Bisnis

Peluang Bisnis P2P Lending Indonesia

Kabrina Rian Ferdiani-

15 Oct 2019

Peluang Bisnis P2P Lending Indonesia

P2P Lending adalah layanan keuangan untuk pinjam-meminjam berbasis teknologi atau yang disebut fintech lending. Layanan ini berpeluang besar sebagai alternatif untuk investasi di era digital. P2P Lending Indonesia kini sudah mulai berkembang. Hal ini dibuktikan dengan salah satu P2P Lending, yaitu Modal Rakyat yang mampu membantu pengembangan bisnis UMKM di Indonesia.


Kerjasama ini menunjukkan bahwa inklusi keuangan Indonesia dan P2P lending saling bersinergi. Hal ini tentu merupakan sebuah keuntungan bagi pelaku bisnis karena mereka akan dengan mudah mendapat pinjaman untuk bisnis mereka. Proses peminjaman dana pun dapat dilakukan dengan mudah tanpa proses yang rumit.


OJK meyakini bahwa P2P Lending tidak mengancam bagi industri perbankan. Perusahaan P2P Lending pun siap untuk bersinergi dengan layanan keuangan konvensional. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pelaku bisnis untuk mendapatkan pinjaman.

Peluang bisnis P2P Lending atau fintech sangat terbuka lebar. Lembaga pengawas industri mengatakan bahwa di Indonesia membutuhkan kurang lebih 800 penyelenggara P2P Lending.


Kemunculan fintech yang sangat beragam di sektor lainnya sangat diharapkan karena besarnya kebutuhan pendanaan yang membuat para pelaku bisnis membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya. Menurut Direktur Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan Fintech OJK yaitu Hendrikus Passagi, pendanaan sebesar 1.700 triliun rupiah dibutuhkan masyarakat. Lembaga penyedia keuangan konvensional hanya akan mengakomodasi sebesar 700 triliun rupiah. Maka masih ada 1000 triliun rupiah yang diperlukan.


Berikut ini adalah beberapa peluang yang didapatkan dari P2P Lending di Indonesia. Beberapa peluang ini perlu Anda ketahui.


Baca juga: Sudah Paham Tentang Investasi Jangka Pendek? Yuk, Simak Pembahasan Investasi Jangka Pendek!



Peluang Bisnis P2P Lending Sebagai Alternatif Investasi


Otoritas Jasa Keuangan atau OJK telah menyusun peta jalan untuk fintech lending, yang salah satunya adalah memproyeksikan serta bersinergi dengan layanan keuangan konvensional. P2P Lending tidak mengancam layanan keuangan, melainkan dengan adanya P2P Lending, maka akan memudahkan para pelaku usaha dan memudahkan inklusi keuangan yang mengadakan kerjasama dengan P2P Lending. 

P2P Lending nantinya akan berkembang sebagai alternatif investasi. Hal ini disebabkan karena P2P Lending menjembatani pemberi pinjaman dan juga peminjam di platform digital. Pemberi pinjaman atau yang disebut lender akan memperoleh imbalan dari hasil yang presentasinya di atas bunga deposito bank. 


Tentu saja hal ini sangat menarik minat dari masyarakat untuk memberikan pinjaman. Jadi si pemberi pinjaman atau salah satu investor di P2P Lending akan menerima return atas dana yang telah diberikan kepada peminjam. Bukankah hal ini merupakan sebuah keuntungan dan peluang dalam bisnis P2P Lending Indonesia?


Peluang Bisnis P2P Lending untuk Berkolaborasi dengan Program Pemerintah


Salah satu peluang dari bisnis P2P Lending adalah dapat berkolaborasi dengan program-program milik pemerintah seperti SBN ritel, penyaluran dana desa atau pun dana bergulir. P2P Lending Indonesia juga bisa bekerjasama dengan industri jasa keuangan yang ada di Indonesia seperti BPR, BPD, asuransi, pegadaian, dan koperasi.  


Peluang Bisnis P2P Lending untuk Pengembangan Usaha


Bisnis online merupakan bisnis yang menjadi favorit banyak orang. Tidak jarang beberapa orang yang baru memulai bisnis memilih untuk berbisnis secara online. Akan tetapi pengalaman dan modal usaha bisa menjadi hambatan dan kendala saat akan mengembangkan bisnis yang baru dimulai atau baru dijalankan. 


Hal ini yang membuat P2P Lending muncul untuk memberikan kemudahan bagi pelaku usaha yang sedang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya. Melalui P2P Lending Anda bisa mengajukan pinjaman untuk modal usaha yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis yang baru dirintis. Dengan demikian ketika bergabung dalam bisnis P2P Lending maka akan sangat bermanfaat untuk pengembangan usaha yang Anda miliki.


Peluang Bisnis P2P Lending untuk Mendapatkan Bunga yang Ringan


Besarnya bunga tentu menjadi salah satu permasalahan dan kendala yang sering dialami oleh beberapa orang saat meminjam dana. Bunga yang tinggi kerap kali menjadi salah satu masalah di dalam perkembangan UMKM terutama bisnis yang baru dirintis atau baru didirikan. 


Namun, Modal Rakyat menerapkan bunga yang ringan dan sangat terjangkau untuk para pelaku usaha yang meminjam dana. Dengan bunga pinjaman yang cukup ringan ini, maka pelaku UMKM akan merasa lega dan bisa mengembangkan bisnis tanpa merasa terbebani dengan bunga pinjaman yang tinggi.


Peluang Bisnis P2P Lending untuk Peningkatan UMKM


Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh P2P Lending Indonesia, maka sangat berpengaruh terhadap peningkatan UMKM. UMKM yang mengalami kendala dalam mengembangkan usaha karena tidak mendapat dana yang cukup akan dimudahkan dengan kehadiran P2P Lending. Pendanaan yang didapatkan dengan mudah dan tanpa melalui proses-proses yang rumit membuat P2P Lending menjadi pilihan beberapa UMKM dalam mendapatkan dana.


Selain kemudahan yang ditawarkan, bunga yang didapatkan juga ringan. Hal ini membuat UMKM merasa lega karena kehadiran P2P Lending. Peningkatan UMKM sangat signifikan karena kemudahan dalam peminjaman dana dari layanan P2P Lending di Indonesia.


Peluang Bisnis P2P Lending Membantu Pendanaan UMKM


Selain penyedia dana yang mendapat keuntungan karena dapat berinvestasi saat bergabung dengan bisnis P2P Lending. Peminjam dana pun, yaitu pelaku UMKM, akan merasakan keuntungan saat meminjam dana di P2P Lending. Karena adanya P2P Lending maka memberikan manfaat yaitu pendanaan terhadap UMKM. UMKM memiliki sumber dana yang digunakan untuk menjalankan bisnisnya dari peminjaman dana di P2P Lending.


Karena peminjaman dana melalui Bank dan P2P Lending memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Ketika pelaku UMKM meminjam dana di bank, maka membutuhkan waktu yang sangat lama mulai dari pengajuan dana hingga pencairan dana. Berbeda dengan P2P Lending, peminjaman dana melalui P2P Lending sangat mudah, mulai dari pengajuan dana hingga pencairan dana prosesnya sangat cepat.


P2P Lending Indonesia, menyediakan kemudahan bagi pelaku usaha yang ingin mengajukan pinjaman uang. P2P Lending merupakan salah satu penyedia pinjaman yang memudahkan masyarakat dalam melakukan peminjaman dana dengan cara yang sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.


Baca juga: 6 Bisnis UMKM Yang Cocok Untuk Generasi Z

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru