Bisnis

Cara Efektif Menjalankan 7P dalam Marketing Mix

Brigitta Winasis-

26 Jul 2021

Cara Efektif Menjalankan 7P dalam Marketing Mix

Setelah Anda mengidentifikasi target audiens dan kompetisi pasar, hal berikutnya yang harus Anda bentuk adalah marketing mix. Apa itu marketing mix?

Setiap bisnis memerlukan marketing mix-nya secara personal untuk menarik pelanggan. Kali ini akan dibahas definisi marketing mix, pentingnya hal tersebut, apa saja elemen yang termasuk di dalamnya, dan bagaimana membangun marketing mix terhadap produk atau jasa Anda.


Apa itu Marketing Mix

Marketing mix adalah sederet tindakan bisnis yang dilakukan untuk membangun dan memasarkan produk atau jasa kepada konsumen. Marketing mix membantu Anda menawarkan ke konsumen produk yang tepat pada waktu, tempat, dan harga yang tepat.

Awalnya unsur-unsur dalam marketing mix terdiri dari 4P. Namun saat ini ditambahkan tiga unsur lagi yang membuatnya menjadi 7P cara marketing.

Banyak bisnis menggunakan elemen marketing mix untuk menghasilkan respons yang mereka inginkan dari audiensnya.


Baca juga: Referral adalah Strategi Pemasaran, ini Penjelasannya


Pentingnya Marketing Mix

Ada beberapa keuntungan yang membuat marketing mix penting untuk bisnis.

1. Membantu memahami apa yang barang atau jasa Anda tawarkan ke pelanggan.

2. Membantu merencanakan pemasaran produk yang sukses.

3. Membantu merencanakan, mengembangkan, dan mengeksekusi strategi marketing yang efektif.

4. Membantu memanfaatkan kekuatan bisnis dan menghindarkan dari biaya yang tak perlu.

5. Membantu bisnis lebih proaktif dalam menghadapi risiko.

6. Membantu menentukan apakah produk Anda cocok untuk pelanggan.

7. Membantu mengidentifikasi dan memahami kebutuhan pelanggan.

8. Membantu memahami bagaimana cara yang tepat mempromosikan barang atau jasa kepada pelanggan.


Unsur-unsur Marketing Mix

Seperti yang disinggung sebelumnya, ada konsep marketing mix 7P. Semuanya memiliki tujuan utama membantu penjualan produk agar meningkat.

Product

Product adalah barang atau jasa yang ditawarkan untuk memuaskan konsumen Anda. Ketika mengembangkan produk, Anda perlu memikirkan bagaimana produk tersebut akan bertahan melewati berbagai tantangan di pasar.

Oleh karena itu, Anda dapat menjalankan riset untuk mencari tahu apa yang diperlukan pasar saat ini. Anda dapat menawarkan solusi dari masalah yang dihadapi di pasar.

Riset yang buruk akan membuat bisnis macet di tengah jalan. Pasalnya pebisnis hanya terjebak menciptakan produk atau ide subjektifnya tanpa banyak meneliti pentingnya di masyarakat.

Maka dari itu, penting untuk membuat produk yang diperlukan dan dikehendaki pelanggan. Semua itu dapat didasarkan pada data yang Anda temui di lapangan.

Product ini dapat meliputi:

  • desain
  • teknologi
  • kegunaan
  • kenyamanan
  • nilai
  • kualitas
  • pengemasan
  • branding
  • kelengkapan
  • garansi

Price

Yang dimaksud dengan price adalah harga yang bersedia dibayar pelanggan untuk produk Anda. Hal ini akan membantu Anda menentukan profit.

Ketika menentukan harga, pertimbangkan berapa biaya produksi dan kisaran harga produk serupa dari kompetitor. Apabila harga yang dipasang terlalu murah, Anda tidak akan mendapat profit. Sementara itu jika harga terlalu mahal, pelanggan akan malas membelinya.

Terdapat poin di mana konsumen bersedia membayar tanpa Anda perlu takut akan mengalami kerugian. Hal ini disebut dengan Break Even Price. Artinya, nilai harga terkecil yang dapat dipasang agar Anda tidak rugi.

Berikut rumus Break Even Price.

(Total Biaya Tetap/Volume Produksi)+Variasi Harga per Unit

Perlu diingat, Break Even Price belum tentu akan mendatangkan keuntungan. Namun nilai tersebut cenderung aman untuk bisnis Anda. Setidaknya Anda mendapat penggantian atas biaya produksi.

Price dapat meliputi:

  • strategi
  • penyajian harga
  • aspek psikologis
  • biaya tambahan
  • Kerugian

Place

Place berkaitan dengan poros distribusi produk dan metode yang digunakan untuk mendistribusikan produk ke pelanggan.

Di manapun tempat yang Anda pilih, haruslah mudah diakses pelanggan untuk mendapatkan produk. Misalkan Anda memiliki toko fisik, maka harus ditempatkan di lokasi yang mudah ditemukan pelanggan. Jika Anda memiliki bisnis online, maka harus mudah ditemukan di internet.

Place berkaitan pula dengan kantor pusat, pabrik, gudang, hingga toko. Anda juga harus berfokus pada fungsi dan biaya pengadaan tempat. Anda dapat memilih marketplace sebagai tempat belanja Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Place meliputi:

- retail

- grosir

- internet

- penjualan langsung

- peer-to-peer

- multichannel

Promotion

Promotion merujuk ke metode yang digunakan bisnis untuk mendapatkan perhatian dari pelanggan terhadap produk mereka. Hal ini mencakup promosi, customer service, humas, iklan, dan lain-lain.

Ketika merencanakan strategi promosi, perhatikan strategi yang dipakai kompetitor Anda, channel yang paling efektif untuk meraih pelanggan, serta apakah channel tersebut dirasa sesuai dengan nilai produk Anda.

Promotion dapat meliputi:

- penawaran spesial

- periklanan

- endorsements

- barang sampel

- penjualan langsung

- brosur atau poster

- hadiah gratis

- kompetisi

- usaha bersama

People

People merujuk kepada orang yang ada dalam industri Anda, baik pelanggan maupun karyawan. Keduanya berhubungan langsung dengan produk yang Anda jual.

Karyawan atau sumber daya manusia adalah aset penting dalam bisnis. Jika salah pilih, tentu akibatnya akan fatal. Anda harus memilih orang yang tepat untuk menggerakkan bisnis Anda.

Mengapa demikian? Rekrutmen yang buruk akan berujung perusahaan merugi dalam hal keuangan. Produktivitas turut menurun sehingga kredibilitas perusahaan dipertanyakan.

People dapat meliputi:

- karyawan

- manajemen

- budaya kerja

- layanan konsumen

Process

Proses adalah alur pengalaman pelanggan mulai dari menemukan produk hingga melakukan pembelian. Proses berkaitan dengan bagaimana menemukan produk, entah itu dari iklan, media sosial, maupun referral dari pelanggan lainnya.

Saat calon pelanggan tertarik membeli produk, ia akan melakukan proses pemesanan. Sampai akhirnya ia mendapatkan produk tersebut di tangannya.

Sistem dan proses memainkan peranan penting dalam membangun layanan konsumen yang berkualitas. Pastikan sistem Anda bebas hambatan untuk mengurangi biaya yang tidak diperlukan dalam pelayanan ke pelanggan.

Process ini meliputi:

- bagian SDM yang berkaitan dengan pelayanan

- bagaimana pelayanan diterima publik

Physical Evidence

Physical evidence merujuk kepada apa yang pelanggan lihat ketika mengkonsumsi atau menggunakan produk Anda. Hal ini dapat meliputi branding, pengemasan, dan suasana fisik di mana produk Anda dijual.

Bukti fisik dapat meliputi logo, souvenir, situs resmi, brosur, dan lain-lain. Dengan adanya bukti fisik, calon pelanggan akan semakin tertarik membeli.


Baca juga: 6 Tips Marketing di Instagram untuk Bisnis Anda


Bagaimana Mengembangkan Marketing Mix

Anda dapat melakukan beberapa hal untuk meningkatkan pemasaran produk yang Anda tawarkan. Anda harus memiliki strategi pemasaran yang tepat agar memperoleh hasil yang memuaskan. Berikut tipsnya.

Tetapkan Tujuan dan Anggaran

Mengembangkan marketing mix yang efektif dimulai dari menetapkan tujuan. Mulailah menentukan apa yang ingin dicapai dengan rencana pemasaran Anda.

Apakah untuk meningkatkan penjualan? Apakah untuk menyasar pasar yang lebih luas? Apakah untuk membangun brand awareness?

Setelah Anda menetapkan tujuan yang realistis, tentukan anggaran yang Anda bersedia keluarkan untuk meraih tujuan tersebut.

Pelajari Target Pelanggan Anda

Anda harus mengetahui siapa sosok pelanggan yang Anda sasar. Dengan demikian, Anda dapat menciptakan produk yang ingin mereka beli.

Temukan segmen target yang berbeda. Pisahkan beberapa profil konsumen yang Anda temukan. Anda dapat merujuk ke profil ini saat merencanakan strategi pemasaran.

Profil pelanggan dapat meliputi:

- Siapa dia?

- Bagaimana ia menemukan produk kita?

- Apa permasalahan yang ia hadapi?

- Apa yang ingin ia ketahui?

- Apa yang tidak ia inginkan?

- Mengapa ia ingin membeli produk kita?

Identifikasi Unique Selling Proposition

Temukan poin pemasaran unik Anda dari mata konsumen melalui survei, wawancara, dan lain-lain. Di sini Anda dapat menentukan keuntungan dari produk atau jasa yang akan Anda bawa kepada konsumen. Anda juga dapat menentukan apa yang membuat produk atau jasa Anda lebih baik daripada kompetitor.

Pahami Kompetisi Pasar

Anda dapat menggunakan jasa analis untuk mengetahui strategi yang digunakan kompetitor bisnis. Pengetahuan ini akan sangat berguna ketika Anda menentukan strategi harga.

Anda dapat mencatat profil kompetitor tersebut. Profil kompetitor dapat meliputi:

- Tingkat penjualan

- Pasar

- Pelanggan

- Strategi

- Partner kerja

Identifikasi Fitur Unik di Produk Anda

Apa yang membuat produk Anda unik? Anda harus mencari tahu apa yang membuat produk Anda memiliki nilai lebih. Anda dapat mencari tahu hal ini ketika memasarkan produk ke konsumen.

Buat Strategi Harga

Dengan riset kompetitor yang sudah Anda lakukan, buatlah strategi harga. Pertimbangkan harga yang tepat agar tidak terlalu mahal atau terlalu murah.

Pilih Kanal Distribusi dan Metode Promosi

Pilihlah kanal untuk mendistribusikan produk Anda berdasarkan jenis produk atau jasa serta target konsumen Anda. Pilih juga teknik promosi sesuai anggaran, target konsumen, dan produk Anda.


Baca juga: Testimoni Bisa Jadi Strategi Pemasaran Ampuh, Apa Tipsnya?


Tambah Anggaran Marketing Bisnis Anda dengan Dana dari Modal Rakyat

Anda membutuhkan dana tambahan untuk melakukan marketing bisnis Anda? Anda bisa mendapatkannya di P2P lending Modal Rakyat. Apa saja keunggulannya?

Layanan ini sudah berizin OJK, sehingga dijamin keamanannya. Bunga yang ditawarkan relatif lebih kompetitif dibandingkan dibandingkan alternatif pinjaman lainnya.

Proses persetujuan cepat. Pinjaman Anda dapat disetujui dalam lima hari kerja jika syarat-syaratnya sudah terpenuhi. Selain itu, proses pengajuan pinjaman dilakukan secara online, sehingga lebih mudah dijangkau.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru