Finansial

Bisnis

Perencanaan Keuangan untuk Modal dan Pengembangan Usaha

Kabrina Rian Ferdiani-

11 Jan 2021

Perencanaan Keuangan untuk Modal dan Pengembangan Usaha

Ketika hendak menjalani sebuah usaha, mengatur perencanaan keuangan merupakan poin penting sebagai indikator keberhasilan. Sebesar apapun ruang lingkup bisnis yang dijalankan besaran keuntungan akan selalu jadi tujuan untuk mengukur kemajuan bisnis tersebut.

Pada era serba digital seperti sekarang ini, pelaku UMKM tidak perlu lagi kebingungan mencari modal utuh atau tambahan dana. Adanya finansial teknologi menjadi solusi untuk mendapatkan suntikan biaya tanpa harus melalui proses terlampau rumit. 

Baca juga: 4 Investasi Jangka Panjang yang Cocok untuk Pengusaha Muda

Selain itu untuk Anda para pemilik usaha yang sudah dijalankan, namun butuh tambahan dana maka juga bisa melalui fintech. Ruang lingkup tidak dibatasi untuk pemodal serta pemilik usaha pada satu lokasi tertentu saja. Kerja sama dapat dilakukan tanpa batasan ruang serta waktu. 

Kemudahan dan kemajuan teknologi digital mendukung perencanaan keuangan menjadi lebih rapi dan terperinci. 2 pihak, pemilik dana dan pelaku usaha tidak perlu berada pada satu waktu dan lokasi tertentu untuk memberikan simbiosis mutualisme sebagai pemberi tambahan maupun pelaku usaha.


Baca juga: Dana Darurat akan Membantu Anda ketika Masalah ini Datang


Jenis Modal Invoice

Upaya untuk mendukung perencanaan keuangan melalui platform online salah satunya dapat mengandalkan jenis modal invoice. Jenis pendanaan ini menjaminkan faktur belum terpakai sebagai salah satu syarat melakukan pinjaman. Terdapat beberapa usaha dapat mengajukan pinjaman. 

Modal invoice disebut juga sebagai invoice financing, solusi untuk para pelaku usaha yang kerap mengalami keterlambatan pembayaran invoice. Adanya invoice financing memungkinkan siapa saja untuk mengajukan pinjaman demi mengembangkan usaha dengan jaminan faktur. 

Baca juga: Tips Membuat Financial Planning untuk Millennials

Beberapa pelaku usaha pasti pernah mengalami keterlambatan bayar dari pelanggan. Keterlambatan tersebut mengganggu arus kas sehingga mempengaruhi besaran biaya untuk diputar kembali demi membiayai berbagai macam risiko, salah satunya gaji para karyawan. 

Adanya invoice financing memberikan solusi agar usaha tetap berjalan dan perencanaan keuangan bisa terputar kembali tanpa menunggu pelunasan dari konsumen. Caranya, Anda dapat menggunakan faktur yang belum dilunasi tersebut untuk mendapatkan pinjaman dari para kreditur. 

Dibandingkan dengan jenis pinjaman lain, model invoice memiliki keunggulan dalam mendukung perencanaan keuangan karena memiliki kemudahan sistem. Arus kas dapat berjalan lancar meskipun Anda masih harus menunggu itikad baik pelanggan untuk segera melunasi faktur. 


Baca juga: 4 Investasi Jangka Pendek Terbaik untuk Anda


Jenis Modal Mikro

Jenis modal yang digunakan untuk mendanai usaha mikro dengan nominal tertentu demi mendukung perencanaan keuangan. Ruang lingkup usaha ini memang tidak besar, namun dampaknya akan sangat terasa ketika bisnis berjalan dan berkembang secara baik kemudian hari. 

Jenis pendanaan yang satu ini sering dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM demi mendapatkan suntikan dana sesuai kebutuhan. Dibandingkan dengan kebutuhan dana untuk usaha ruang lingkup besar, suntikan biaya terbilang cukup bersahabat bagi para pemodal.

Akan tetapi, apabila mengingat pasar UMKM lebih menyasar banyak kalangan maka kemungkinan mendapatkan untung cukup besar. Terlebih apabila Anda menjadi salah satu pihak yang mendanai UMKM maka secara tidak langsung turut mengentaskan pengangguran. 

Baca juga: 7 Kesalahan dalam Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Terobosan terhadap penyediaan suntikan dana bagi para pelaku UMKM menjadi angin segar untuk orang-orang terkait. Kini tidak perlu membuka usaha dengan ruang lingkup besar demi mendapatkan suntikan tambahan dana agar bisnis berkembang dan memiliki masa depan. 

Berbagai perencanaan keuangan dapat dilakukan melalui suntikan dana dengan nominal tertentu. Tambahan modal dapat dimanfaatkan untuk pembayaran gaji pegawai, pembayaran listrik bulanan, maupun biaya promosi dalam rangka mengembangkan bisnis bidang apa saja.


Baca juga: Mengenal Reksa Dana, Investasi yang Pas untuk Milenial

 

Jenis Modal Usaha

Jenis pinjaman biaya demi mendukung perencanaan keuangan satu ini memberikan dukungan kepada pemilik usaha untuk menambah modal. Tidak perlu khawatir akan kekurangan uang apabila harus mengembangkan usaha karena financial technology adalah solusinya. 

Beberapa pebisnis memulai bisnisnya dengan modal pas-pasan. Namun, pada satu waktu bisnis tersebut berkembang sehingga membutuhkan dana tambahan untuk menjalankannya. Keterbatasan dana bukan alasan mengapa Anda dapat mengajukan pinjaman secara online tanpa ribet. 

Baca juga: 7 Langkah Efisien untuk Mempersiapkan Pensiun Dini

Tidak perlu pergi ke bank atau lembaga tertentu untuk melakukan pengajuan karena semua dapat diproses secara online. Anda cukup memenuhi semua persyaratan dokumen yang dibutuhkan kreditur secara online dan menunggu proses pencairan dalam jangka waktu beberapa jam setelah pengajuan. 

Setiap finansial teknologi memiliki aturan tersendiri dalam hal pelunasan nominal pinjaman modal yang diajukan. Pastikan Anda membaca secara rinci detail peraturannya agar tidak terjadi miskomunikasi jika satu waktu mengalami kondisi di luar rencana atau perjanjian awal. 

Keuntungan memanfaatkan fintech adalah Anda dapat menerima biaya dari investor tanpa ada batasan ruang maupun waktu. Hal seperti ini sangat mendukung perencanaan keuangan demi mencapai tujuan lebih cepat serta akurat mengenai berbagai hal, terutama kesejahteraan. 


Baca juga: Gaya Hidup Minimalis yang Justru Menguras Kantong Ini Wajib Dihindari!


Mudahnya Dapat Modal dari Fintech

Zaman terus berkembang dan kemajuan teknologi menjawab kebutuhan biaya untuk membangun suatu bisnis. Dulu untuk mengajukan pinjaman, Anda harus bersedia repot memenuhi seluruh dokumen dan pulang pergi pada satu lokasi jika kondisinya mengharuskan demikian.

Sementara saat ini perencanaan keuangan dengan modal serta ruang lingkup usaha sekecil apapun dapat diraih dengan cara mudah. Tidak perlu pergi ke satu lokasi untuk memberikan dokumen serta menunggu persetujuan pengabulan pinjaman sebagai tambahan modal.

Segala sesuatunya dapat diproses secara online, mulai dari pemenuhan dokumen hingga persetujuan pinjaman. Tanpa membutuhkan beberapa hari untuk pengabulan, Anda hanya perlu menunggu beberapa jam untuk mendapatkan kabar pencairan dana.

Fintech Modal Rakyat adalah P2P Lending yang memungkinkan pemilik modal mendanai UMKM minimal Rp 25.000 dengan keuntungan mulai 15-25% per tahun.


Baca juga: Tips Investasi Mempersiapkan Dana Pensiun

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru