Bisnis

Wirausaha adalah Bisnis yang Mudah Dimulai, Ini Langkahnya

Brigitta Winasis-

29 May 2021

Wirausaha adalah Bisnis yang Mudah Dimulai, Ini Langkahnya

Banyak orang bermimpi ingin menjadi pengusaha sukses. Hal tersebut dapat dimulai dengan memulai usaha sendiri alias wirausaha. Banyak perusahaan besar yang dimulai dari wirausaha kecil-kecilan.

Banyak manfaat yang didapat dari mengelola usaha sendiri. Mulai dari belajar untuk mengatur keuangan, belajar berpikir kreatif, belajar tanggung jawab, hingga mencari celah usaha. Hal ini penting untuk kehidupan sehari-hari.

Menjadi wirausahawan memang tidak mudah. Namun ada sejumlah tips yang dapat Anda ikuti. Simak penjelasannya.


Baca juga: Jadi Wirausahawan Sukses untuk Ibu Rumah Tangga


Riset

Pertama, Anda harus mengidentifikasi bisnis apa yang hendak dilakukan. Sebelum ide tersebut muncul, Anda dapat merisetnya terlebih dahulu.

Riset ini tidak wajib dijalankan dalam skala besar. Cukup skala kecil, misalnya melalui media sosial dan situs internet. Anda lihat apakah bisnis itu sudah banyak dijalankan orang dan bagaimana mereka menjalankannya. Dengan begini Anda akan bisa memperkirakan apakah bisnis yang hendak dijalankan akan berhasil.

Beberapa pertanyaan ini bisa menjadi acuan dalam riset kecil-kecilan Anda.

a. Dibutuhkan masyarakat atau tidak.

b. Sasaran alias siapa yang membutuhkannya.

c. Kompetisi pasar.

d. Kompetitor.

e. Menjalankan bisnis sesuai permintaan pasar.


Rencanakan Bisnis

Sebelum memulainya, rencanakan bagaimana bisnis tersebut akan berjalan. Lakukan hal ini berdasarkan riset mulai dari tahap awal sampai pengembangan produk atau layanan.

Anda juga bisa mulai mencari modal awal dari sini, baik dari kantong pribadi maupun investor. Jika ingin mencari dukungan dari investor atau kredit bank, rencana bisnis ini wajib dilakukan. Dari sini mereka akan melihat ide Anda apakah menguntungkan atau tidak.


Baca juga: Prinsip Dasar Wirausahawan Sukses di Bidang Kreatif


Perencanaan Keuangan

Wirausaha dalam skala kecil memang tak butuh banyak modal. Namun tetap harus ada modal awal yang digelontorkan sebelum dapat menghasilkan pundi-pundi uang.

Penting bagi Anda untuk merencanakan keuangan terkait peralatan yang dibutuhkan selama kira-kira satu tahun ke depan. Mulai dari produksi, operasional, pemasaran, sewa tempat jika perlu, gaji pegawai, dan lain-lain.

Setelah menghitung semuanya, pertimbangkan bagaimana cara mendanai usaha tersebut. Apakah Anda ingin menggunakan modal pribadi? Melalui pinjaman usaha atau kredit? Crowdfunding? Mencari investor? Bootstrap? Ada banyak cara mendanai perusahaan yang paling sesuai dengan Anda.


Struktur

Hal ini penting terkait kewajiban Anda dalam mengajukan pajak. Bisnis atau wirausaha dapat berbentuk individu, kemitraan, perserioan terbatas, atau perusahaan. Hal ini akan mempengaruhi pula nama bisnis Anda.


Urus Legalitas Usaha

Setelah memilih nama usaha Anda, ada baiknya mengurus masalah legalitas usaha. Hal ini terkait izin usaha hingga masalah perpajakan. Urusan legalitas ini perlu diselesaikan dari awal agar tidak merepotkan nantinya. Lisensi atau izin usaha ini dapat disesuaikan dengan kondisi usaha Anda.

Anda juga dapat memilih nama usaha dan mengecek nama dagangnya. Setelah itu daftarkan nama usaha yang sudah dipilih agar sah.


Sistem Keuangan

Meskipun Anda menjalankan wirausaha kecil-kecilan, sistem keuangan tetap perlu. Anda wajiba menjalankan sistem untuk mengelola anggaran, mengatur tarif, menjalankan bisnis dengan orang lain, serta mengurus pajak.

Anda dapat juga memakai software akuntansi untuk mendukung aktivitas Anda. Selain itu, jika usaha Anda sudah berkembang, Anda dapat menyewa akuntan.


Lokasi

Pilihlah lokasi yang strategis. Misalkan Anda membuka usaha laundry, akan lebih cocok di daerah di mana terdapat banyak indekos. Tentu di sana akan lebih laris karena tidak sedikit yang memakai jasa laundry.

Anda juga perlu memikirkan apakah perlu menyewa atau membeli lokasi tertentu. Hal ini akan berkaitan dengan modal yang harus Anda keluarkan.


Tim

Siapkan tim atau karyawan jika memang perlu. Jika Anda ingin mempekerjakan pegawai, siapkan proses rekrutmennya.

Hal yang paling penting adalah mempekerjakan pegawai di bidang administrasi. Orang ini akan membantu Anda membukukan bisnis Anda minimal terkait stok barang dan keuangan.


Pemasaran

Di sinilah Anda harus mulai berpikir kreatif tentang bagaimana memasarkan barang. Zaman sekarang pemasaran paling efektif tentu melalui media sosial karena di sanalah orang banyak menghabiskan waktu senggangnya.

Anda dapat mencari ide dengan memperhatikan kompetitor Anda. Lihat bagaimana cara mereka mempromosikan produk atau layanan yang dijual. Dari situ Anda dapat mencari celah pemasaran yang lebih efektif.


Ide Wirausaha Rumahan

Ada sejumlah ide wirausaha yang dapat dilakukan dari rumah. Mengingat modal usaha yang dibutuhkan cukup kecil, usaha yang disarankan berikut ini sangat simpel.

Berwirausaha dapat membantu Anda menambah penghasilan dan membuka lapangan kerja. Berikut rangkumannya.


Kerajinan

Jika Anda punya keahlian menciptakan kerajinan tangan, hal ini bisa menjadi peluang usaha. Kita sering mendengar kisah sukses dari usaha kerajinan tangan yang berawal dari hobi ini.

Kerajinan tangan ini bisa bermacam-macam, misalnya tas tangan, lukisan, menjahit, dekorasi, aksesoris, dan lain-lain. Kerajinan tangan tergolong eksklusif karena dibuat dari tangan satu per satu.


Warung Kopi

Warung kopi kini sedang digandrungi masyarakat, terutama anak muda. Semua orang lebih senang nongkrong di warung kopi daripada di mal. Celah ini bisa dijadikan usaha bagi Anda.

Konsep warung kopi yang Anda buat bisa disesuaikan dengan target pasar. Misalnya, kedai kopi untuk anak muda atau mahasiswa tentu berbeda dengan untuk orang tua.


Franchise Makanan

Selain mudah dan bermodal kecil, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan hendak berbisnis apa. Anda hanya perlu menjalankan franchise ini setelah membeli modal peralatan dan merknya.

Modal awal yang dikeluarkan sekitar Rp5 juta sampai Rp10 juta. Pilihlah franchise yang selalu diminati banyak orang agar menghasilkan keuntungan besar.


Jika Anda membutuhkan modal tambahan dalam membangun wirausaha, manfaatkanlah layanan P2P lending Modal Rakyat. Dengan pelayanan mudah dan cepat, Modal Rakyat menawarkan bunga yang kompetitif. Operasionalnya pun sudah dijamin OJK.

Demikian penjelasan tentang ide bisnis wirausaha. Selamat mencoba.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru