatif berinvestasi lain, yaitu di P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp100.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 25% setiap tahunnya. Berinvestasi di Modal Rakyat termasuk terpercaya dan aman karena kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru