Finansial

3 Cara Mengatasi Risiko Investasi Emas untuk Investor

Kabrina Rian Ferdiani-

22 Feb 2021

3 Cara Mengatasi Risiko Investasi Emas untuk Investor

Risiko investasi penting untuk diketahui agar dapat memilih instrumen investasi dengan baik. Seperti halnya instrumen lain, emas juga memiliki risiko jika digunakan sebagai instrumen investasi.

Oleh karena itu penting untuk memahami cara mengatasi risiko yang ada agar dapat mempertahankan nilai emas dengan baik.

Di balik risiko yang ada, memang tidak dapat dipungkiri bahwa ada keuntungan yang didapatkan jika berinvestasi dengan instrumen emas. Mulai dari harga yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun serta harga sesuai dengan standar pasar internasional.

Berikut cara mengatasi risiko investasi emas.


Baca juga: 4 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Cocok untuk Pengusaha Muda


Menyiapkan Tempat Penyimpanan

Salah satu risiko investasi emas adalah membutuhkan tempat penyimpanan. Tempat penyimpanan mutlak diperlukan untuk dapat menyimpan instrumen investasi dengan baik. Hal ini juga sebagai salah satu upaya mengatasi berbagai permasalahan yang ada seperti kehilangan atau pencurian oleh pihak tidak bertanggung jawab hingga menjaga kualitas agar tidak rusak.

Emas memang salah satu komoditas yang menggiurkan dikarenakan memiliki nilai jual tinggi. Hal tersebut juga mampu menarik perhatian orang lain untuk memilikinya. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki tempat penyimpanan khusus. Agar komoditas tersebut tetap terjaga dan aman serta memiliki kualitas yang tetap bagus.

Untuk mengatasi risiko seperti kehilangan, pencurian serta rusaknya komoditas emas, Anda perlu menyiapkan tempat penyimpanan khusus. Tidak dapat dipungkiri ada beragam tempat penyimpanan yang dapat dijadikan alternatif, baik itu di rumah, di bank maupun di pegadaian. Anda dapat membeli brankas khusus untuk menyimpan logam jenis tersebut di rumah.

Jika jumlah emas yang dimiliki cukup banyak, brankas dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi risiko investasi. Apalagi brankas juga memiliki sistem keamanan yang cukup baik. Namun jika Anda masih khawatir menyimpannya di brankas rumah, Anda juga dapat menyewa jasa penyimpanan safe deposit box di bank atau pegadaian.

Mengenai harga jasa sewa safe deposit box juga berbeda-beda pada setiap bank tergantung dari ukuran box. Anda dapat mencari informasi terlebih dahulu di beberapa bank untuk melakukan perbandingan dan mendapatkan harga terbaik. Selain itu Anda juga dapat menyewa jasa safe deposit box di pegadaian.

Jasa sewa di pegadaian juga berbeda tergantung dari ukuran box. Anda perlu menyiapkan uang sekitar Rp400.000 untuk biaya sewa serta Rp500.000 untuk jaminan kunci per tahun.

Jika dibuat rata-rata per bulan tentu saja harga lebih terjangkau dan sebanding dengan jaminan keamanan yang didapatkan.


Baca juga: Modal Rp100 Ribu Bisa Beli Produk Investasi Online? Ini Tipsnya!


Membeli Emas di Tempat Terpercaya

Risiko investasi emas yang lain adalah penipuan oleh pihak penjual yang tidak bertanggung jawab. Apalagi jika Anda adalah orang awam sehingga tidak mengetahui betul perbedaan emas asli dan palsu. Selain itu juga memang sangat sulit untuk membedakan jenis logam murni dan asli secara kasat mata.

Oleh karena itu sangat penting untuk membeli emas di penjual yang terpercaya. Anda dapat membeli komoditas jenis logam tersebut di penjual yang sudah memiliki sertifikat seperti PT Aneka Tambang atau Antam. Perusahaan tersebut juga dikenal memiliki sertifikat yang diakui secara internasional. 

Jika Anda menjual emas yang dimiliki di luar negeri, tentu saja hal tersebut dapat dilakukan. Sementara jika Anda membeli di toko yang belum diketahui identitasnya, Anda perlu berhati-hati agar tidak terjebak penipuan atau toko abal-abal. Hal ini juga penting untuk mengatasi risiko investasi. 

Anda bisa mencari beberapa perusahaan penjual atau produksi emas yang sudah memiliki sertifikat resmi di internet. Sehingga Anda tidak takut tertipu dengan penjual emas palsu. Anda juga dapat membeli logam jenis tersebut melalui marketplace tepercaya. Untuk mengetahui teko yang bereputasi baik, Anda dapat melihat review atau testimoni pelanggan.

Pada umumnya marketplace juga bekerja sama dengan perusahaan lain seperti pegadaian untuk melayani pembelian emas. Cara lainnya adalah membeli emas batangan di beberapa bank Syariah. Pada umumnya mereka melayani pembelian baik secara tunai maupun kredit. Anda dapat membeli sejumlah logam sesuai dengan kebutuhan.


Baca juga: Cara Memulai Investasi Reksa Dana agar Tak Salah Langkah


Melakukan Perawatan dengan Baik 

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi risiko investasi adalah dengan cara melakukan perawatan emas dengan cara baik dan juga benar. Tidak dapat dipungkiri bahwa emas adalah jenis logam yang dapat teroksidasi sehingga mengalami perubahan warna menjadi lebih pudar. Jika hal ini dipertahankan terus-menerus, tentu saja dapat mengalami penurunan nilai.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa cara untuk mempertahankan kualitas jenis logam tersebut agar tidak mengalami perubahan nilai. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mencuci logam tersebut secara rutin di toko. Anda dapat mencari informasi toko yang menyediakan jasa pembersihan dan pencucian.

Anda juga dapat melakukan pencucian secara mandiri di rumah untuk mengatasi risiko investasi, yakni dengan menyediakan cairan pembersih logam. Namun Anda perlu menyediakan cairan pembersih yang sesuai dan berkualitas agar kualitas tetap terjaga. Anda juga perlu menjaga agar emas tidak terkena parfum. Dikarenakan hal tersebut memiliki efek terhadap kualitas emas.

Jika Anda masih belum dapat melakukan perawatan emas secara mandiri di rumah, jasa pembersihan di toko emas bisa menjadi alternatif. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari risiko kesalahan dalam perawatan.

Pemilihan emas sebagai instrumen investasi bagi investor memang langkah tepat dibandingkan dengan pilihan lain yang berisiko tinggi seperti saham. Sehingga penting untuk melakukan berbagai upaya untuk menjaga kualitas emas agar awet. Cara mengatasi risiko investasi juga penting agar instrumen emas tidak mengalami penurunan nilai.


Baca juga: Ini Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru