Finansial

Simpanan Deposito adalah: Arti dan Bedanya dengan Tabungan

Pretty Angelia Wuisan-

05 Oct 2021

Simpanan Deposito adalah: Arti dan Bedanya dengan Tabungan

Simpanan deposito adalah produk simpanan yang ditawarkan oleh bank ke nasabahnya. Simpanan ini termasuk sebagai investasi yang menguntungkan dan mudah dilakukan. Deposito juga menjadi pilihan banyak orang untuk berinvestasi karena memiliki risiko yang terbilang minim.

Deposito adalah produk yang sering juga disamakan dengan tabungan, padahal keduanya mempunyai perbedaan signifikan. Di sini akan dijelaskan mengenai simpanan deposito, pengertian tabungan bank, dan perbedaan deposito dengan tabungan.


Baca juga: Deposito adalah: Ciri, Jenis, dan Cara Menghitung Bunganya



Simpanan Deposito adalah

Pengertian deposito adalah bentuk simpanan yang dilakukan dalam beberapa jangka waktu dan baru bisa diambil setelah waktu penyimpanannya habis.

Dana deposito yang disetorkan secara tunai juga biasanya mempunyai ketentuan tertentu. Jadi, Anda perlu menyiapkan sejumlah dana yang ditetapkan pihak bank. Setelah itu Anda tidak bisa mengambil dana deposito yang sudah disetorkan di jangka waktu yang Anda tentukan. 

Minimal waktu penyimpanan adalah sebulan, bisa juga dilakukan penyimpanan 12 bulan, dan maksimal 3 tahun. Selama masa penyimpanan itu, Anda bisa meraih bunga dari 4% hingga 6%.

Jika ingin mengambilnya padahal belum sampai ke masa habis penyimpanan, Anda akan dikenai denda. Dana deposito Anda pun akan dipotong pajak ketika Anda melakukan pengambilan.

Simpanan deposito adalah produk yang mempunyai jenis yang berbeda. Ini adalah bentuk deposito yang perlu Anda tahu.

  1. Deposito berjangka: Jenis deposito yang waktu penyimpanannya ada pada jangka tertentu. Anda bisa meraih hasil ketika sudah melewati jangka waktu itu. Untuk mencairkan dana di dalamnya hanya bisa dilakukan oleh orang yang namanya tertera di bilyet deposito tersebut.
  2. Sertifikat deposito: Jenis depositonya nyaris sama dengan yang berjangka, tapi bedanya deposito jenis ini dilengkapi dengan sertifikat yang kepemilikannya bisa dialihkan pada orang lain. Alasannya karena sertifikat itu tidak terikat dengan perorangan atau industri tertentu.
  3. Deposito on call: Jenis ini yang paling unik karena termasuk sebagai deposito yang hanya disimpan selama 1 bulan atau minimal 7 hari. Namun, dana yang disetorkan termasuk besar, yakni minimal Rp50 juta.


Pengertian Tabungan Bank

Simpanan deposito adalah salah satu produk bank, tapi yang lebih banyak peminatnya lagi adalah produk tabungan. Produk tabungan menjadi andalan nasabah karena fungsinya tidak hanya untuk menabung, tapi juga untuk membayar berbagai macam tagihan. Bisa dikatakan selama ini kita melakukan transaksi lewat pihak bank.

Bentuk tabungan bank ini ada bermacam-macam. Ada yang umum, ada yang dikhususkan untuk anak-anak, ada yang digunakan untuk pebisnis, dan lainnya. Semua produk tabungan itu hadir dengan melihat kebutuhan para nasabah juga.

Kemudian, tabungan bank ini tidak seperti simpanan deposito adalah yang bunganya cukup tinggi, Anda hanya mendapatkan bunga paling besar 1%. 

Tabungan juga paling fleksibel karena bisa digunakan untuk transaksi apapun. Salah satu adalah untuk transfer uang ke rekening yang dikehendaki nasabah. 

Walaupun bunga yang ditawarkan rendah, tapi produk ini termasuk sering digunakan karena berbagai kemudahan dan fasilitas yang ditawarkannya. Tidak mengherankan akan semakin banyak orang yang menggunakan tabungan. Ditambah lagi dengan keberadaan bank digital yang membuka pasar baru untuk perbankan.


Perbedaan Simpanan Deposito dan Tabungan Bank

Simpanan deposito adalah produk yang punya perbedaan signifikan dengan tabungan. Walaupun sama-sama produk yang ditawarkan oleh bank, deposito dan tabungan punya ciri khasnya masing-masing. Inilah perbedaan dari keduanya.

1. Tingkat suku bunga

Suku bunga deposito cukup tinggi. Anda bisa meraih bunga 4% sampai 5% per tahunnya. Tentu saja besaran suku bunga ini lebih tinggi ketimbang tabungan konvensional. 

Tidak mengherankan jika semakin banyak orang yang mempunyai deposito dan tabungan berbarengan. Nasabah berharap bisa menggunakan dana deposito untuk keperluan di beberapa tahun akan datang, sementara itu tabungan konvensional biasanya digunakan untuk transaksi harian.

2. Fleksibilitas

Jika dibandingkan fleksibilitasnya, tabungan lebih fleksibel karena Anda dapat mengambil uang di waktu kapan saja. Lalu, Anda juga bisa mengambil uang di ATM terdekat, tidak harus pergi ke bank dulu.

Sedangkan simpanan deposito adalah produk bank yang tidak dapat diambil sembarangan. Ada ketentuan jangka waktu yang sudah disepakati di awal. Nasabah perlu menuruti jangka waktu penyimpanan deposito sampai habis. 

Nasabah bisa saja mengambil dana sebelum jatuh tempo, tapi akan ada konsekuensi yang nasabah dapatkan, yaitu dikenai denda oleh pihak bank.

Untuk proses pengambilan dana yang sudah jatuh tempo, tidak bisa dilakukan lewat ATM. Anda perlu mendatangi bank di mana Anda membuka tabungan deposito tersebut untuk dilakukan penarikan secara langsung.

3. Tujuan penggunaan

Tabungan digunakan untuk menabung dan berbagai transaksi lainnya yang menjadi fitur dari produk tabungan itu sendiri.

Sementara itu, simpanan deposito adalah produk bank yang bertujuan untuk investasi. Oleh sebab itu, Anda diberikan waktu untuk menyimpannya dan tidak diperkenankan menarik uangnya sampai jatuh tempo. Ketentuan ini membuat bank memberikan bunga tinggi dibandingkan tabungan konvensional pada nasabah deposito.


Baca juga: Tabungan adalah Simpanan Menguntungkan, ini Manfaatnya

 

Raih Keuntungan Menarik dengan Menjadi Pendana di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda dapat meraih imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.


Pertanyaan Umum

1. Apa perbedaan simpanan deposito dan tabungan?

Simpanan deposito adalah produk simpanan yang penyimpanannya memiliki jangka waktu tertentu, sehingga tidak bisa diambil sesuka nasabahnya. Bisa diambil di sebelum jangka waktu habis, tapi nasabah akan dikenai denda.

Sedangkan, tabungan adalah produk simpanan yang bisa digunakan untuk menabung dan tidak punya jangka waktu. Jadi, nasabah bisa mengambil dana dari tabungannya kapan saja, sesuai dengan kehendaknya.

2. Kenapa bunga simpanan deposito lebih tinggi dari tabungan?

Alasannya karena simpanan deposito adalah salah satu instrumen investasi, yang artinya termasuk sebagai uang yang aktif. Pihak bank pun memberikan bunga pada nasabah yang menyetorkan dana pada produk depositonya dalam jangka waktu tertentu.

3. Apakah uang deposito bisa diambil lewat ATM?

Tidak bisa diambil lewat ATM karena Anda perlu mengambil deposito lewat bilyet. Jumlah pengambilan dana yang cukup besar membuat uang di deposito mempunyai proses pengambilan yang berbeda dengan tabungan biasa. Anda harus datang langsung ke bank di mana Anda membuka simpanan deposito.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru