Bisnis

10 Ide Bisnis Digital yang Bisa Anda Coba Sekarang Juga

Brigitta Winasis-

27 May 2021

10 Ide Bisnis Digital yang Bisa Anda Coba Sekarang Juga

Bisnis digital di zaman sekarang memang sedang diminati banyak orang. Peluang bisnisnya besar serta mudah dilakukan karena menggunakan teknologi sebagai sarananya. Namun bisnis digital tetap memiliki tantangannya tersendiri.

Anda tertarik menekuni bisnis digital? Anda dapat memulainya dengan mencari ide bisnis digital. Sebetulnya ada banyak sekali bisnis secara online yang menjanjikan di tahun ini. Namun Anda harus menentukan pilihan sesuai minat dan passion Anda.

Sebelum membahasnya lebih jauh, ada baiknya Anda memahami lebih dalam tentang bisnis digital. Berikut penjelasannya.


Penjelasan Bisnis Digital

Bisnis digital adalah usaha yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk membuat produk atau layanan dalam penjualannya. Bisnis ini tidak selalu bersangkutan dengan penjualan software atau aplikasi. Bisnis ini juga tidak selalu berkaitan dengan penjualan bentuk digital dari barang fisik, misalnya e-book.

Pemasaran dalam bisnis digital dilakukan seluruhnya dilakukan secara daring, bisa lewat situs, aplikasi, media sosial, atau marketplace. Bisnis ini bisa berkaitan dengan produk atau layanan. Misalkan Anda menjual video motivasi online tentang mindset orang sukses. Hal ini tentu dapat dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian tersendiri.


Baca juga: Langkah Memulai Bisnis Dropship yang Tren di 2021


Ide Bisnis Digital

Banyak jenis bisnis digital dengan omzet menggiurkan. Berikut akan dijelaskan contoh ide bisnis digital yang dapat Anda lakukan.


Affiliate Marketing

Affiliate marketing alias pemasaran terafiliasi adalah kegiatan mempromosikan produk atau layanan kepunyaan orang lain dan Anda akan mendapat komisi sebagai gantinya. Ada beberapa cara melakukan bisnis ini.

Pertama, daftarkan diri Anda ke sebuah program affiliate marketing, kemudian Anda akan mendapat link. Kedua, lakukan promosi produk dengan menggunakan situs atau media sosial (medsos) Anda. Ketiga, pembeli yang menggunakan kode atau link Anda, maka Anda mendapat komisi.

Ada berbagai jenis affiliate marketing, misalnya penjualan software tertentu.


YouTuber

Banyak anak muda sekarang ingin menjadi YouTuber karena tergiur dengan penghasilannya yang bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Namun perlu diingat, untuk mencapai jumlah itu diperlukan ketekunan dan waktu yang tidak singkat.

Mengelola kanal YouTube dengan konten yang menarik tentu tidak mudah. Anda harus terus konsisten dan berpikir keras tentang konten seperti apa yang unik dan menarik minat penonton.

Untuk membuat penonton senang melihat konten Anda, gunakan peralatan yang memadai. Software editing yang bagus juga akan membantu Anda dalam menghasilkan video-video berkualitas.

Penghasilan yang didapat dari menjadi YouTuber adalah dari iklan. Anda juga bisa menerima endorsement sebagai sarana mendapatkan uang.


Baca juga: Ide Bisnis Online Tak Menyita Waktu dengan Modal Kecil


Menjadi Blogger

Siapa tidak kenal Raditya Dika? Sebelum tenar seperti sekarang, ia mengawali karier dari menulis buku dan membuat blog pribadi. Kariernya di dunia hiburan lalu sukses setelah terjun menjadi pemain film dan komika.

Jika Anda memutuskan menjadi blogger, Anda harus konsisten dalam menjalankannya. Dengan begitu, pembaca akan terus berkunjung ke laman blog Anda.

Anda bisa memanfaatkan blogger.com atau wordpress.com. Di sana sudah disediakan format penulisan yang dapat Anda gunakan.

Selanjutnya, Anda juga dapat mencari tutorial penulisan blog yang menarik dan unik. Sebagai pemula, mulailah dari tulisan tentang hobi atau kegemaran Anda.

Jika sudah mulai berkembang Anda dapat menjadikannya sumber pundi-pundi uang dengan memasang iklan atau menulis ulasan berbayar, seperti yang dilakukan blogger lain.


Menjalankan Dropship

Dropship adalah bentuk bisnis digital di mana Anda bisa menjual produk tanpa perlu memikirkan barangnya sendiri. Anda tidak perlu memikirkan tempat penyimpanan dan pengiriman. Anda cukup bertindak sebagai pemasaran.

Hal ini yang menjadikan dropship berbeda dengan reseller. Saat ini orang sudah mulai banyak tertarik dengan reseller. Dalam dropship, Anda langsung mendapat uang begitu barangnya terjual. Sementara itu reseller harus memikirkan pengembalian modal ke pemasok utama.

Untuk mendapat keuntungan, Anda bisa membanderol harga lebih tinggi dari harga pokok di pemasok. Namun ingat banyak orang menjalankan bisnis serupa, sehingga jangan terlalu eksklusif memasang harga.

Nantinya setelah mendapat pesanan, pemasok yang akan mengirimkannya langsung ke pembeli. Anda nyaris tidak memerlukan modal dalam melakukan usaha ini. Anda hanya perlu menetapkan ingin menjual barang apa.


Membuat Konten Digital

Berbeda halnya dengan blogger, konten digital ini dapat dilakukan di media sosial atau situs. Bisnis ini sesuai bagi mereka yang hendak memanfaatkan keahlian menulis. Apalagi sekarang banyak situs yang bersedia membayar untuk tulisan yang bermutu.

Jika anda mempunyai kemampuan menulis dalam bahasa Inggris, cobalah situs seperti WritersWeekly. Di Indonesia Anda dapat mencari situs-situs portal berita atau surat kabar digital yang menawarkan kesempatan untuk menulis secara berbayar. Sementara itu di media sosial, Anda dapat menjadi pembuat caption bagi toko atau perusahaan yang memasarkan produk mereka.

Namun jika Anda sudah memiliki blog, Anda memiliki kesempatan yang lebih besar lagi. Semakin menarik konten di situs Anda, semakin besar kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan membuat konten digital.


Mengisi Kursus Online

Kursus online ini semakin populer di era pandemi Covid-19. Dunia pendidikan kini sudah mengenal kecanggihan teknologi. Kalau sebelum ini Anda harus menyambangi tempat yang membuka kursus, sekarang Anda hanya perlu menyalakan komputer dan terhubung dengan internet.

Untuk mengajarkan keahlian Anda, Anda tidak perlu memiliki kualifikasi khusus. Anda hanya perlu merasa percaya diri dengan apa yang Anda tawarkan.

Anda bisa memasarkan bisnis tersebut di media sosial Anda. Untuk memudahkan pelanggan, Anda bisa membuat situs sendiri dalam sistem yang terintegrasi.


Membuat Podcast

Podcast alias siniar kini semakin diminati banyak orang. Siaran podcast mirip dengan radio, bedanya dapat dilihat secara daring dan sesuai permintaan. Orang yang memproduksi siniar disebut podcaster.

Di podcast, Anda dapat membicarakan berbagai topik yang Anda kuasai. Misalkan tentang hobi atau ilmu yang Anda pelajari.

Membuat podcast tidak sulit. Anda dapat mencari tutorial cara membuat podcast yang menarik. Selanjutnya, setelah direkam podcast itu dapat diunggah ke platform seperti Spotify atau Anchor.


Membuka Toko Online

Membuka toko online semakin mudah dengan tersedianya berbagai marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Anda dapat menjual berbagai barang di sana, mulai dari barang buatan pribadi hingga menjadi reseller. Jika kerepotan dengan penyimpanan barang, Anda dapat menjual barang digital seperti software.

Jika kesulitan, Anda dapat menjualnya melalui media sosial. Instagram dan Facebook saat ini sudah menyediakan banyak fitur untuk berjualan online.

Lebih bagus jika Anda bisa membuat situs sendiri. Hal termasuk ide bisnis digital paling potensial di Indonesia. Mengapa perlu membuat toko digital sendiri?

Pertama, toko online Anda tidak bergantung pada orang lain. Kedua, toko Anda akan tampak beda. Anda biasa dengan bebas mengatur tampilan toko online tersebut. Hal ini menambah nilai plus karena menunjukkan Anda orang yang berpengalaman dalam berjualan.

Ketiga, melakukannya sangat mudah. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan berbagai platform yang membuat Anda tampak profesional, misalnya melalui WordPress.


Menjadi Influencer

Apabila Anda memiliki jumlah pengikut banyak di Instagram, Anda dapat menjadi influencer atau orang yang mempengaruhi banyak orang. Anda bisa memulainya dari aktivitas yang sedang tren atau hobi Anda. Misalkan, makan makanan unik, jalan-jalan ke destinasi wisata menarik, sampai hobi make up.

Anda juga dapat menerima endorsement sebagai sumber penghasilan Anda. Awalnya, cukup konsisten dengan unggahan Anda. Tawaran kerja sama akan datang dengan sendirinya.


Meskipun tidak memerlukan banyak modal, Anda mungkin ingin mengembangkan bisnis digital lebih lanjut dan membutuhkan modal lebih. Untuk itu Anda bisa mendaftarkan diri di Modal Rakyat. Dengan layanan P2P lending yang mudah, cepat, dan dijamin, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan modal tambahan.

Demikian penjelasan tentang bisnis digital. Selamat mencoba, semoga beruntung.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru