Bisnis

Manfaat Segmentasi Pasar, Tujuan, dan Kategorinya di Bisnis

Pretty Angelia Wuisan-

24 Jan 2022

Manfaat Segmentasi Pasar, Tujuan, dan Kategorinya di Bisnis

Segmentasi pasar atau dikenal juga dengan market segmentation diperlukan bisnis untuk menemukan kelompok konsumen yang tepat. Manfaat segmentasi pasar cukup besar, hingga dapat mempengaruhi jalannya bisnis.

Di sini akan dijelaskan mengenai segmentasi target pasar supaya Anda bisa mengatur strategi bisnis dengan cermat.


Baca juga: Apakah yang Dimaksud Distribusi dan Distributor? Ini Artinya


Apa itu Segmentasi Pasar?

Segmentasi pasar merupakan pengelompokkan konsumen berdasarkan berbagai kategori yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Untuk membagi pasar menjadi berbagai kategori, bukanlah perkara mudah. Butuh waktu dan riset yang dilakukan melihat berbagai aspek. Ada tim khusus atau sumber daya yang meneliti kebutuhan pelanggan.

Intinya segmentasi pasar ini dilakukan jauh hari sebelum mempromosikan produk atau bisa jadi sebelum benar-benar memproduksi produk.

Dari sini Anda sebagai pebisnis bisa tahu cara yang tepat dalam memasarkan produk. Semakin spesifik segmentasinya, Anda pun akan semakin lancar melakukan penjualan.

Masing-masing usaha punya jenis segmentasi pasar yang berbeda-beda. Hal itu wajar karena semuanya kembali pada kebutuhan usaha.


Apa Tujuan Segmentasi Pasar?

Segmentasi pasar dilakukan untuk mencapai berbagai tujuan yang penting untuk bisnis perusahaan. Ini penjelasannya.

  • Mempermudah strategi pemasaran
  • Menemukan layanan yang pas untuk konsumen
  • Perencanaan bisnis yang matang
  • Mengenal kompetitor

1. Mempermudah strategi pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu aktivitas yang diandalkan dalam bisnis. Tujuan segmentasi pasar adalah menjadikan pemasaran tertujusalah saty pada konsumen yang tepat.

Akan percuma jika Anda menggelontorkan banyak uang di strategi pemasaran yang target pasarnya tidak jelas. Nanti yang menikmati materi promosi Anda malah orang-orang yang tidak membutuhkan produk Anda.

2. Menemukan layanan yang pas untuk konsumen

Tujuan segmentasi pasar selanjutnya adalah Anda jadi punya senjata yang pas dalam memberikan pelayanan maksimal pada konsumen.

Konsumen telah membeli produk Anda, ketika mengajukan komplain, tentunya harus Anda hadapi secara profesional. 

Cara menghadapinya pun berbeda-beda. Ketika Anda berbicara dengan konsumen remaja atau konsumen dewasa, itu pendekatannya bisa berbeda. Makanya Anda perlu mengenali pelanggan sebaik-baiknya.

3. Perencanaan bisnis yang matang

Bisnis yang baik merupakan usaha yang direncanakan dengan rinci dan matang. Salah satu bagian yang jadi perhatian adalah target pasar.

Tadi sudah disebutkan bahwa menentukan target konsumen itu membutuhkan waktu. Anda harus mencari tahu bagaimana gaya hidup konsumen, daya beli, demografi, dan penilaian lainnya yang bisa ditentukan sendiri oleh pebisnis.

4. Mengenal kompetitor

Pebisnis juga bisa mengenal kompetitor dari target pasar yang ditentukan. Biasanya selain produk yang sama, target pasar yang sama pun bisa menciptakan kompetitor.

Hal ini diperlukan perusahaan untuk mengatur produk lebih terarah lagi dalam menghadapi kompetitor. Keberadaannya jangan dijadikan beban. Malah bisa sebagai motivasi agar Anda bisa terus berinovasi untuk bersaing dengan kompetitor.

Mereka akan mampu membuat Anda bersemangat menjalankan bisnis.


Apa Manfaat Segmentasi Pasar?

Segmentasi pasar punya manfaat cukup besar pada bisnis. Apalagi pasar menjadi komponen utama dalam bisnis. Ini dia manfaat menentukan target pasar yang bisa pebisnis rasakan.

  • Mendatangkan keuntungan melimpah
  • Memudahkan perusahaan merencanakan keuangan usaha
  • Lebih mengenal konsumen dengan baik
  • Perusahaan leluasa mengatur produk

1. Mendatangkan keuntungan melimpah

Ketika pebisnis menemukan target pasar yang pas, keuntungan yang diperoleh akan meningkat tajam. Hal itu karena produknya dibeli oleh para konsumen yang memang membutuhkannya.

Keuntungan ini tentunya akan membawa banyak kemajuan bagi usaha Anda. Keuntungan adalah tujuan utama berbisnis. Untuk itulah proses menentukan target pasar harus dilakukan secara serius sampai benar-benar menemukan pelanggan yang dibutuhkan.

2. Memudahkan perusahaan merencanakan keuangan usaha

Manfaat segmentasi pasar yang dapat Anda rasakan selanjutnya adalah memudahkan Anda dalam perencanaan keuangan bisnis.

Bisnis akan bisa berjalan dengan perencanaan keuangan yang sesuai kebutuhan mulai dari pengadaan produk, sampai biaya overhead yang mencakup upah karyawan dan untuk promosi.

Modal untuk usaha sebisa mungkin harus cukup. Ketika berlebih, Anda bisa menggunakannya untuk keperluan lain. Yang harus dipikirkan adalah ketika modal tidak cukup Anda harus mencari dana tambahan.

3. Lebih mengenal konsumen dengan baik

Manfaat segmentasi pasar, Anda bisa mengenal konsumen sebaik-baiknya. Hal itu dibutuhkan demi membangun hubungan akrab.

Ketika Anda berhasil menarik perhatian konsumen, konsumen pun tidak masalah membeli produk yang Anda jual berkali-kali. Hal itu bukan hanya karena produknya dibutuhkan, tapi karena pelayanan maksimal yang Anda beri pada konsumen.

4. Perusahaan leluasa mengatur produk

Anda jadi bisa mengatur produk sesuai dengan segmentasinya. Hal ini membuat produk Anda punya rencana masing-masing.

Misalnya, Anda menjalankan dua produk dengan segmentasi yang berbeda. Anda pun dapat melaksanakan fungsi target pasar sesuai kebutuhan.


Kategori Segmentasi Pasar

Anda sudah tahu manfaat segmentasi pasar. Sekarang, Anda perlu tahu kategori apa saja yang bisa Anda susun untuk target pasar. Ini penjelasannya.

  • Segmentasi demografis
  • Segmentasi perilaku
  • Segmentasi psikografis
  • Segmentasi waktu khusus
  • Segmentasi pasar geografis

1. Segmentasi demografis

Ini adalah segmentasi yang paling sering digunakan. Menentukan target pasar berdasarkan umur, jenis kelamin, pekerjaan, dan lainnya.

Namun, membutuhkan waktu dan biaya besar dalam menentukannya, mengingat pasar yang diteliti adalah besar. Biasanya yang menggunakan segmentasi ini adalah usaha besar.

2. Segmentasi perilaku

Anda juga bisa menentukan pasar dari perilaku mereka. Hal itu dilihat dari loyalitas konsumen, respons, dan pengetahuan mereka. 

Segmentasi ini termasuk spesifik karena Anda bisa mencari tahu bagaimana konsumen menghabiskan uang dan memilih produknya. 

Misalnya, Anda menjual produk kuas kosmetik yang diskon di beberapa toko kosmetik. Hal itu meningkatkan penjualan. Bisa disimpulkan bahwa pelanggan membeli lebih banyak ketika diskon dan dijual di toko kosmetik.

3. Segmentasi psikografis

Anda juga bisa menentukan segmentasi dari psikologis pelanggan. Misalnya, Anda menciptakan produk permainan seperti action figure. Anda menjualnya pada konsumen yang hobi mengumpulkan mainan ini.

Faktor psikografis ini tidak jauh dari kesukaan dan hobi pelanggan. Hal ini juga cukup wajar dilakukan untuk produk-produk yang sifatnya hiburan.

4. Segmentasi waktu khusus

Anda juga bisa menjalankan bisnis dengan melihat waktu khusus. Di sini Anda memanfaatkan waktu khusus yang hanya terjadi sesekali.

Misalnya, ketika Hari Raya Idul Fitri tiba, biasanya banyak orang yang memesan kue.

Anda yang punya bisnis kue, bisa menggunakan kesempatan ini menjual kue dalam jumlah lebih banyak dan gencar promo. Anda pun bisa meraih keuntungan maksimal dari sini.

5. Segmentasi pasar geografis

Anda menentukan segmentasi pasar dari geografisnya. Hal ini cukup wajar dilakukan. Misalnya, Anda menjual produk kapal yang biasanya digunakan oleh masyarakat pesisir.

Anda pun menawarkan kapal itu pada masyarakat pesisir yang berada di bagian Timur. Untuk menggunakan segmentasi ini, Anda perlu melakukan survei langsung ke tempatnya.


Baca juga: Pentingnya Riset Pasar dan Tips Bagaimana Melakukannya


Kesimpulan

Itulah manfaat segmentasi pasar yang bisa Anda rasakan sebagai pebisnis. Lakukan penentuan target pasar secara cermat untuk memaksimalkan potensi bisnis Anda. Tidak masalah waktu yang dibutuhkan panjang selama hal itu untuk kemajuan bisnis.


Membangun UMKM Impian Bersama P2P Lending Modal Rakyat

Usaha impian Anda menjadi bukan mimpi lagi sekarang. Untuk mewujudkannya, Modal Rakyat siap membantu Anda meraih pinjaman modal.

Modal Rakyat siap sedia memperkenalkan Anda dengan pendana yang berminat menyalurkan pinjaman untuk usaha Anda.

Besaran modal untuk Anda ajukan bisa Rp500 ribu hingga jumlah maksimal Rp2 miliar. Persentase bunga untuk Anda pun kompetitif.

Semua proses dilakukan online. Anda juga tidak usah khawatir soal keamanan karena Modal Rakyat berizin legal OJK.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru