Bisnis

Panduan Jual Pulsa dengan Modal Minim

Kabrina Rian Ferdiani-

01 Jul 2021

Panduan Jual Pulsa dengan Modal Minim

Jika Anda ingin memiliki bisnis sendiri yang gampang dan tidak ribet, jual pulsa bisa menjadi pilihannya. Pulsa seolah menjelma jadi kebutuhan wajib bagi siapapun. Ini beriringan dengan tingginya minat membeli handphone.

Usaha berjualan pulsa relatif mudah dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar. Lantas mengapa usaha ini layak dijadikan ladang bisnis dan apa saja kelebihannya? Berikut ini informasi lengkap seputar bisnis tersebut.


Baca juga: 10 Ide Bisnis Digital yang Bisa Anda Coba Sekarang Juga


Kelebihan dari Bisnis Jual Pulsa

Sebelum memutuskan untuk mendirikan suatu usaha, Anda tentu perlu mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari modal, potensi pasar, serta berbagi keuntungan yang diperoleh. Ini dia beberapa keuntungan jika Anda memilih berjualan pulsa. 

Modal Minim

Jika Anda bercita-cita membangun usaha sendiri namun terkendala oleh modal, maka bisnis satu ini adalah pilihan tepat. Bukan tanpa sebab, modal yang diperlukan untuk menjadi agen termasuk kecil.

Bahkan menggunakan uang tidak lebih dari Rp100.000, Anda dapat mulai berjualan dan mendapat untung. Hasil untung dari jualan tersebut bisa dikelola dengan baik serta diputar kembali untuk membelanjakan stok. 

Jual Pulsa Tidak Perlu Kios

Berbeda dari jenis usaha kebanyakan, bidang satu ini tidak mengharuskan pengusaha untuk menyewa kios ataupun ruko secara khusus. Dengan demikian, tidak ada budget khusus yang perlu dianggarkan untuk membayar sewa.

Siapapun dapat melakukan bisnis pulsa dari mana saja dan kapan saja. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga dijalankan oleh mahasiswa hingga karyawan yang bekerja di tempat lain. Dengan kata lain, ini adalah sumber penghasilan tambahan.

Target Market Luas

Di era modern seperti sekarang, siapa yang tidak menggunakan smartphone dalam keseharian? Sebagian besar masyarakat mengandalkan handphone mereka untuk berkomunikasi, mencari informasi, hiburan, hingga menjalankan bisnis online.

Untuk dapat melakukan semua aktivitas tersebut, mau tidak mau harus mengisi handphone dengan pulsa. Bisa ditarik kesimpulan bahwa pangsa pasar untuk produk ini begitu luas. Artinya, bisnis jual pulsa termasuk sangat menjanjikan.

Bisnis Minim Risiko

Banyak orang tidak berani memulai usaha sendiri karena takut dengan risiko kerugian. Namun ini berbeda jika menjatuhkan pilihan pada usaha satu ini karena risiko kerugian cenderung rendah.

Tingginya kebutuhan masyarakat akan produk ini membuat risikonya cukup rendah. Jadi, tidak perlu khawatir jualan Anda tidak laku. Minimnya risiko inilah yang membuat banyak agen hingga distributor berminat menggeluti bidang usaha tersebut.

Mudah Menjalankannya

Bisnis jual pulsa termasuk jenis usaha yang sangat gampang dan tidak repot. Siapa saja bisa melakukannya selama memiliki kemauan serta tekad kuat. Anda tetap perlu mempelajarinya namun secara umum sangat mudah dipelajari.

Maka, jangan heran jika para pelajar juga bisa mendapatkan banyak keuntungan melalui bidang tersebut. Meskipun keuntungannya terlihat kecil, namun banyaknya transaksi membuat keuntungan tersebut berlipat ganda.


Berapa Besar Modal untuk Jual Pulsa?

Lalu, berapa banyak dana yang harus dialokasikan untuk memulainya? Mungkin ini menjadi pertanyaan terbesar bagi banyak orang. Tidak usah cemas, seperti telah kami singgung sebelumnya, bisnis ini bisa dimuali dari modal kecil.

Jangan khawatir apabila memiliki keterbatasan dana, dengan uang sebesar Rp100.000 saja, karena dengan modal itu sudah bisa mengisi saldo dan mulai menjualnya kepada pelanggan. Bahkan beberapa agen melayani pengisian saldo mulai Rp50.000 saja. 

Modal Rp100.000-Rp200.000 adalah angka yang menarik bagi pemula. Dengan dana itu, Anda bisa jual pulsa sedikit demi sedikit sambil mengumpulkan pelanggan. Ketika jumlah pelanggan semakin bertambah, pengisian saldo sebaiknya juga ditingkatkan.

Keuntungan yang diperoleh pada setiap transaksi memang terbilang kecil, yakni sebesar Rp1.000 sampai Rp2.000 saja. Namun jika dalam satu hari Anda bisa menyelesaikan 25 kali transaksi, maka tinggal dihitung keuntungan totalnya.

Tentunya, perlu juga menyiapkan unit handphone untuk melakukan transaksi. Tidak harus menyediakan satu unit handphone secara khusus akan tetapi bisa memakai handphone pribadi. 


Cara Memulai Bisnis Jual Pulsa

Jika sudah menetapkan niat untuk menjalankan bisnis ini, kini saatnya Anda melangkah lebih jauh yaitu mulai mengambil aksi. Berikut ini beberapa tips cara berjualan pulsa agar mendapat keuntungan melimpah.

Memilih Distributor yang Tepat

Langkah pertama, carilah distributor terpercaya dan handal. Kualitas distributor akan menentukan kesuksesan bisnis Anda. Perhatikan berapa harga yang ditawarkan, apa saja jenis produknya, hingga minimal deposit.

Semakin banyak produk seperti pulsa reguler, paket data, voucher internet, hingga token listrik membuat Anda bisa lebih leluasa menawarkan produk kepada pelanggan. Kualitas layanan yang diberikan seperti kecepatan pengiriman serta respon komplain.

Menentukan Harga Secara Tepat

Cara jual pulsa selanjutnya yaitu menetapkan harganya. Penetapan margin harga bisa disesuaikan dari harga yang Anda peroleh dari distributor. Amati juga harga yang diberlakukan oleh para kompetitor. 

Menetapkan harga terlalu tinggi berisiko kesulitan mendapat pelanggan. Sementara harga terlalu murah membuat Anda sulit mendapat keuntungan nyata. Tidak ada salahnya menjual dengan harga murah selama keuntungannya masuk akal.

Mengutamakan Kualitas Pelayanan

Agar sukses berbisnis jual pulsa, pastikan Anda selalu memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Berikan jawaban yang sesuai dengan ramah jika ada pelanggan menanyakan tentang produk-produk Anda.

Selain itu, mengirim pulsa dengan cepat adalah nilai plus tersendiri. Usahakan agar selalu cekatan dalam melayani setiap pelanggan. Apabila customer merasa puas dengan layanan Anda, mereka pasti akan membeli lagi.

Stop Pembelian dengan Cara Utang

Jual pulsa termasuk bidang usaha dengan keuntungan kecil. Perputaran modal terjadi secara cepat sehingga Anda sebaiknya tidak memperbolehkan jika pelanggan ingin membeli dengan cara berutang.

Pembelian secara utang bisa menghambat perputaran modal, akibatnya akan sulit jika hendak deposit pulsa kembali. Di samping itu, pembelian dengan berhutang dapat menyebabkan kebiasaan yang merugikan Anda.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis sendiri walapun dana Anda masih kecil. Berawal dari usaha jual pulsa bermodal minim, lambat laun Anda bisa mengembangkannya.


Baca juga: 7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Untuk Bisnis Digital


Dapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Anda

Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin mengembangkan usaha agar semakin menambah keuntungan. Untuk melakukannya Anda tentu membutuhkan modal lebih.

Anda dapat mendaftarkan diri sebagai peminjam layanan P2P lending Modal Rakyat. Dengan pelayanan yang cepat dan praktis, Anda akan memperoleh modal dalam waktu lima hari kerja. P2P lending ini juga sudah berizin OJK, sehingga keamanannya akan dijamin.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru