Bisnis

Peluang Usaha Food Truck dengan Konsep yang Fresh

Kabrina Rian Ferdiani-

19 Nov 2020

Peluang Usaha Food Truck dengan Konsep yang Fresh

Peluang usaha bisa datang kapan saja dan di mana saja tergantung bagaimana Anda melihat kondisi sekitar. Banyak orang yang terpaksa harus menutup usahanya karena bangkrut atau tidak mendapatkan pemasukan. Salah satu penyebabnya adalah usaha yang dijalankan tidak sesuai dengan kebutuhan target pasar atau sekitar. 

Sudah banyak para pelaku bisnis di bidang kuliner hingga membuat persaingan bisnis pun juga semakin ketat. Bagi Anda yang ingin terjun dalam bisnis kuliner, maka tidak semudah yang dibayangkan karena ada banyak kompetitor. Itulah mengapa Anda harus bisa memikirkan inovasi agar dapat bertahan di tengah persaingan yang ketat ini. 

Konsep food truck bisa dijadikan peluang usaha cukup menjanjikan di Indonesia. Sebenarnya, konsep berjualan makanan memang sudah populer di berbagai negara, termasuk di negara Korea Selatan. Tidak ada salahnya jika kita menerapkan konsep ini dan memberikan sentuhan inovasi menyesuaikan target pasar sehingga usaha akan lebih laris. 


Baca juga: 6 Tips Sukses Memasarkan Produk di Instagram


Mengenal Bisnis Food Truck 

Jenis usaha di bidang kuliner ini dijajakan dalam sebuah kendaraan besar yang umumnya disebut truk. Meskipun namanya truk, tapi bukan berarti sama dengan truk pasir. Truk ini sudah didesain sedemikian rupa untuk memudahkan persiapan, memasak, penyajian dan penjualan dalam bisnis kuliner. 

Peluang usaha yang satu ini memang sangat diminati oleh banyak orang, apalagi dengan konsep yang cocok untuk anak muda zaman sekarang. Amerika dan Eropa sudah lebih dulu mengenal food truck hingga akhirnya menjadi tren di berbagai belahan dunia manapun, termasuk Indonesia.

Sekarang ini, hampir di setiap sudut kota besar di Indonesia dapat menjumpai bisnis food truck karena memang cocok dengan minat anak zaman sekarang. Konsep penyajian yang berbeda dari restoran pada umumnya membuat Anda dapat merasakan sensasi baru dalam menyantap kuliner melalui food truck ini. 

Siapa sangka jika peluang usaha dengan konsep fresh dan hits ini mendapatkan respon cukup baik dari konsumen, khususnya di Indonesia. Dengan kapasitas truk yang terbatas membuat persediaan makanan yang bisa dijual pun juga terbatas sehingga jam operasionalnya tidak selama restoran pada umumnya, tapi keuntungannya menjanjikan. 


Persiapan Memulai Usaha Food Truck

Peluang usaha yang satu ini sebenarnya bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin terjun di bisnis kuliner, tapi modal tidak begitu besar. Untuk membuat restoran, tentu kita membutuhkan dana untuk membeli tanah atau sekadar menyewa tempat. Belum lagi dengan segala fasilitas dalam restoran tersebut. 

Namun, tentu masih ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum memulai bisnis food truck. Pertama adalah lokasi yang strategis. Sebenarnya, penggunaan truck ini memberikan keuntungan di mana kita bisa berjualan di berbagai tempat sekaligus, tapi harus tetap mendapatkan perizinan dari pengelola atau pemilik lokasi.

Selain itu, peluang usaha ini juga sangat dipengaruhi oleh variasi menu yang dijual. Kebanyakan food truck menjual makanan modern dari luar negeri, Tetapi Anda bisa berinovasi dengan menjual makanan khas Indonesia sehingga besar kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan, namun pastikan bahwa cita rasanya tidak mengecewakan. 

Apabila semua sudah dipersiapkan jangan lupa untuk mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial. Peluang usaha food truck bisa dibilang merupakan bisnis anak muda zaman sekarang sehingga Anda harus bisa meraih target pasar melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, Youtube dengan konten menarik dan kekinian.


Contoh Usaha Food Truck

Bagi Anda yang masih asing dengan usaha satu ini, maka bisa mempelajari beberapa contoh food truck yang sudah ada di Indonesia. Salah satunya adalah burger sebagai menu favorit di industri food truck. Agar tidak kalah bersaing, Anda tentu harus memiliki keunikan tersendiri dalam burger tersebut. 

Peluang usaha ini juga cukup menjanjikan jika Anda menjual es krim. Setiap orang pasti suka dengan es krim sehingga kesempatan untuk mendapatkan banyak keuntungan pun terbuka sangat lebar. Pastikan bahwa Anda menjual es krim dengan berbagai kreasi menarik agar mendatangkan lebih banyak pembeli. 

Jika kedua menu di atas dirasa lebih cocok, tidak ada salahnya jika Anda mencoba barbeque yang semakin diminati anak muda, misalnya sosis bakar. Rasa nikmat dan pedasnya menjadi incaran sebagai makanan untuk nongkrong. Jadi, penting untuk memperhatikan di mana area parkir food truck untuk berjualan.

Peluang usaha lain yang tak kalah diminati adalah berjualan makanan Asia, seperti makanan khas Korea Selatan, Jepang dan China. Makanan ini hampir diserbu oleh banyak orang karena memang cita rasa yang cocok dengan lidah orang Asia, seperti takoyaki, bapao, tteokbokki atau makanan khas Indonesia. 


Analisa Usaha Food Truck

Tertarik ingin membangun usaha yang sedang hits ini? Meski begitu, tapi Anda juga perlu memikirkan konsep lebih menariknya. Beberapa peralatan standar yang wajib Anda siapkan adalah mobil box, display warmer, stok bahan baku, peralatan masak, kulkas mini, meja kursi minimalis, kompor gas dan selang regulator.

Peluang usaha ini memang memiliki banyak keuntungan, seperti harga lebih murah, tempat nyaman, pelayanan cepat dan memuaskan, tapi Anda juga perlu memikirkan kekurangannya, seperti makanan cepat basi dan cuaca agar nantinya bisa dilakukan antisipasi. Misalnya saja, stok bahan makanan tidak terlalu banyak dan menyediakan payung. 

Dengan tempat fleksibel dan diminati anak muda, usaha ini rasanya akan mendapatkan respon positif dari para konsumen, apalagi jika masakannya lezat. Namun pastikan jika Anda telah mendapatkan izin dari pengelola atau pemilik tempat karena tidak semua lokasi bisa digunakan untuk berjualan. 

Tertarik ingin membuka usaha food truck tapi bingung masalah modal? Percayakan saja pada Modal Rakyat karena kami adalah solusi bagi Anda yang sedang mencari modal usaha. Dengan begitu, Anda bisa mulai mempersiapkan usaha ini dengan modal yang didapatkan sehingga peluang usaha terbuka lebar.


Baca juga: Menguntungkan, Modal Uang 100 Ribu untuk Bisnis Pulsa

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru