Bisnis

Finansial

3 Manfaat Menjadi Investor di Bursa Efek Indonesia

Muhammad Lutfi Khoiri-

23 Feb 2022

3 Manfaat Menjadi Investor di Bursa Efek Indonesia

Anda ingin memiliki passive income? Menjadi investor adalah salah satu cara yang bisa dicoba. Manfaat menjadi investor di Bursa Efek Indonesia sangat banyak dan menjanjikan. Saat Anda menjadi investor, uang akan mengalir tanpa perlu pusing memikirkan cara mengelolanya. 

Dengan menjadi investor Anda memiliki menciptakan passive income sendiri. Pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan mengenai 3 manfaat saat menjadi investor saham di Bursa Efek Indonesia.


Baca Juga :  Pengertian Pasar Modal dan Unsur-Unsur di Dalamnya


Manfaat Saat Menjadi Investor di Bursa Efek Indonesia (BEI) 

Ketika Anda telah menjadi investor di salah satu perusahan pastinya akan mendapatkan keuntungan. Untuk besaran keuntungan sendiri akan disesuaikan dengan kondisi pasar modal Indonesia. 

Keuntungan yang didapatkan bisa menjadi passive income hidup Anda. Namun, untuk mencapai nilai passive income yang besar. Anda harus juga memiliki jumlah saham yang besar pula. 

Dengan memiliki saham Anda bisa mendapatkan sejumlah manfaat yang menguntungkan. DIsini akan disebutkan 3 manfaat investasi bagi masyarakat yang sudah memiliki saham dari emiten tertentu. 

  • Capital Gain
  • Dividen
  • Saham Bonus

1. Capital Gain

Capital Gain adalah selisih yang terjadi dari harga beli dengan harga jual. Kondisi ini biasanya dipengaruhi beberapa faktor seperti performa perusahaan, citra perusahaan, hingga kondisi pasar modal tanah air. 

Besaran selisih yang terjadi bisa juga sebagai cara menghitung keuntungan saham yang dimiliki. Intinya saat harga jual lebih tinggi daripada harga beli berarti untung dan sebaliknya. 

Para investor akan memiliki rencana untuk menjual saham dengan harga tertinggi. Kebiasan yang satu menjadi lumrah bagi kalangan investor karena tujuannya adalah memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. 

Untuk mencapai keuntungan yang besar biasanya investor akan menggunakan beberapa teknik analisis saham seperti fundamental dan teknikal. Kedua analisa saham ini adalah ilmu dasar yang harus dimiliki oleh para investor di tanah air. 

2. Dividen

Selanjutnya, manfaat yang diperoleh investor adalah dividen. Ini merupakan bentuk keuntungan perusahaan yang dibagikan oleh perusahaan kepada pemegang saham.

Banyak orang yang salah kaprah tentang berapa keuntungan saham. Kebanyakan orang menganggap bahwa keuntungan saham hanya berasal dari transaksi jual-beli semata. Mereka belum sepenuhnya mengenal sistem dividen.

Pada faktanya mereka yang menjadi pemegang saham dari suatu perusahaan akan bisa juga mendapatkan keuntungan berlebih. Akan tetapi, besaran keuntungan saham di setiap perusahaan perusahaan akan berbeda-beda.

Besaran keuntungan saham akan ditentukan dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Ketika semua pemegang saham mayoritas sepakat, maka perusahaan akan membagikan dividen kepada investor. 

Sebagai catatan, tidak semua perusahaan membagikan dividen kepada investor.  Jika Anda ingin berinvestasi pada perusahaan yang membagikan dividen, pilihlah perusahaan besar yang sudah kuat dari segi keuangannya. 

3. Saham Bonus

Saham bonus adalah manfaat lainnya yang bisa Anda perlu saat menjadi investor saham. Akan tetapi, tidak semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia memberikan saham bonus kepada pemegang saham. 

Saham yang dibagikan adalah nilai dari selisih yang terjadi antara harga jual dengan harga penawaran perdana ke publik (disebut juga dengan agio).  Untuk mendapatkan saham bonus, Anda harus memilih dan memilah perusahaan. Adanya saham bonus ini akan menjadi daya tarik bagi investor dalam menentukan saham yang dibeli. 


Baca juga: Macam-macam Jenis Saham yang Diperdagangkan


Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat saat menjadi investor di Bursa Efek Indonesia (BEI). Anda bisa mulai menyisihkan penghasilan untuk dijadikan sarana investasi, mulai dari nominal terkecil yaitu Rp 100.000. Ketika Anda sudah terdaftar sebagai investor akan bisa langsung merasakan manfaatnya dari investasi saham.

Selamat menciptakan passive income, ya!


Berniat Meningkatkan Penghasilan? Anda Bisa Memulai Dengan Menjadi Pendana di Modal Rakyat!

Jika Anda memiliki niat meningkatkan penghasilan tanpa perlu pusing, bisa dengan cara menjadi pendana di Modal Rakyat.

Pada platform yang satu ini Anda bisa memilih tempat tujuan uang yang diinvestasikan. Anda juga bisa mengetahui kondisi keuangan dari calon peminjam agar keuntungan yang diperoleh sesuai dengan harapan

Minimum modal yang bisa Anda investasikan bisa dari Rp.25.000 dengan potensi keuntungan 18% per tahun. Sangat Menarik, bukan? Anda juga memanfaatkan asuransi sebagai cara melindungi dana yang dipinjamkan di Modal Rakyat.

Modal Rakyat adalah salah satu pilihan P2P lending di Indonesia. Layanan yang satu ini yang bisa dipercaya karena sudah memiliki izin secara legal dari OJK.

Untuk menambah keuntungan yang diperoleh Anda bisa memanfaatkan promo BLOG 25 saat top up dana pinjaman, Anda nantinya akan mendapatkan tambahan dana sebesar Rp25.000 secara langsung.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru