Bisnis

Testimoni Bisa Jadi Strategi Pemasaran Ampuh, Apa Tipsnya?

Brigitta Winasis-

30 Jun 2021

Testimoni Bisa Jadi Strategi Pemasaran Ampuh, Apa Tipsnya?

Testimoni adalah hal yang penting dalam bisnis. Istilah ini sudah banyak dikenal dalam bisnis digital. Namun rupanya tidak hanya bisnis digital, testimoni juga wajib didapatkan oleh pemilik bisnis konvensional.

Pada dasarnya testimoni dapat menjadi tolok ukur kepuasan pelanggan terhadap bisnis. Selain itu, testimoni pelanggan dapat membantu Anda membangun strategi bisnis agar lebih berkembang di masa depan.

Berikut penjelasan tentang testimoni dan bagaimana mendapatkannya.


Baca juga: Memaksimalkan Modal dengan Membuat Website Bisnis E-Commerce


Pengertian

Testimoni adalah ulasan dari barang atau jasa yang sudah dibeli konsumen. Tujuannya agar calon pelanggan lainnya mengetahui kualitas produk barang atau jasa tersebut.

Hal ini dapat menjadi strategi pemasaran juga. Mengapa demikian? Dengan adanya ulasan baik dari konsumen, maka akan meyakinkan konsumen lainnya sehingga mereka tertarik membeli produk yang Anda jual.

Biasanya sebelum mengeluarkan uang untuk membeli produk Anda, kebanyakan konsumen akan mencari tahu terlebih dulu tentang testimoni produk tersebut. Dengan melihat review yang positif, mereka akan lebih teryakinkan.


Cara Mendapatkan Testimoni Pelanggan

Berikut ini penjelasan cara untuk mendapatkan testimoni dari pelanggan. Simak penjelasannya.


Bertanya Langsung

Cara yang paling mudah adalah bertanya langsung kepada pelanggan tentang kepuasan mereka membeli produk Anda. Usahakan Anda memberi umpan balik terlebih dulu agar mereka menyampaikan apa yang sebelumnya tidak dipikirkan.

Anda dapat meminta konsumen mengisi survei lewat email agar tidak mengganggu kenyamanan mereka. Menggunakan cara email terkesan tidak memaksa dan tidak menghabiskan banyak waktu konsumen.

Selanjutnya yaitu menelepon konsumen secara langsung. Dialog yang dilakukan akan membuat Anda mengetahui langsung keluh kesah mereka. Anda dapat memperoleh ulasan yang jujur.


Melalui Media Sosial

Untuk menggunakan cara ini, pastikan usaha Anda sudah memiliki media sosial. Umumnya segala bentuk badan usaha sekarang sudah memiliki media sosial. Pasalnya media sosial membantu menjangkau lebih banyak pembeli.

Anda dapat memanfaatkannya untuk mengumpulkan testimoni. Caranya cukup buat konten terkait pertanyaan untuk meminta testimoni terhadap produk yang dijual.

Ada berbagai fitur interaktif yang ada di media sosial untuk memperoleh testimoni. Selain menanyakan langsung, Anda dapat mengemasnya menjadi konten untuk mengajak pelanggan berbagi pengalaman.

Cara lain memanfaatkan media sosial adalah meminta mereka mengirim pesan langsung atau direct message ke akun Anda. Hal ini membuat pelanggan lebih bebas mengutarakan pendapat mereka.


Buat Kolom Review

Cara ini berguna jika Anda sudah punya situs e-commerce sendiri. Setelah pelanggan membeli produk atau jasa, mereka akan diminta mengulasnya di kolom review.

Dengan begitu, pelanggan yang memiliki waktu luang atau merasa perlu menyampaikan ulasannya dapat segera menuliskan testimoni. Ulasan ini juga dapat diakses calon pembeli lainnya.

Saat menghubungi pembeli, Anda dapat menambahkan tautan untuk membuka kolom review. Metode ini lebih efisien dalam mengumpulkan testimoni dari konsumen. Semuanya terekam secara rapi, sehingga Anda lebih mudah membacanya.


Baca juga: Ide Usaha Rumahan yang Tren di 2021, Cukup Modal Kecil


Tawarkan Insentif Menarik

Agar memancing antusiasme, Anda dapat menawarkan insentif menarik bagi pelanggan yang mengulas produk atau jasa Anda. Insentif ini bisa berupa diskon, voucher belanja, sampai giveaway.

Berikut beberapa contoh kata-kata minta testimoni kepada pelanggan yang dapat Anda tiru. Anda dapat menyesuaikan kata-kata sapaan sesuai sasaran konsumen, misalnya Moms, Bunda, Besties, Kak, dan lain-lain.

a. Hai, kami menyediakan diskon spesial untuk pesanan berikutnya. Anda cukup memberi testimoni di kolom yang sudah kami sediakan.

Jika Anda puas dengan produk kami, silakan mention kami di media sosial. Terima kasih sudah berbelanja produk kami.

b. Hai, selamat Anda mendapatkan kesempatan untuk memperoleh voucher belanja senilai Rp100.000. Syaratnya adalah Anda menyampaikan testimoni atas kepuasan atas pelayanan dan produk kami. Jangan lupa untuk mention kami dan teman-teman Anda. Voucher akan diundi pada akhir pekan, semoga beruntung.

Anda dapat mengumumkan hal ini agar para pengikut mengetahui adanya insentif tersebut. Bagikan pula di situs resmi lapak Anda. Dengan demikian, calon pembeli yang baru datang ke salah satu bentuk platform penjualan akan melihat adanya ulasan baik dari pembeli sebelumnya yang sudah mencoba produk Anda.


Buat Kontes

Selain sebagai sarana mendapatkan testimoni, kontes juga menjadi strategi pemasaran yang mudah. Cara ini dapat Anda lakukan jika mempunyai anggaran untuk promosi. Umumnya brand yang mengadakan kontes adalah toko yang sudah mempunyai pasar cukup luas.

Hadiah yang Anda persiapkan harus menarik. Misalnya voucher belanja dalam jumlah besar atau giveaway produk terbaru yang sifatnya limited. Dengan demikian akan menarik orang agar mengikuti kontes tersebut.

Jika Anda memiliki anggaran yang lebih besar lagi, bisa juga mengiming-imingi peserta dengan ponsel terbaru maupun uang tunai senilai jutaan rupiah.

Kontes yang dibuat pun bisa bermacam-macam. Yang paling umum adalah membuat konten yang menarik lalu diunggah di media sosial. Anda juga harus membuat syarat dan ketentuan bagi mereka yang mengikuti kontes. Dengan cara demikian, Anda juga akan mendapat promosi gratis.

Cara mendapat testimoni ini cukup mudah dilakukan, mengingat insentif yang ditawarkan pun menarik. Secara tidak langsung pelanggan sudah memberi ulasan positif terhadap produk dalam promosi mereka.


Apresiasi Testimoni dari Pelanggan

Selalu apresiasi apa yang disampaikan pelanggan kepada Anda. Jika mereka memberikan ulasan positif, berikan insentif menarik.

Demikian halnya jika mereka memberikan ulasan negatif karena kurang puas dengan produk yang dijual. Jangan mengabaikan ulasan tersebut. Tetaplah berterima kasih atas testimoni yang sudah diberikan.

Agar tetap menunjukkan citra positif, Anda dapat berjanji supaya memperbaiki kinerja usaha. Hal ini tergantung apa yang disoroti konsumen. Misalkan pelayanan atau kualitas produk dinilai kurang memuaskan oleh pelanggan.

Dengan demikian, pelanggan tahu bahwa testimoni mereka penting dan diapresiasi. Mereka juga tahu testimoni tersebut bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda, bahkan Anda dapat terus melakukan perbaikan.

Maka dari itu, selalu sampaikan apresiasi atas ulasan yang membantu bisnis Anda. Dengan begitu mereka tidak akan segan memberi komentar, bahkan ulasan buruk sekalipun.

Anda tidak usah merasa cemas jika mendapat ulasan buruk. Hal itu dapat dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas produk yang dijual.

Selain itu, Anda mungkin berpikir mayoritas ulasan bersifat positif adalah hal yang wajar. Namun konsumen justru akan merasa aneh jika semua ulasan terkesan positif tanpa ada satupun kritik. Pasalnya setiap bisnis pasti memiliki kekurangannya sendiri.

Dengan adanya review negatif, konsumen akan mengetahui bisnis Anda adalah usaha yang jujur. Anda akan dinilai terbuka oleh para calon pelanggan.


Demikian penjelasan tentang mendapatkan testimoni dari pelanggan. Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu ingin usaha Anda berkembang. Salah satu yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha adalah dengan memperoleh modal tambahan.

Anda bisa mendapatkannya dengan menjadi peminjam di layanan P2P lending Modal Rakyat. Dengan proses yang mudah dan cepat, pinjaman Anda dapat disetujui hanya dalam waktu lima hari kerja. Selain itu bunga pinjaman akan disesuaikan dengan risiko usaha Anda dan relatif lebih kompetitif dibandingkan alternatif pinjaman lain.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru