Bisnis

Gaya Hidup

Langkah Jitu Mendapatkan Uang Dari Hobi Menulis

Paskalia-

10 Sep 2019

Langkah Jitu Mendapatkan Uang Dari Hobi Menulis

Mendapatkan uang dari hobi adalah hal yang sangat mungkin apabila Anda menekuninya dengan serius. Salah satu hobi yang bisa Anda tekuni secara profesional adalah menulis. Anda bisa menjadi penulis apa saja mulai dari penulis novel, penulis skenario film atau drama, penulis berita, dan profesi yang sekarang banyak digeluti adalah penulis blog.

Di sini kita akan membahas langkah jitu untuk mendapatkan uang dari hobi menulis blog.


Cara mendapatkan uang dari hobi menulis blog

Langsung action adalah langkah yang tepat ketika Anda ingin mendapatkan uang dari hobi menulis blog. Caranya yaitu:


1. Membuat blog

Cara mendapatkan uang dari hobi menulis yang pertama adalah membuat blog dengan memilih platform yang dapat memudahkan Anda untuk beraktivitas. Membuat blog saat ini sangat mudah karena tersedia berbagai macam platform blog dari yang gratis hingga yang berbayar.

Untuk cara membuat blog, Anda dapat mencarinya di internet. Ada banyak tutorial yang dapat diikuti dengan mudah.


Baca juga: Ide Bisnis Sampingan Unik dan Kreatif, Omzet Sampai Meroket


2. Memilih platform penyedia blog

Jika Anda baru pertama kali menulis blog, pilihlah platform blog yang mudah dioperasikan. Tidak masalah belajar perlahan terlebih dahulu. Mendapatkan uang dari hobi akan tetap menyenangkan tanpa dilakukan terburu-buru. Platform blog yang dapat Anda pilih adalah WordPress dan Blogspot karena keduanya bisa digunakan secara gratis.

WordPress dan Blogspot memiliki kelebihan masing-masing. Blogspot memiliki kustomisasi layout yang bebas, mudah dioperasikan, dan memiliki widget serta tombol yang mudah dinavigasi.

Sedangkan WordPress memiliki keunggulan dari kebebasan memilih tema sesuai kebutuhan, modifikasi secara bebas karena bentuknya yang open source, keamanan aktivitas, dan mudah diakses.


3. Membuat nama domain

Memberi nama domain atau alamat blog sangat penting dilakukan. Nama blog ini akan menjadi rumah bagi konten yang Anda buat di blog. Membuat nama blog harus disesuaikan dengan konten blog yang akan dibuat, sehingga akan menjadi ciri khas dan identitas Anda sebagai penulis.

Jika nama domain telah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi. Jika Anda menggunakan WordPress maka dapat menambahkan Search Engine Optimizer (SEO) sehingga artikel yang ditulis dalam blog akan terdeteksi oleh mesin pencari dan mendapat rating penulisan di konfigurasi SEO dengan menggunakan kata kunci.


4. Desain blog

Langkah jitu mendapatkan uang dari hobi menulis blog berikutnya adalah mempercantik blog dengan desain sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan. Buatlah desain yang dapat menarik perhatian pengunjung dan membuat mereka nyaman. 

Anda dapat mengubah tema dengan template yang telah disediakan oleh platform atau menggunakan yang berbayar. Keunggulan menggunakan yang berbayar adalah lebih mudah dideteksi oleh mesin pencari, mobile browser ataupun desktop.


5. Isi konten

Langkah jitu mendapatkan uang dari hobi menulis blog yang tidak kalah penting adalah buatlah konten yang menarik dan memberi manfaat bagi pengunjung. Kualitas tulisan dapat terus ditingkatkan dengan mencari ide tulisan yang sesuai niche blog atau mengikuti hot topic.

Pastikan untuk selalu memberikan informasi yang valid dan benar-benar karya sendiri. Sehingga, pengunjung akan merasa puas dan akan memberikan feedback yang positif terhadap blog.


6. Mencari pengunjung

Salah satu PR bagi para blogger adalah mencari pengunjung. Buatlah tulisan berdasarkan riset kecil-kecilan agar dapat memenuhi kebutuhan dari target pembaca.

Jika telah berhasil menemukan tulisan yang disesuaikan dengan target pembaca, maka mudah untuk mencari “kolam” untuk ditarik ke blog Anda.


7. Bangun interaksi

Tugas Anda bukan hanya mencari ide tulisan dan target pembaca, tapi harus membangun interaksi aktif dengan para pengunjung. Salah satu langkah yang dapat diupayakan adalah menjalin hubungan bersama komunitas blogger.

Promosi tulisan di akun media sosial juga dapat dilakukan agar menarik perhatian dan mengajak calon pembaca untuk berkunjung ke blog Anda. Namun, Anda juga harus rajin melakukan blogwalking agar hubungan timbal balik yang positif dapat terjalin, dan berdampak baik pada trafik blog Anda di kemudian hari.


Baca juga: Yuk, Jadi Milenial Cerdas Finansial Biar Makmur Sampai Tua!


8. Sumber penghasilan untuk blog

Blog yang dapat menghasilkan uang dapat berasal dari beberapa sumber, diantaranya:

  • Iklan. Semakin tinggi trafik blog maka semakin besar penghasilan Anda.
  • Pendapatan dari afiliasi. Kesepakatan dibuat karena konten yang ditulis akan mengarah ke situs pemilik afiliasi tersebut. 
  • Event. Cara ini cukup efektif untuk mengundang pengunjung melakukan interaksi di blog. Anda dapat mengundang sponsor atau membuat formula event berbayar yang akan meramaikan blog.
  • Recurring income. Artinya Anda dapat membuat keanggotaan program yang berbayar sehingga mereka dapat mengakses konten khusus dalam blog. Konten yang dimaksud tentu saja yang berkelas premium. 
  • Menawarkan layanan atau jasa. Cara ini dapat dilakukan sebagai media yang memberikan informasi terhadap pengunjung. Fee yang akan didapat tentu menambah pemasukan dari blog.
  • Menjual produk. Menawarkan barang yang sesuai dengan niche akan lebih efektif, karena Anda akan memiliki pengunjung setia sesuai dengan konten. 


9. Optimasi blog dengan Google Adsense

Salah satu platform gratis yang dapat mendatangkan iklan di blog adalah dengan memasang Google Adsense. Langkah jitu mendapatkan uang dari hobi menulis blog ini akan membuat Anda jadi lebih profesional. Prosesnya transparan, mekanisme pencairan fee yang mudah dan tepat waktu, menjadi keunggulan Google Adsense. Adapun cara optimasinya adalah sebagai berikut:


a. Tentukan niche blog

Niche sebuah blog akan menjadi identitas tulisan yang Anda tampilkan di blog. Tips untuk memilih niche blog adalah memilih topik yang sesuai passion atau hobi, yang dikuasai, dan niche populer.


b. Buat konten yang bermanfaat dan berkualitas

Buatlah tulisan dengan menyajikan informasi yang akurat, berkualitas dan memberikan manfaat. Kondisi pembaca yang kritis akan dapat menilai kualitas tulisan Anda.


c. Daftar Google Adsense

Setelah blog mulai terisi dengan konsisten, dan ada interaksi aktif dengan para pengunjung, Anda dapat mendaftarkan blog ke Google Adsense.


d. Verifikasi PIN Google Adsense

Setelah iklan berhasil dipasang di akun blog, dan nilainya sudah mencapai USD10, Google akan mengirimkan kode PIN verifikasi. Verifikasi dilakukan untuk memudahkan pencairan uang yang dihasilkan dari penyimpanan iklan di blog.


e. Optimasi penayangan iklan

Ini merupakan kegiatan menata tampilan blog yang disesuaikan dengan kehadiran iklan. Anda dapat melakukan perubahan dari posisi letak iklan, ukuran iklan, serta sisi warna link iklan.

Untuk optimasi blog menggunakan Google Adsense ini akan menerima penghasilan di bulan keenam. Kunci utamanya adalah konsisten menulis dengan menjaga kualitas tulisan. Ketika konsisten menulis, maka mesin pencari akan mendeteksi bahwa blog Anda aktif. Apalagi jika banyak pengunjung yang singgah dan meninggalkan jejak. 


Itulah langkah jitu mendapatkan uang dari hobi menulis di blog yang sangat bisa Anda coba. Anda perlu melakukan profesi ini dengan tekun dan konsisten. Suatu hari penghasilan yang Anda dapatkan dari hobi ini pun akan tidak terbayangkan. 


Baca juga: Ide Bisnis Terbaik Bagi Fresh Graduate Untuk Mengasah Passion


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru