Finansial

Pengertian Keuangan dan Pengelolaan Sesuai Kategori

Pretty Angelia Wuisan-

07 Feb 2022

Pengertian Keuangan dan Pengelolaan Sesuai Kategori

Pengertian keuangan perlu dipahami oleh Anda yang kegiatan sehari-harinya selalu berkaitan dengan uang. Anda pun nantinya akan lebih paham cara mengelola keuangan untuk kelancaran hidup Anda.

Tidak hanya di ranah pribadi, keuangan juga hadir di perusahaan dan negara. Dari yang sederhana, hingga yang kompleks. Ini dia penjelasan mengenai pengertian keuangan dan pengelolaannya berdasarkan kategori.



Baca juga: Laporan Keuangan: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya



Apakah yang Dimaksud dengan Keuangan?

Keuangan berarti istilah yang biasanya dikaitkan dengan pembelajaran, manajemen, dan penciptaan mengenai uang dan penggunaannya untuk berinvestasi.

Keuangan menjadi pondasi dari berbagai kegiatan kita semua. Diperlukan manajemen yang baik untuk bisa mengelolanya sesuai tujuan. Hal ini tidak hanya berlaku pada perusahaan atau negara, tapi juga di urusan pribadi.

Dari sisi pendidikan, keuangan menjadi turunan dari ilmu ekonomi. Memiliki ruang khusus untuk mempelajari fungsi keuangan, manajemen aset, manajemen keuangan, faktor risiko, dan lainnya.

Di sini kita akan lebih melihat manajemen keuangan, serta pengertian masing-masing kategori umum dalam keuangan seperti keuangan negara, pribadi, dan perusahaan.



Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah aktivitas yang tujuannya untuk merencanakan, mengelola, mengendalikan, dan mencatat dana serta aset milik mereka yang berkepentingan.

Individu, perusahaan, dan negara perlu melakukan manajemen keuangan sesuai tujuan. Apalagi uang termasuk hal yang riskan dan rentan disalahgunakkan. Kegiatan manajemen keuangan mencakup hal-hal berikut ini:

  • Perencanaan
  • Penganggaran
  • Pengontrolan
  • Pemeriksaan 

1. Perencanaan

Hal pertama yang dilakukan adalah merencanakan penggunaan keuangan, menentukan tujuan, dan strategi untuk menghadapi bermacam risiko. Perencanaan ini yang akan jadi petunjuk. 

2. Penganggaran

Setelah itu dilakukan alokasi dana sesuai rencana yang sudah dibuat. Anggaran yang dibuat harus pas dan sesuai kebutuhan penyelenggara. Pencatatan anggaran pun dilakukan dengan rapi dan bisa dipertanggungjawabkan.

3. Pengontrolan

Walaupun sudah direncanakan dan dana sudah dialokasikan, tetap saja bisa terjadi penggunaan dana yang berlebih. Di sini lah diperlukan pengontrolan di sepanjang kegiatan agar tetap pada anggaran.

4. Pemeriksaan 

Pemeriksaan ini biasanya dilakukan di bagian akhir. Ada pencatatan sesuai dengan bukti-bukti transaksi. Kemudian evaluasi untuk mengetahui apakah manajemen keuangan sudah dilakukan dengan benar atau masih harus diperbaiki.


Apa itu Keuangan Negara?

Pengertian keuangan negara adalah hak dan kewajiban negara yang dinilai dari uang, serta hal lainnya baik barang maupun uang yang jadi kepemilikan negara dan berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban itu.

Pengelolaan uang negara wujudnya ada pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang kita kenal sebagai APBN. APBN ini digunakan untuk kepentingan masyarakat yang menjadi tanggung jawab negara dalam menjalankan rencananya.

Presiden yang punya kuasa penuh mengelola keuangan negara dan dibantu berbagai lembaga negara lainnya yang diberikan wewenang.

Indonesia sendiri punya Kementerian Keuangan yang khusus mengatur tatanan keuangan untuk kestabilan ekonomi Indonesia. Kementerian ini juga bekerja sama dengan lembaga lain yang punya wewenang yang sama.


Apa itu Keuangan Pribadi?

Keuangan pribadi adalah hal-hal yang mencakup pengelolaan uang rumah tangga atau keluarga, perencanaan keuangan untuk jangka pendek dan panjang, dan pengalokasiannya.

Pengelolaan uang pribadi setiap individu berbeda sesuai dengan banyaknya pemasukan, kebutuhan prioritas, dan keinginan serta tujuan masing-masing.

Keuangan pribadi bisa dikatakan baik apabila arus kas lancar, punya asuransi untuk proteksi, tabungan yang diisi rutin, investasi, dana darurat, hingga dana khusus untuk pensiun.

 

Apa itu Keuangan Perusahaan?

Keuangan perusahaan adalah hal-hal yang terkait dengan uang perusahaan yang mencakup modal, kas, dan aset yang diterima dari penjualan hingga proses pinjaman usaha atau kredit.

Keuangan untuk bisnis punya peran yang krusial, cukup wajar jika manajemen keuangan yang dilakukannya cukup ketat dan sistematis.

Setiap perusahaan bahkan punya sumber daya khusus untuk mengelola keuangan yang hadir dalam divisi keuangan. Mereka melakukan perencanaan, penganggaran, pengontrolan, sampai pencatatan dalam bentuk laporan keuangan.


Baca juga: Mengenal Peran Penting Manajemen Keuangan dalam Bisnis


Kesimpulan

Demikian pengertian keuangan dan pengelolaannya sesuai kategori. Bisa disimpulkan keuangan punya peran penting untuk melancarkan aktivitas kita. Untuk itu pengelolaannya harus dilakukan dengan benar dan tercatat dengan baik.


Dapatkan Pinjaman Produktif Mudah untuk UMKM di Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang butuh dana cepat untuk usahanya, bisa memanfaatkan pinjaman produktif mudah melalui Modal Rakyat. Modal Rakyat siap membantu mewujudkan impian Anda.

Anda bisa mengajukan dana dari Rp500 ribu hingga maksimalnya Rp2 miliar. Bunga yang dibebankan pada Anda pun besarannya kompetitif.

Semua proses pengajuan modal usaha dilakukan secara online, sehingga praktis dan mudah. Modal Rakyat juga termasuk P2P lending aman karena sudah memperoleh izin legal OJK. 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru