Bisnis

7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Untuk Bisnis Digital

Pretty Angelia Wuisan-

25 May 2021

7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Untuk Bisnis Digital

Tren bisnis saat ini beralih ke bisnis digital atau bisnis online. Bukti yang bisa Anda lihat di keseharian adalah masuknya perusahaan-perusahaan besar ke ranah bisnis digital. Padahal mereka punya toko berukuran raksasa, tapi tidak mau ketinggalan karena masyarakat pun semakin mengandalkan internet untuk berbelanja.

Ditambah lagi pandemi yang terjadi sejak awal tahun 2020 di Indonesia yang berhasil mengubah kebiasaan masyarakat menjadi bergantung pada transaksi digital. Anda sebagai pebisnis sebaiknya memanfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk membuka bisnis dalam ranah digital.


Baca juga: 6 Kemampuan Dasar yang Wajib Dimiliki Pelaku Bisnis UMKM


Mengapa menekuni bisnis digital?

Belasan tahun yang lalu, internet masih asing di telinga kita. Apalagi yang namanya toko online. Mungkin Anda adalah salah satu orang yang tidak menyangka kehadiran bisnis di era digital akan sangat membantu di masa-masa sulit ini.

Berkat kemajuan teknologi, contoh bisnis digital pun sekarang menjadi lebih marak. Manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh konsumen, tapi juga pebisnis kecil yang baru saja mendirikan bisnisnya. Alasan mengapa sebaiknya Anda mengandalkan bisnis digital, jawabannya ada di bawah ini.


1. Modal Kecil

Modal yang diperlukan untuk membangun bisnis digital ini termasuk minim karena Anda tidak memerlukan toko fisik. Anda hanya perlu mempersiapkan lokasi bisnis untuk mengeksekusi ide-ide bisnis Anda. Selain itu, biaya promosi tidak terlalu besar karena Anda dapat memanfaatkan iklan digital.

Modal yang tersedia bisa Anda alihkan pada operasional yang biasanya lebih membutuhkan modal besar. Anda pun jadi bisa memproduksi barang lebih banyak.

 

2. Target Pasar Akan Lebih Luas

Bisnis online akan membuat Anda mudah dalam mendatangkan calon pelanggan berkat bantuan algoritma dan Search Engine Optimization. Sama seperti orang-orang yang akan berkunjung ke toko, dengan bantuan teknologi yang kian canggih, calon pelanggan itu dengan sendirinya berkunjung ke toko online Anda.

Calon pelanggannya tidak hanya dari satu kota, bisa saja dari kota-kota lain di Indonesia. Hal itu karena cakupan internet yang memang tidak terbatas. Jadi, mungkin saja suatu saat nanti Anda mendapatkan pelanggan dari luar negeri.


3. Mudah dilakukan

Mendirikan bisnis digital ini sangat mudah. Anda tidak perlu mahir membuat toko online karena Anda bisa mengandalkan jasa orang lain yang mahir dalam membuat situs web. Selama Anda melek teknologi, Anda bisa mengatur berbagai media yang Anda gunakan untuk bertransaksi dengan para pelanggan. 

Fasilitasnya sudah tersedia, tidak perlu Anda bangun sendiri. Anda hanya perlu tahu bagaimana cara mengoperasikannya dengan baik. Bahasa teknologi sekarang dibuat sederhana, jadi Anda pasti akan lebih cepat memahaminya.


4. Waktu yang Lebih Fleksibel

Memiliki bisnis sendiri membuat Anda jadi bisa mengatur waktu dengan baik. Anda bahkan tidak terikat waktu dalam melakukannya karena semua itu Anda yang tentukan. Anda bisa saja memulai berbisnis dari pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore. Anda juga bisa mengambil hari libur di luar hari libur nasional.

Manajemen waktu ada di tangan Anda. Jadi, waktu yang Anda miliki untuk membangun bisnis ini sangatlah fleksibel.


7 hal yang perlu dipersiapkan untuk membangun bisnis digital

Membangun bisnis digital perlu dipersiapkan dengan matang. Ada tahapan yang perlu diperhatikan sebaik-baiknya agar bisnis berjalan lancar. Untuk itu Anda sebaiknya memperhitungkan hal-hal di bawah ini sebelum terjun ke dalamnya.


1. Tujuan Berbisnis

Sama seperti bisnis umumnya, bisnis online juga membutuhkan tujuan pasti. Tuliskan tujuan itu di catatan Anda atau di tempat lain yang bisa Anda lihat agar Anda terus mengingatnya. Pastinya Anda ingin jadi pengusaha sukses, tapi tujuan berbisnis bisa dibuat lebih personal lagi.

Mengapa menentukan tujuan bisnis ini penting? Agar Anda terus bersemangat dalam membangunnya, jadi bukan hanya sekadar ikut-ikutan, lalu nanti malah berhenti di tengah jalan hanya karena tidak bersemangat. Untuk mendapatkan apa yang diinginkan, Anda perlu berjuang setiap harinya.


2. Modal

Bisnis digital juga membutuhkan modal yang cukup agar berjalan dengan lancar. Walaupun modalnya cenderung lebih kecil, Anda perlu merinci modal dengan baik. Anda membutuhkan modal untuk proses produksi, promosi, sampai menyediakan media untuk berjualan. Jangan lupa sediakan juga dana untuk kebutuhan darurat dalam bisnis Anda itu.


3. Sumber Daya Manusia

Dalam membangun bisnis digital Anda juga membutuhkan bantuan. Entah itu dari rekan kerja atau karyawan. Anda tidak bisa melakukan semuanya sendiri karena Anda akan kelelahan. Anda perlu mempekerjakan karyawan yang memiliki keahlian di bidang yang Anda butuhkan.

Untuk Anda yang baru pertama kali membuka bisnis, jumlah pekerja yang Anda rekrut dapat disesuaikan dengan kebutuhan operasional.


4. Menentukan Medium untuk Menjual Produknya

Dalam mendirikan bisnis digital paling bagus memiliki situs web sendiri, tapi itu bukan suatu keharusan untuk Anda yang dalam tahap awal membangun bisnis. Anda bisa berjualan di media sosial atau di marketplace

Hampir semua media sosial memiliki fitur khusus untuk berjualan yang dapat dimanfaatkan oleh Anda. 

Lalu, pilihan marketplace di Indonesia saat ini cukup beragam. Namun, perlu diingat, marketplace biasanya membebankan biaya administrasi untuk para penjual.


5. Susun Rencana Bisnis dengan Rapi

Anda juga perlu merencanakan bisnis dengan rapi. Misalnya, mempersiapkan produk, menentukan target pasar, menentukan promosi seperti apa yang ingin diandalkan, dan lain sebagainya. 

Hal ini memang membutuhkan waktu, jadi lakukanlah sesuai dengan yang Anda rencanakan. Sampai Anda yakin bahwa Anda sudah siap mengeksekusi ide bisnis digital Anda ini.

 

6. Buat Akun Media Sosial Bisnis

Supaya bisnis digital Anda lebih dikenal, Anda wajib memiliki media sosial khusus untuk toko online Anda. Melalui media sosial itu, Anda akan lebih mudah berinteraksi dengan pelanggan. Anda juga bisa sekalian promosi di sana dengan memasarkan produk-produk  andalan Anda.

Promosi di media sosial sangat bagus dilakukan pebisnis pemula karena biayanya tidak begitu mahal. Anda bahkan bisa menentukannya sesuai dengan budget yang dimiliki karena tidak ada patokan dari media sosialnya sendiri.


7. Belajar SEO

Memahami SEO atau Search Engine Optimization akan memudahkan Anda untuk melakukan pemasaran secara online. Anda dapat menjadikan situs web jualan milik Anda menjadi yang pertama di halaman mesin pencarian. Untuk membangun SEO yang bagus, diperlukan waktu yang lama, jadi Anda jangan ragu untuk mengembangkannya secara terus-menerus.


Baca juga: 8 Jenis Usaha dengan Modal Usaha Minim Saat Ini


Modal Rakyat siap membantu Anda membangun bisnis digital 

Untuk Anda yang ingin mendirikan bisnis digital, raihlah dana bersama Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan membantu Anda bertemu dengan investor yang cocok yang bersedia mendanai bisnis Anda. Jumlah dana yang dapat Anda ajukan bermacam-macam, dari Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Pengajuannya tidak sulit karena bisa melalui online. Selain itu, beban bunga yang diberikan pada Anda kompetitif karena akan disesuaikan melihat dari risiko usaha Anda. Mari wujudkan impian membangun bisnis digital dengan berkunjung ke halaman ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru