Bisnis

Manfaat Pembiayaan Anjak Piutang untuk Bisnis Anda

Kabrina Rian Ferdiani-

01 Jul 2021

Manfaat Pembiayaan Anjak Piutang untuk Bisnis Anda

Peran anjak piutang sekarang ini sangat penting sekali demi membantu mengelola cash flow sebuah usaha agar semakin lancar dan berkembang. Karena untuk melakukannya butuh kreativitas tinggi dalam mengelola cash management.

Setidaknya Anda harus lebih kreatif dalam mencari sumber dana pemasukan serta bisa menggunakannya dengan baik. Maka dari itu solusinya adalah dengan memanfaatkan peran dari pinjaman dana untuk menjalankan sebuah bisnis.

Tentunya ada banyak manfaat yang bisa diterima ketika menggunakan bantuan pinjaman dana untuk menjalankan sebuah bisnis. Maka dari itu berikut kami jelaskan beberapa manfaat dari pembiayaan tersebut di bawah ini.


Baca juga: Dynamic Pricing adalah Rahasia Sukses E-Commerce, Mengapa?


1. Pinjaman Dana Membuat Cash Flow Lancar

Salah satu keuntungan menggunakan dana pinjaman untuk berbisnis adalah bisa membuat aliran kas perusahaan semakin lancar. Umumnya pelaku bisnis membutuhkan layanan factoring karena perusahaan sedang butuh biaya operasional.

Namun sayangnya tidak semua pelaku bisnis memiliki sumber daya yang cukup sehingga membutuhkan anjak piutang untuk biaya operasional. Untuk mendapatkan pinjaman tersebut, dibutuhkan sebuah jaminan agar pengajuannya segera diproses.

Pada dasarnya fasilitas factoring itu yang menjadi jaminan pembiayaan yaitu piutang Anda. Jadi investor memberi uang namun bukan keseluruhan jumlah piutangnya. Setea=kag itu penagihannya dilakukan ke customer.

Dari sinilah proses hutang mulai berjalan. Saat pengajuan anjak piutang disetujui, maka peminjam bisa mendapatkan kemudahan untuk mengembangkan bisnisnya karena aliran dananya lancar. Sehingga operasional perusahaan menjadi aman.

Disamping itu keuntungan dari proses pinjaman ini bagi pemberi pinjaman adalah bisa mendapat fee atas layanan penagihannya tersebut. Sementara itu untuk pihak yang melakukan transaksi bisa mendapat keuntungan secara finansial.

Dalam hal ini, pihak pemberi pinjaman akan memberi bantuan dana dalam berbagai jenis. Misalnya saja dengan memberikan bantuan keuangan sepenuhnya kepada nasabah sampai layanan penagihan sekaligus.

Umumnya cara penagihan kepada nasabah itu disesuaikan dengan fasilitas factoring. Jadi Anda dapat memilih jenis pembiayaan sesuai dengan kemampuan finansialnya dalam membayar pinjaman sampai lunas.

Yang pasti untuk mendapatkan manfaatnya, perhatikan kemampuan finansial dengan baik saat melakukan pelunasan hutang tersebut. Sehingga Anda bisa memenuhi kebutuhan demi kelancaran bisnis yang sedang dijalankan.


2. Proses Pencairan Anjak Piutang Cepat

Tidak dapat dipungkiri bila pada dasarnya proses pengajuan serta pencairannya sangat cepat. Jadi tidak harus menunggu hingga berminggu-minggu lamanya untuk mendapatkan persetujuan pinjaman demi kelancaran bisnis.

Cukup cari saja perusahaan yang memberikan fasilitas pinjaman dana cepat. Sehingga dananya bisa segera cair dan dapat dimanfaatkan demi memenuhi biaya operasional perusahaan. Tentunya hal tersebut berbeda dengan pembiayaan perbankan.

Ketika mengajukan pinjaman ke instansi perbankan, Anda masih harus menanti proses verifikasi sekaligus pengecekan berkas hingga 2 minggu lamanya sampai proses pencairan. Sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk mencairkannya.

Belum lagi biasanya pihak tersebut butuh dokumen pribadi sebagai pendukung supaya pinjaman disetujui. Maka dari itu solusinya adalah dengan menggunakan anjak piutang untuk memperlancar arus kas perusahaan.

Proses verifikasi melalui cara ini terbilang lebih praktis dan mudah. Karena proses verifikasi dan pembiayaannya tidak lama. Beberapa data yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman meliputi KTP, NPWP, buku nikah, dll.

Selanjutnya, bila mengajukannya, Anda hanya perlu menyiapkan invoice saja sebagai jaminannya. Sehingga lebih praktis dan mudah. Selain itu, bisa juga menyiapkan surat izin usaha, NPWP perusahaan, dll.

Jadi bisa dibilang bahwa dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan anjak piutang sangat mudah. Sehingga hal tersebut memberikan manfaat tersendiri kepada peminjam. Karena bisa mendapatkan bantuan dana lebih cepat.

Maka dari itu siapkan semua dokumen perusahaan jauh-jauh hari. Tujuannya adalah supaya proses pengajuannya bisa berlangsung lebih cepat dan tidak menunggu lama. Karena semua berkas sudah dipenuhi sejak dini.


3. Peminjam Tidak Perlu Melakukan Penagihan

Salah satu keuntungan dari mengajukan pinjaman ini adalah perusahaan peminjam tidak harus melakukan penagihan ke nasabah atau orang yang memiliki hutang. Sehingga lebih praktis dan sederhana.

Karena artinya semua penagihan yang belum dibayar menjadi tanggung jawab pemilik dananya. Umumnya setiap peminjam dana menggunakan fasilitas anjak piutang karena keterbatasan SDM saat melakukan penagihan.

Disamping itu, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan penagihan terbatas. Sehingga butuh bantuan pihak ketiga untuk memudahkan proses penagihan supaya lebih praktis. Seperti yang diketahui bahwa proses penagihan itu butuh strategi.

Sehingga pihak yang meminjam mau membayar pinjamannya. Bahkan proses penagihannya harus intens dalam melakukan follow up supaya customer mau membayar tagihannya. Itulah sebabnya pihak ketiga dari anjak piutang sangat membantu.

Sebagai pemberi pinjaman bisa menghemat waktunya dan dapat mengerjakan tugas lainnya tanpa harus memikirkan soal penagihan. Disisi lain, nasabah merasa bila proses penagihannya lebih serius karena ada pihak ketiga.

Dengan begitu hal tersebut membuat bisnis semakin berkembang lebih mudah. Karena perusahaan mendapat untung dari fee pemberi pinjaman soal layanan penagihan yang diberikan sesuai ketentuan.

Maka dari itu supaya hasilnya maksimal, berkomunikasi dengan perusahaan pemberi anjak piutang soal besaran fee itu penting sekali. Tujuannya adalah agar terhindar dari adanya biaya yang tidak terduga.

Jadi melihat dari manfaatnya tersebut, bisa disimpulkan bahwa pada dasarnya proses pembiayaan seperti ini memiliki manfaat sangat banyak. Entah itu untuk pemberi pinjaman atau peminjam dananya.

Tidak heran bila pelaku bisnis umumnya menggunakan layanannya tersebut demi memperlancar arus kas perusahaan. Sehingga proses perputaran bisnis menjadi lebih lancar karena modalnya juga cukup.

Yang pasti jangan lupa untuk memilih perusahaan penyedia pinjaman terpercaya, dimana proses pencairan dan syaratnya harus mudah. Sehingga bisa merasakan manfaat dari pembiayaan anjak piutang untuk keberhasilan bisnis Anda tersebut.


Baca juga: Attribution Modeling: Strategi Marketing Tentukan Prioritas


Dapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Anda

Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin mengembangkan usaha agar semakin menambah keuntungan. Untuk melakukannya Anda tentu membutuhkan modal lebih.

Anda dapat mendaftarkan diri sebagai peminjam layanan P2P lending Modal Rakyat. Dengan pelayanan yang cepat dan praktis, Anda akan memperoleh modal dalam waktu lima hari kerja. P2P lending ini juga sudah berizin OJK, sehingga keamanannya akan dijamin.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru