Gaya Hidup

Bisnis

Resep Sukses Adalah Kerja Cerdas, Bukan Kerja Keras

Paskalia-

28 Aug 2019

Resep Sukses Adalah Kerja Cerdas, Bukan Kerja Keras

Perbedaan kerja cerdas dan kerja keras itu sangat berbeda. Dibandingkan kerja keras, Anda lebih membutuhkan yang namanya kerja cerdas. Kerja keras tanpa adanya hasil tentu saja akan sangat melelahkan. Oleh karena itu, Anda butuh melakukan hal yang berbeda agar bisa mencapai tujuan Anda.

Anda perlu resep kerja cerdas yang sering dilupakan orang di bawah ini.


Membutuhkan Bantuan Orang Lain Bukan Hal yang Salah

Apakah Anda menyadari para pebisnis yang sekarang sukses itu tidak pernah bekerja sendiri? Ya, mereka pasti sudah bekerja sama dengan banyak pihak hingga pada akhirnya membuat usahanya semakin besar dan sukses. Di sinilah Anda tidak bisa hanya mengandalkan diri sendiri. Jadi, membutuhkan bantuan orang lain bukan hal yang salah.

Misalnya, Anda membutuhkan investor untuk memberikan modal pada usaha Anda. Jika Anda hanya mengandalkan diri sendiri, entah kapan modal itu akan bisa didapatkan. Begitu juga dengan karyawan, Anda membutuhkan tenaga mereka karena mungkin Anda tidak terlalu ahli dalam perkara keuangan. Di sinilah Anda perlu menemukan orang yang tepat yang mampu bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.


Baca juga: Perencanaan Keuangan Terbaik Untuk yang Baru Mulai Kerja


Kerja Cerdas Lebih Penting dari Kerja Keras

Alasan mengapa kerja keras tidak akan bikin sukses karena kerja cerdas lebih penting daripada kerja keras. Orang-orang yang menjalani pekerjaan dengan kecerdasannya lebih  memiliki strategi yang efektif untuk mengantarkannya pada kesuksesan. 

Dengan bekerja keras, kita lebih rentan mengalami kelelahan, baik itu secara fisik dan emosional, dan untuk kerja jangka panjang ini tidak baik bagi kehidupan kita secara pribadi.

Berbeda dengan orang yang mengandalkan kerja keras, orang-orang yang kerja cerdas, jauh lebih bisa memanfaatkan waktunya dengan banyak hal dan meningkatkan kompetensinya.

Orang-orang yang kerja cerdas lebih banyak mengandalkan keterampilannya dalam mengelola pekerjaan. Ia pintar mengatur waktu untuk bekerja dan beristirahat. Dengan begitu daya tahannya dalam bekerja lebih tahan lama daripada orang-orang yang bekerja keras tanpa bekerja dengan cerdas.

Orang yang bekerja cerdas bisa memanfaatkan momen-momen tertentu untuk meningkatkan performa kerjanya, sekaligus melatih keterampilannya. Di samping itu, ia lebih pandai melihat peluang dan memanfaatkan kecanggihan teknologi serta informasi untuk memudahkan pekerjaan. 

Pada titik tertentu, orang-orang yang bekerja cerdas akan mendelegasikan tugasnya kepada orang lain agar ia bisa mengerjakan peran yang lebih hebat lagi. 


Tampilan Luar Mempengaruhi Kesuksesan

Terkadang kita mengabaikan tampilan luar saat bekerja dan hanya mengandalkan kerja keras saja. Namun, pada kenyataannya kerja keras tidak akan bikin sukses tanpa diimbangi dengan menata tampilan luar, entah itu dengan cara berpakaian kita, gaya komunikasi atau berbicara, dan yang lainnya 

Anda perlu tahu, bahwa dengan tampilan luar yang baik akan mengundang simpati saat kita menjalin kerjasama dengan orang lain. Tampilan luar membuat mitra atau calon mitra kita merasa nyaman. Jika seseorang sudah mulai nyaman dengan lawan bicaranya, maka proses negosiasi dan lainnya pasti akan berjalan dengan lebih lancar. 

Tidak hanya itu, banyak juga bidang pekerjaan yang memang membutuhkan tampilan luar yang baik. Terutama pada bidang-bidang jasa yang menitikberatkan pada pelayanan publik. Pada bidang seperti ini Anda perlu bertemu dengan banyak orang hampir di setiap waktu. Oleh karena itu, tampilan luar menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam bidang ini. 


Baca juga: 5 Tanda Seseorang Memiliki Gaya Hidup Konsumtif


Bahagia dalam Setiap Proses Mencapai Kesuksesan

Kerja keras tidak akan bikin sukses, jika Anda menjalani setiap prosesnya dengan keterpaksaan dan penuh tekanan. Kesuksesan hanya akan diraih jika Anda merasa bahagia di setiap prosesnya. 

Jika Anda tidak bahagia, maka bisa dijamin Anda tidak pernah akan merasa sukses sekalipun orang-orang di sekitar Anda menilai Anda sukses. Bukankah kesuksesan sebenarnya adalah jika kita juga merasakan buah dari kesuksesan itu?

Orang-orang yang tidak bahagia saat menjalani pekerjaannya cenderung akan bermalas-malasan dan tidak jarang juga yang sering lari dari pekerjaannya. Berbeda dengan orang yang menikmati pekerjaannya, ia akan jauh lebih bersemangat, bahkan pada situasi-situasi kritis ia mampu menyikapi dengan bijak dan melewati semuanya dengan pikiran yang tenang dan hati yang bahagia. 

Bahagia adalah pilihan, bukan tujuan dari sebuah pekerjaan, karena kita bisa selalu memilih untuk bahagia. Setiap keberhasilan kecil dan setiap pekerjaan akan kita terima dengan suka cita dan setiap kegagalan menjadi pembelajaran luar biasa yang membuat kita menjadi semakin tangguh.


Bersedia Menerima Kegagalan

Kerja cerdas berikutnya adalah siap menerima kegagalan. Setiap kesuksesan pasti diawali dengan rangkaian kegagalan. 

Jadi, kalau Anda tidak bersedia menerima kegagalan, maka jangan pernah bermimpi untuk jadi orang sukses. Apabila Anda ingin menjadi pengusaha sukses, maka Anda harus siap dengan yang namanya kerugian, dan apabila Anda seorang atlet, maka Anda harus siap menerima kekalahan. 

Apakah kegagalan akan menjatuhkan kita? Untuk orang-orang bermental sukses, kegagalan justru akan memecut diri kita menjadi pribadi yang tangguh, kuat dan mampu bangkit dari badai. Semakin sering kita menerima kegagalan, maka kita akan semakin terlatih untuk melaluinya. Semakin mudah juga bagi kita menemukan celah solusi dalam setiap masalah.

Orang-orang sukses pasti tidak luput dari kegagalan, kita saja yang terkadang hanya melihat kesuksesan dalam wajah keberhasilan semata. Jadi, jika kita ingin sukses, maka kita harus bersiap dengan konsekuensi bernama kegagalan. 

Jika kita menolak gagal, maka saat kegagalan menghampiri kita, kita akan depresi dan meninggalkan bidang pekerjaan yang kita geluti. Dengan melakukan hal seperti ini sekali lagi Anda harus perlu ingat bahwa kesuksesan hanya sebatas angan-angan. Lari dari kegagalan hanya akan membuat Anda hidup dengan penyesalan. 


Demikianlah beberapa alasan mengapa kerja keras nggak akan bikin sukses, karena resep sukses sebetulnya bukan pada kata kerja kerasnya, tapi ada banyak faktor lain yang menjadi penentu apakah Anda layak dan bisa menjadi sukses atau tidak. Salah satunya adalah dengan kerja cerdas. 


Baca juga: 5 Cara Sehat Untuk Menangani Pikiran Negatif


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru