Bisnis

Ragu Bikin Usaha Rumahan? Ini Manfaat dan Cara Memulainya

Pretty Angelia Wuisan-

05 May 2021

Ragu Bikin Usaha Rumahan? Ini Manfaat dan Cara Memulainya

Usaha rumahan sebenarnya sudah lama menjadi bisnis yang difavoritkan masyarakat karena berbagai kelebihan yang dimilikinya. Terlebih selama masa pandemi ini, orang-orang memanfaatkan waktu luang mereka untuk berbisnis juga dari rumah. Penghasilan mereka tentu saja jadi bertambah.

Bisnis ini bisa dipraktikkan oleh siapa saja, mulai dari ibu rumah tangga, pekerja kantoran yang sedang bekerja dari rumah, mahasiswa yang sedang bersekolah dari rumah, pokoknya semuanya. 


Baca juga: 5 Peluang Bisnis Untuk yang Jago Bahasa Inggris 


Manfaat dari usaha rumahan

Dalam menjalankan bisnis usaha rumahan, Anda akan menemukan berbagai manfaat yang bisa didapatkan selain tentunya penghasilan Anda bertambah. Apalagi peluang usaha rumahan ini cukup besar. Seperti ini manfaat dari usaha yang dilakukan dari rumah ketika Anda menjalaninya dengan serius.


1. Bisa dimulai dari modal yang kecil

Untuk membuka usaha rumahan, Anda sangat mungkin memulainya dari jumlah modal yang kecil. Usaha ini memang cocok untuk Anda yang masih pemula dalam berbisnis. Anda tidak perlu khawatir dalam mendapatkan dana karena dari tabungan Anda pun biasanya pun sudah cukup.

Banyak sekali usaha besar yang dimulai dari yang kecil karena dijalankan begitu rapi dan terencana. Anda jangan berkecil hati ketika baru bisa membuka usaha kecil-kecilan. Justru hal ini menjadi peluang bagus untuk Anda yang sudah berani memulai dengan modal kecil.

Dari bisnis kecil ini, Anda pasti akan banyak belajar tentang bisnis yang begitu kompleks. Lalu, setelah konsisten melakukannya tanpa henti, Anda pasti bisa membangun usaha Anda jadi lebih besar lagi suatu saat nanti.


2. Tidak perlu memikirkan lokasi usaha

Namanya saja usaha rumahan, jadi Anda tidak perlu menyewa tempat lagi. Semuanya bisa dilakukan di rumah Anda. Anda hanya membutuhkan penyesuaian saja, di bagian rumah mana yang akan Anda andalkan untuk mengeksekusi kegiatan Anda itu. 

Hal itu tentu akan membuat Anda tidak mengeluarkan biaya sama sekali untuk lokasi usaha. Jika menyewa di lokasi yang lain, tentu membutuhkan biaya tambahan yang sebenarnya bisa Anda alokasikan untuk biaya produksi. Menyewa lokasi pun harus dipikirkan dengan matang.

Bisnis pertama ini cukup Anda lakukan saja dari rumah. Ketika Anda sudah memiliki modal yang cukup, barulah Anda menyewa tempat lain yang lebih besar.


3. Usaha kecil, tapi Anda yang tetap jadi bosnya

Untuk Anda yang tidak suka diperintah atau memang sejak dulu ingin menjadi bos, memiliki 

usaha rumahan adalah jalan yang tepat untuk Anda. Anda yang mengatur usaha ini. Semua kegiatan berbisnis diproses dari keputusan-keputusan Anda. Anda yang mengeksekusi rencana-rencana Anda sendiri. Tentu saja hal itu adalah hal yang sangat keren.

Menjadi bos memang awalnya tidak mudah karena banyak sekali yang Anda harus urus. Namun, dari sinilah Anda ditempa menjadi seorang pebisnis yang handal. Jadikan kesempatan ini untuk merasakan pengalaman berbisnis yang tidak terlupakan.


4. Waktu yang lebih fleksibel

Memiliki usaha di rumah membuat Anda tidak terikat waktu. Untuk Anda yang tidak senang dengan waktu kerja monoton, seperti yang dimulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore, usaha ini sangat cocok untuk Anda.Kapan waktunya Anda membuka usaha, itu terserah Anda. Untuk menentukan waktu tutup usahanya pun itu tergantung dari Anda. Anda tentu akan lebih senang bekerja tanpa ikatan waktu yang sudah ditetapkan oleh orang lain atau perusahaan.

Ajaibnya lagi, Anda akan lebih mampu memanajemen waktu dengan baik. Bagi seorang pebisnis, waktu sama berharganya dengan uang yang Anda miliki. Pasti Anda akan memanfaatkan waktu yang ada sebaik-baiknya untuk terus mengembangkan bisnis Anda ini.


5. Menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda

Tidak perlu kaget jika usaha yang dilakukan di rumah ini bisa menghasilkan omzet ratusan juta setiap bulannya. Hal itu karena Anda berhasil melakukannya dengan baik. Lalu, Anda juga menjalankan bisnis yang tepat untuk Anda.

Keuntungan dari usaha rumahan memang sangat menggiurkan. Namun, tentu ada usaha besar yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Oleh karena itu, usaha ini sangat disarankan dijalankan dengan sungguh-sungguh dan jujur. 

Hanya diniatkan untuk meraih keuntungan. Jangan pernah Anda mencoba menipu orang lain karena hasilnya pun akan berbalik ke Anda sendiri.


6. Melatih Anda untuk bisa melakukan apa saja

Menjadi pebisnis mengharuskan Anda untuk bisa apa saja. Anda harus mampu melakukan negosiasi pada rekan bisnis, harus bisa presentasi, harus mengerti tentang laporan keuangan, harus ikut andil juga dalam melakukan promosi.

Memang awalnya akan menguras banyak tenaga Anda, tapi percayalah, Anda akan bisa melakukan semua hal itu tanpa Anda sadari. Anda pun semakin menjadi manusia yang berkualitas. Berdiri sendiri, bahkan mampu juga untuk membantu orang lain.


7. Membuka lapangan kerja untuk orang lain

Usaha rumahan ini sebenarnya bisa saja Anda lakukan sendiri, tapi jika Anda ingin mempekerjakan orang lain itu sangat dianjurkan. Anda dapat memulainya dari orang di sekitar Anda yang membutuhkan pekerjaan, misalnya saudara, tetangga, atau teman dekat. 

Walaupun mereka orang terdekat Anda, Anda tetap harus membayar jasa mereka dengan layak. Usaha kecil-kecilan pun bisa memberdayakan orang lain yang membutuhkan. Jadi, tidak hanya bekerja untuk kepentingan pribadi, Anda juga bekerja demi orang lain yang membutuhkan uluran tangan Anda.


Baca juga: 3 Bisnis Online Bisa Jadi Alternatif Menambah Penghasilan


Cara memulai usaha rumahan

Anda yang masih baru dalam memulai usaha rumahan, pasti bingung bagaimana cara memulai suatu bisnis. Jangan khawatir. Anda bisa mengikuti cara-cara memulai usaha rumahan yang mudah berikut ini.


1. Mulai dari yang Anda sukai

Anda pasti kebingungan mencari ide bisnis. Rasa-rasanya semua ide bisnis sudah diambil. Anda jadi tidak tahu bisnis yang unik dan berbeda dari yang lainnya itu seperti apa. Padahal kuncinya bukan ada di luar, tapi ada pada Anda sendiri.

Anda sebaiknya memulai bisnis dari hal yang Anda sukai. Jika Anda suka memasak, Anda bisa membuka bisnis kuliner. Jika Anda suka fashion, Anda bisa membuka bisnis menjual baju. Jika Anda senang berdandan, Anda bisa membuka bisnis salon rumahan.

Memulai bisnis dari yang Anda sukai, akan sangat menguntungkan untuk Anda. Anda pasti akan enjoy terus melakukannya. Lalu, Anda tidak akan ragu untuk terus mengembangkan bisnis itu, walaupun di luar sana tantangannya begitu banyak.


2. Tulis secara rinci dana yang dibutuhkan

Anda perlu menulis secara rinci modal yang Anda butuhkan. Hal ini perlu Anda lakukan setelah Anda sudah memiliki modal. Tujuannya adalah agar modal digunakan tepat sasaran dan cukup untuk kegiatan pertama berbisnis Anda.

Anda bisa mencatatnya lewat komputer karena dengan begitu data mengenai modal Anda bisa terekam dengan baik. Intinya modal yang sudah tersedia jangan digunakan secara asal-asalan. Pastikan bahan-bahan yang ingin Anda beli itu memang benar-benar Anda butuhkan untuk berbisnis. 


3. Tentukan target pasar Anda

Anda yang menentukan siapa yang seharusnya membeli produk yang Anda tawarkan. Semakin spesifik target pasarnya, maka akan semakin baik. Misalnya, Anda ingin membuat usaha sepatu khusus wanita kantoran. Maka, Anda mencatat target pasar dari jenis kelamin, umur, lokasi, hingga pekerjaan mereka.

Dari target pasar ini, Anda nanti akan lebih mudah melakukan promosi yang tepat sasaran. Anda tidak perlu mengenal calon pembeli Anda, tapi Anda perlu tahu siapa mereka dari pembagian demografi yang Anda lakukan sendiri.


4. Lakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial 

Setelah itu, Anda bisa merencanakan promosi yang ingin Anda lakukan. Untuk bisnis pertama ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi. Media sosial dapat dimanfaatkan untuk promosi gratis dan berbayar. Untuk yang berbayar, Anda bisa menentukannya sesuai budget.

Selain media sosial, Anda juga bisa berpromosi melalui orang-orang terdekat Anda. Setelah Anda punya modal yang cukup, Anda dapat memanfaatkan endorse yang juga bisa menjadi promosi yang efektif untuk bisnis Anda.


6. Jika sudah siap, langsung eksekusi

Bisnis yang paling efektif adalah bisnis yang dieksekusi. Jika bisnis hanya dalam bentuk rencana, jadinya hanya rencana, hasilnya pun tetap nihil. Anda akan tahu berhasil  atau tidaknya rencana bisnis Anda dengan langsung melakukannya.

Untuk yang pertama, mungkin Anda harus beradaptasi terlebih dahulu dan tanpa sengaja melakukan banyak kesalahan. Namun, jangan berkecil hati, Anda dapat menjadikan kesalahan-kesalahan itu sebagai pelajaran untuk tidak melakukannya lagi di kemudian hari.


7. Tidak perlu terburu-buru

Intinya adalah Anda tidak perlu terburu-buru untuk langsung berhasil di bisnis pertama. Anda mungkin akan kewalahan, tapi seiring waktu, Anda akan menemukan ritme kerja Anda. Jika tidak langsung mendapatkan keuntungan, jangan kecewa, Anda masih bisa memperbaikinya lagi nanti.

Usaha ini walaupun kecil memang harus dilakukan secara perlahan agar Anda pun terbiasa melakukannya. Dengan melakukannya secara perlahan, Anda pasti akan meresap semua hal yang harus Anda pelajari ke depannya untuk membuat bisnis Anda jadi lebih baik lagi.


8. Butuh tambahan modal? Hal itu sangat bisa diusahakan

Untuk Anda yang membutuhkan modal tambahan, Anda bisa memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan oleh P2P Lending Modal Rakyat. Seperti ini berbagai macam kemudahan yang ditawarkannya:

  • Pengajuan pinjaman bisa dilakukan secara online, sehingga tidak rumit sama sekali.
  • Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp500.000 sampai Rp2 Miliar, sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.
  • Ada beberapa pilihan pinjaman di Modal Rakyat yang sesuai dengan tujuan Anda. Mulai dari, pinjaman untuk UKM, Mikro, dan Multiguna.
  • Proses pengajuan pinjaman berlangsung cepat, begitu juga pencairan dananya.


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru