Bisnis

Ide Bisnis Sampingan Unik dan Kreatif, Omzet Siap Meroket

Kabrina Rian Ferdiani-

22 Jul 2020

Ide Bisnis Sampingan Unik dan Kreatif, Omzet Siap Meroket

Bisnis sampingan merupakan pilihan paling tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan di tengah kondisi finansial yang tidak stabil. Banyak ide kreatif yang bisa dijadikan sebagai bisnis di rumah, terutama saat pandemi. Pembatasan wilayah membuat banyak karyawan yang kehilangan pekerjaannya, sehingga harus berputar otak untuk tetap berpenghasilan.

Teknologi bisa dimanfaatkan untuk menciptakan sesuatu yang menguntungkan. Tidak sedikit pengusaha sukses yang mengawali langkahnya dari bisnis rumahan. Membangun bisnis membutuhkan ide yang kreatif dan matang, agar bisa diterima oleh konsumen dengan mudah.

Kebutuhan yang semakin kompleks memberikan peluang besar untuk membangun bisnis. Saat ini konsumen lebih menyukai belanja online untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, bisnis sampingan sangat berpeluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa kehilangan pekerjaan utama Anda.


Baca juga: 4 Cara Menangani dan Mengatasi Rasa Takut akan Penolakan


Peluang Bisnis Franchise yang Menjanjikan  

Franchise merupakan usaha yang sangat populer dan tren, dengan omzet yang menjanjikan. Bisnis ini dilakukan dengan metode mendistribusikan lisensi dagang yang sudah terkenal. Franchise mempunyai ketentuan khusus antara pemilik brand dengan pelaku bisnis tersebut. Pelaku bisnis ini akan membayar biaya kepada pemilik brand sesuai kesepakatan.

Bisnis sampingan ini mempunyai dua pilihan, yaitu format bisnis dan merek dagang. Anda bisa menggabungkan keduanya agar saling melengkapi dan mudah dalam menjalankannya. Persiapan yang matang menjadi poin penting dalam menjalankan bisnis ini. Terutama dalam menentukan lokasi yang sesuai dan strategis agar mudah dijangkau oleh konsumen.

Selain lokasi untuk bisnis sampingan, Anda juga harus melakukan marketing yang baik melalui media sosial. Jangan lupa untuk mencari informasi mengenai brand populer yang banyak diminati konsumen, baik itu produk makanan maupun minuman. Hal ini sangat penting untuk mengembangkan bisnis lebih luas dan disukai semua kalangan. 

Anda bisa memulai bisnis franchise sesuai minat dan keahlian. Dengan skill tersebut, Anda bisa membangun bisnis yang sukses dan sejalan dengan rencana. Bisnis sampingan franchise bisa dikembangkan lebih luas seiring berjalannya waktu, melalui manajemen yang baik dan terorganisasi.


Peluang Bisnis Frozen Food 

Frozen food merupakan inovasi bisnis makanan yang diproses dengan cara dibekukan, sehingga bisa lebih awet dan bertahan lama. Di tengah keadaan saat ini, frozen food menjadi bisnis sampingan yang menjanjikan. Apalagi dengan adanya pembatasan aktivitas di luar, termasuk dalam mencari makanan.

Dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi, bisnis makanan bisa dikemas menjadi frozen food atau makanan beku. Bisnis ini sangat disukai konsumen karena lebih praktis dan tahan lama. Bisnis frozen food memiliki peluang yang tinggi, terutama bagi generasi milenial yang lebih menyukai sesuatu yang instan.

Dalam menjalankan bisnis sampingan ini, pastikan makanan tetap sehat dan layak konsumsi. Buat kemasan yang menarik disertai dengan informasi gizi, komposisi, dan tanggal kadaluarsa. Dengan kemasan tersebut, produk frozen food Anda terlihat berkualitas dan diminati oleh konsumen.


Baca juga: Sebelum Memulai Bisnis Sampingan, Perhatikan ini


Buka Bisnis Catering Makanan

Aktivitas yang padat sering kali membuat seseorang tidak sempat untuk memasak atau membeli makanan. Kondisi tersebut bisa dimanfaatkan untuk membangun bisnis catering makanan secara online. Catering sangat membantu mereka yang tidak bisa mencari tempat makan karena sibuk, terutama karyawan kantor.

Catering makanan merupakan bisnis sampingan yang menjanjikan dan berpotensi tinggi. Semua orang membutuhkan asupan makanan yang sehat setiap hari. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk menawarkan catering tersebut. Dengan adanya bisnis ini, para karyawan bisa menikmati makanan dengan mudah dan cepat.

Selain tercipta hubungan yang saling menguntungkan, bisnis catering juga bisa dikembangkan lebih besar. Omzet yang dihasilkan bahkan bisa melebihi penghasilan bulanan. Anda juga bisa membuka peluang kerja bagi orang lain untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia.


Jasa Laundry Kiloan

Selain menawarkan produk atau barang, Anda juga menawarkan jasa yang banyak dibutuhkan oleh konsumen. Jasa laundry merupakan salah satu bisnis sampingan yang sangat populer dan menjanjikan. Anda bisa memulainya dalam skala kecil, dengan memanfaatkan mesin cuci di rumah tanpa harus membeli yang baru.

Setelah bisnis berjalan lancar, Anda bisa mengembangkannya lebih luas dengan membuka cabang. Jasa laundry selalu dibutuhkan setiap hari, karena memang pakaian harus diganti dan dibersihkan secara teratur. Bisnis ini sangat strategis di lokasi perkantoran atau universitas dengan tingkat aktivitas yang tinggi.

Jasa laundry bisa dilakukan di depan atau samping rumah sebagai bisnis sampingan. Anda tidak harus mempunyai skill khusus untuk melakukannya, cukup alat dan bahan serta lokasi yang dibutuhkan. Bisnis laundry juga sangat fleksibel untuk dijalankan oleh siapa saja, dengan penghasilan yang memuaskan.


Jasa Jahit Pakaian Sampingan

Jika memiliki skill menjahit, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka jasa jahit pakaian di rumah sebagai bisnis sampingan. Seiring penggunaan dan berjalannya waktu, pakaian pasti mengalami robek atau rusak sehingga membutuhkan jasa jahit. Hanya dengan mengandalkan skill saja, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. 

Tidak semua orang bisa menjahit pakaian, karena membutuhkan skill dan konsentrasi yang tinggi. Menjahit juga membutuhkan kursus untuk belajar membuat dan mendesain pakaian. Tidak heran jika bisnis sampingan ini sangat menjanjikan dan bisa dikembangkan menjadi lebih besar.

Selain menjahit pakaian, Anda juga bisa membuat masker kain yang saat ini sangat dibutuhkan. Masker kain bisa menjadi alternatif untuk mencegah penyebaran virus sekaligus lebih ekonomis. Sehingga permintaan masker kain terus melonjak seiring penyebaran virus yang mengalami penurunan.

Pandemi virus tidak menutup kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa memanfaatkan media sosial dan smartphone untuk membangun bisnis yang menjanjikan. Anda bisa belajar berinvestasi untuk masa depan yang lebih cerah dengan melalui bisnis sampingan.


Baca juga: Ingin Ajukan Pinjaman Modal Tanpa Masalah? Perhatikan Hal Ini

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru