Bisnis

Gaya Hidup

Mau Jadi Pengusaha Muda Sukses? Lakukan 5 Hal Ini

Paskalia-

23 Aug 2019

Mau Jadi Pengusaha Muda Sukses? Lakukan 5 Hal Ini

Di era milenial ini, salah satu cita-cita yang diinginkan oleh anak muda adalah menjadi pengusaha muda sukses. Walau begitu, faktanya menjadi pengusaha muda sukses tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Para pengusaha muda sukses yang sering tampil menjadi pembicara tentunya telah melewati proses jatuh bangun sebelumnya. 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidak ada hasil sempurna yang instan. Semua hal butuh proses, termasuk untuk menjadi pengusaha muda sukses. Tahukah kamu, sebenarnya para pengusaha muda yang sukses memiliki ‘kunci unggulan’ agar bisa sukses di usia muda. Penasaran, kan? Berikut ini adalah empat kunci menjadi pengusaha muda sukses: 


Baca juga: 4 Faktor Penyebab Kegagalan Menjadi Wirausahawan Sukses


1. Temukan passion-mu

Kunci pertama untuk menjadi seorang pengusaha muda sukses adalah temukan passion terlebih dahulu. 

Tahukah kamu bahwa bisnis-bisnis yang sukses ternyata didirikan oleh orang-orang yang memiliki passion atau minat terhadap apa yang mereka kerjakan? Suatu hal yang bagus apabila kamu mengetahui passion yang kamu miliki. 

Namun jiika kamu belum mengetahuinya, tak jadi masalah! Kamu bisa memulai mencari passion atau minat sekarang juga. 

Lantas, bagaimana cara mengetahui passion diri sendiri? Cara untuk mengetahui minat diri sendiri itu mudah. Kamu bisa mempertanyakan pada dirimu sendiri pertanyaan sederhana seperti, ‘apa yang aku sukai?’ ‘apa hobiku?’ atau ‘hal apa menarik perhatianku?’. 

Setelah kamu mengetahui hal yang menarik perhatianmu, maka jadikanlah hal tersebut sebagai sumber inspirasi untuk mewujudkan ide usahamu. 

Misalnya, kamu suka sekali makan coklat. Kemudian, pikirkanlah hobi yang kamu miliki. Misalnya, kamu hobi memasak. Setelah kamu sudah mengetahui dua passion tersebut (kesukaan terhadap coklat dan memasak), maka kamu bisa mengkombinasikan keduanya.

Kamu bisa merintis usaha pembuatan coklat. Semakin banyak passion yang kamu ketahui maka akan semakin banyak ide-ide baru yang bisa kamu hasilkan. 

Ketika kamu menjadikan hal-hal yang kamu sukai sebagai ide dalam merintis bisnis, maka kamu akan lebih terfokus dan termotivasi. Kamu juga bisa menjadikan pengetahuan-pengetahuan serta pengalaman pribadi sebagai modal dalam merintis bisnis. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menemukan sudut-sudut unik untuk membuka bisnis baru. 


2. Berani memulai 

Apabila kamu telah menemukan passion, maka inilah saatnya untuk berani memulai! Bahasa kerennya, “talk less, action more”. Jangan biarkan mimpi dan minatmu berakhir begitu saja. Walaupun banyak rintangan yang akan muncul, jangan pernah bimbang untuk mencoba. 

Kesalahan utama yang menjadikan seseorang tidak segera untuk memulai bisnisnya adalah ketakutan untuk gagal. Perlu kamu ketahui bahwa para pengusaha muda sukses pastilah pernah mengalami kegagalan. 

Walau mereka gagal, mereka kembali bangkit. Bahkan jika harus memulai dari awal, mereka tidak akan gentar. Maka dari itu, janganlah takut memulai hanya karena kamu takut gagal. 


Baca juga: 4 Peluang Usaha Untuk Pencinta Binatang


3. Memiliki karakter serta kemampuan Resilience 

Resiliensi atau ketahanan merupakan kemampuan seseorang untuk menghadapi, mencegah, meminimalkan dan menghentikan dampak-dampak merugikan dari kejadian yang tidak menyenangkan. Singkatnya, kemampuan resilien akan menghasilkan karakter ‘tahan banting’ atau ‘mental baja’. 

Seorang pengusaha muda dengan karakter resilien akan mengubah tekanan kehidupan sehari-hari melalui cara-cara yang positif. Mereka merespons tekanan kehidupan atau kejadian tidak menyenangkan secara sehat. 

Ketika menghadapi tekanan, mereka berusaha untuk tetap produktif dan memperbaiki diri. Hal tersebut kemudian menjadikan mereka merupakan sosok yang mudah bangkit dari keterpurukan. 

Jika dianalogikan, sosok muda yang resilien itu bagaikan karet dan bola basket. Karet yang ditarik kuat, akan kembali ke posisi normal. Ia akan tetap konsisten dengan jati dirinya. Selain itu, karakter resilien bisa kita analogikan sebagai bola basket, ketika dipantulkan ke tanah, maka ia justru akan mudah melambung tinggi ke langit. 


4. Temukan seorang mentor atau guru 

Menjalankan bisnis tentulah membutuhkan berbagai keahlian dan keterampilan. Sayangnya sebagai pemula, kamu tidak selihai para pendahulumu. Maka dari itu, kamu perlu mencari seorang mentor atau guru yang bisa kamu mintai pendapat. 

Menemukan seorang mentor merupakan salah satu hal paling penting yang dapat kamu lakukan dalam merintis cita-citamu menjadi pengusaha muda sukses. Melalui mentor, kamu bisa banyak belajar darinya yang sudah memiliki banyak pengalaman. Mereka memiliki pengetahuan-pengetahuan serta sudut pandang yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan sendirian. 

Mereka juga memiliki pengalaman yang bisa kamu jadikan pelajaran. Melalui nasihat-nasihat dari mereka, kamu bisa menentukan pergerakan progresif serta membuat keputusan bisnis yang cerdas. 

Bagaimana cara untuk menemukan mentor yang tepat? Pertama, kamu harus membangun networking yang baik. Kamu bisa mengawali langkahmu dengan menghubungi kenalan-kenalan yang memiliki passion yang sama denganmu dalam dunia bisnis. Kamu bisa mencari informasi lewat mereka. 

Selain langkah di atas, kamu juga bisa menemukan mentor yang tepat untuk usahamu melalui jaringan komunitas. Aktiflah untuk mencari-cari kontak jaringan alumni, jaringan konferensi atau sumber-sumber komunitas dunia maya lainnya untuk membentuk sebuah networking yang berharga. 


5. Perkaya pengetahuan bisnismu

Pepatah klasik terkenal mengatakan “berilmulah sebelum beramal”. Sebagai calon pengusaha muda sukses, tentulah kamu perlu memiliki pengetahuan mengenai dunia bisnis. Ingat, kamu mungkin memiliki semangat, kreativitas serta ide yang besar; akan tetapi hal-hal tersebut tidaklah cukup! Bisnis yang sukses membutuhkan lebih dari sekitar inovasi. 

Maka dari itu, sebelum kamu bertindak lebih lanjut, perkayalah dirimu dengan ilmu-ilmu manajemen dan bisnis. Ilmu tersebut tentang bagaimana membangun tim yang kompeten, pengelolaan keuangan, manufaktur, operasional, pemasaran, promosi dan masih banyak lagi. Kamu perlu meluangkan sedikit waktumu untuk belajar lagi mengenai ilmu bisnis ini. 

Selain memperkaya dirimu dengan pengetahuan-pengetahuan baru, tidak ada salahnya jika kamu mulai mencari orang-orang yang ahli di bidang ini sebagai bagian dari tim. Sebagai contoh, kamu bisa merekrut beberapa orang lulusan akuntansi untuk mengelola keuangan perusahaan. 

Akan tetapi, walaupun kamu telah menyewa seorang yang ahli dibidangnya, sebagai owner kamu tentulah harus lebih cerdas dari mereka. Jangan sampai sebagai founder kamu kemudian ditipu oleh bawahanmu sendiri. 


Itulah kunci untuk menjadi pengusaha muda sukses. Semoga kamu dapat mencapai apa yang kamu cita-citakan. Selamat mencoba!


Baca juga: Inilah Usaha Modal Kecil yang Bisa Anda Mulai Besok


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru