Finansial

Serba-Serbi Investasi Emas yang Perlu Dipahami Sebelum Dicoba

Paskalia-

25 Apr 2019

Serba-Serbi Investasi Emas yang Perlu Dipahami Sebelum Dicoba

Investasi emas tergolong cukup populer di Indonesia. Meskipun cukup populer, namun bukan berarti semua memahami investasi yang satu ini. Sebelum terlambat, saat akan memulai investasi sebaiknya harus dipahami dulu serba-serbi dari investasi yang satu ini.

Memahami investasi yang satu ini tentu diperlukan agar nantinya dapat mengerti bagaimana model investasi tersebut dan apakah cocok untuk dilakukan. Untuk itu di sini akan dihadirkan berbagai hal seputar serba-serbi investasi dari emas ini. Berikut lebih lengkapnya.


Apa Itu Investasi Emas?

Selama ini banyak yang menganggap investasi serta menabung adalah kegiatan yang sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan. Definisi menabung secara sederhana berarti menyisihkan sejumlah uang yang dipunyai untuk nantinya digunakan kembali, lalu dengan nilai yang sama.

Sementara itu investasi adalah menanam uang untuk kemudian diharapkan menambah nilainya nanti di masa depan. Investasi ini dapat dilihat sebagai sesuatu yang cukup menguntungkan. Pasalnya ada kenaikan nilai yang dimiliki oleh pihak yang melakukan investasi nantinya.

Jika selama ini banyak yang mengenal investasi dalam bentuk uang, ternyata investasi hadir dalam bentuk lainnya. Salah satu bentuk investasi yang populer adalah dalam bentuk emas. Investasi emas sendiri menawarkan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Ini karena nilai emas dianggap cenderung naik untuk setiap tahunnya. Tak heran jika investasi dalam bentuk emas dianggap menjadi sesuatu yang menjanjikan apalagi jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Selain kenaikan, nilai sebenarnya apa saja yang diperoleh pihak yang mengikuti investasi emas? Ada sederet faktor yang harus diketahui ketika mengikuti investasi yang satu ini. Berikut adalah beberapa di antaranya.


Mudah Dicairkan

Pertama adalah kemudahan untuk dicairkan. Investasi yang satu ini menjadi dapat menjadi pilihan karena mudah dijadikan dana tunai saat terjadi kebutuhan darurat. Melakukan pencairan investasi dalam bentuk emas tentu akan sangat mudah dilakukan.

Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan menjual emas yang menjadi investasi. Ini tentu berbeda dengan menjual investasi dalam bentuk lain. Pasalnya selalu ada ‘waktu’ yang diperlukan untuk menjadikan barang investasi menjadi uang. Sementara dalam kasus emas, lebih mudah untuk melakukan penjualan emas jika dibanding penjualan aset investasi lainnya.


Baca juga: Banyak Pilihan Berinvestasi, Mana Yang Terbaik?


Dapat Dijadikan Jaminan

Tak hanya mudah dicairkan, emas dapat dijual untuk ditukar dengan tunai secara langsung. Apalagi jika dilihat lagi, harga jual maupun harga gadai dari emas juga masih cukup sesuai. Ini tentu jauh lebih baik jika dibanding dengan benda lain yang nilainya umumnya terus menurun seperti barang elektronik.

Jaminan menggunakan emas dapat memiliki nilai lebih sendiri dibanding dengan jaminan barang lainnya. Selain digunakan di pegadaian, kepemilikan emas bisa menjadi jaminan di tempat lain. Namun, harus dipastikan jika tempat tujuan jaminan emas ini merupakan tempat yang terpercaya.


Harganya Stabil

Perlu diketahui jika harga emas relatif lebih stabil. Ini karena ia tidak memiliki ketergantungan oleh inflasi. Maka dari itu wajar saja harga emas relatif naik. Meskipun memang masih mungkin untuk emas mengalami penurunan harga, hal itu sangat jarang terjadi. Tak heran pilihan investasi dengan emas cukup populer.


Tren Harga Selalu Naik

Hal ini berhubungan dengan poin ketiga di atas. Di mana harga dari emas relatif stabil. Ternyata harga emas tidak hanya stabil saja, namun juga cenderung mengalami kenaikan. Hal ini juga sempat disinggung di poin-poin sebelumnya.

Kenaikan dari harga emas inilah yang kemudian akan membuat investasi dalam bentuk emas menjadi sesuatu yang menjanjikan. Apalagi jika kemudian emas ini diinvestasikan dalam waktu lama. Tentunya peningkatan yang dimilikinya juga akan cukup lumayan jika dihitung dari masa pertama pembeliannya.


Baca juga: 3 Cara Mengatasi Risiko Investasi Emas Untuk Investor


Mudah Dimulai

Jika dibandingkan instrumen investasi lain, menabung emas pada dasarnya lebih mudah dimulai, bukan sekadar barang yang mudah didapat. Namun harga yang dikeluarkan untuk investasi yang satu ini juga cukup terjangkau. Ini tentu berbeda dengan investasi yang menggunakan properti misalkan.

Tentu saja modal yang dikeluarkan untuk investasi lebih besar. Selain itu tidak selalu ada properti yang berpotensi untuk dijadikan investasi jangka panjang. Kemudahan ini merupakan kelebihan sendiri dari investasi dengan emas.


Tips-tips Saat Memulai Investasi

Bagi yang akan memulai investasi emas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari investasi yang satu ini. Tips-tips berikut akan sangat berguna bagi yang pertama kali mencoba investasi dengan emas. Berikut ini beberapa tipsnya.


Menentukan Tujuan Investasi

Hal yang pertama harus dilakukan calon investor untuk emas adalah menentukan tujuan dari investasi yang dilakukan. Setiap calon investor pasti memiliki tujuan sendiri-sendiri. Entah untuk kebutuhan pendidikan, pernikahan, atau tujuan-tujuan lain.

Menetapkan tujuan dari investasi ini penting agar nantinya memahami pola investasi yang tepat. Serta besaran investasi yang akan menjadi tujuan. Tujuan tersebut yang akan dijadikan semangat agar investasi memenuhi target sesuai dengan kebutuhan.


Menentukan Pembelian Emas

Selanjutnya dari tujuan investasi yang dimiliki tadi maka mulai lakukan perencanaan pembelian. Misalkan saja untuk investasi tujuan naik haji atau umroh maka ada berapa emas yang perlu dimiliki dalam investasi tersebut guna mencapai tujuan itu.

Tentunya hal ini harus direncanakan dengan baik. Misalkan setiap bulan akan melakukan investasi sebanyak 4 gram. Maka setiap bulan investor harus konsisten melakukan investasi dengan jumlah yang ditentukan di awal tersebut. Hal ini akan dijelaskan lebih lanjut di bawah.


Mulai Cek Harga

Sebenarnya poin kedua berkaitan erat dengan poin ini di mana harga emas tentu berpengaruh pada jumlah emas yang harus dikumpulkan hingga dapat memenuhi kebutuhan tujuan pada poin satu. Tak ada salahnya melakukan survei harga emas terkini. Ini akan membantu calon investor emas untuk memahami kondisi emas terkini.

Perlu diingat untuk selalu mengecek harga emas saat akan membeli emas. Ada banyak website yang menampilkan harga emas terkini. Hal tersebut dapat menjadi acuan yang digunakan saat akan membeli emas.


Memastikan Akan Membeli di Mana

Setelah mengetahui tujuan, model pembelian yang dilakukan, hingga harga, selanjutnya yang harus ditentukan adalah tempat pembelian emas. Ada banyak platform yang menyediakan jasa investasi emas. Namun pihak investor tetap harus waspadai dan memastikan jika tempat yang akan dijadikan tujuan pembelian ini adalah tempat terbaik dan terpercaya.

Pastikan lakukan survei kecil-kecilan untuk memastikan jika tempat pembelian emas yang dipilih telah berpengalaman dalam dunia jual beli emas. Selain itu jangan lupa pastikan kondisi emas yang dibeli dari tempat tersebut. Jangan sampai emas yang dibeli justru emas palsu atau memiliki masalah lainnya.


Penyimpanan yang Aman

Terakhir yang perlu diperhatikan adalah masalah penyimpanan. Pastikan jika tempat penyimpanan yang dipilih adalah tempat penyimpanan yang aman. Tak ada salahnya lebih dahulu memastikan akan menyimpan di mana emas yang nantinya dibeli. Ini karena masalah keamanan ini penting untuk diperhatikan.

Serba-serbi investasi emas di atas dapat menjadi salah satu hal yang menarik untuk dipelajari sebelum mulai melakukan investasi. Tentunya semakin memahami investasi dalam bentuk emas nantinya akan semakin mudah untuk mulai melakukan investasi.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru