Finansial

Gaya Hidup

Tabungan adalah Simpanan Menguntungkan, ini Manfaatnya

Pretty Angelia Wuisan-

08 Sep 2021

Tabungan adalah Simpanan Menguntungkan, ini Manfaatnya

Tabungan adalah simpanan yang kita miliki untuk berbagai macam tujuan. Anda bisa memilikinya dari kegiatan menabung rutin. Kegiatan ini akan sangat bermanfaat untuk Anda, terutama untuk mewujudkan hidup hemat.

Namun, butuh niat yang kuat untuk membuat isi tabungan bertambah. Di sini Anda akan lebih mengenal tentang tabungan adalah, jenis-jenis, manfaat, dan hal yang perlu Anda ketahui tentang menabung di bank.

 

Baca juga: Menabung Vs Investasi, Mana yang Paling Oke?

 

Pengertian Tabungan adalah

Tabungan adalah simpanan yang berisi uang yang Anda kumpulkan dalam jangka waktu tertentu, yang nantinya akan Anda gunakan untuk berbagai keperluan.

Banyak ahli keuangan yang menyarankan untuk memiliki tabungan karena manfaatnya akan sangat besar untuk hidup Anda di masa sekarang dan nanti.

Untuk bisa mengumpulkan uang di tabungan memang membutuhkan niat yang kuat. Tidak semua orang mudah menyisihkan uangnya untuk tabungan karena godaan untuk membeli ini dan itu yang begitu besar.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukannya dengan serius, supaya jumlah tabungan mencapai target.

Umumnya, tabungan adalah simpanan yang Anda buat di bank. Apalagi bank saat ini menjadi lembaga yang sulit dilepaskan dari aktivitas semua orang.

 

Jenis Tabungan

Ada berbagai jenis tabungan yang dapat Anda andalkan. Ini penjelasannya.

1. Tabungan konvensional

Merupakan jenis tabungan yang paling umum dimiliki banyak orang. Jenis tabungan ini bunganya paling kecil. Sebagai tanda Anda menabung di bank, Anda akan diberikan buku tabungan dan memiliki kartu ATM supaya mudah mengambil uangnya di mesin ATM ketika diperlukan.

2. Tabungan berjangka

Jenis tabungan lain yang bisa Anda pilih adalah simpanan yang penarikannya hanya di waktu tertentu. Tabungan ini digunakan untuk rencana Anda di masa depan. Misalnya, untuk liburan. Untuk itu, tabungan ini bisa kita sebut juga dengan tabungan berencana.

Biasanya pihak bank akan menawarkan Anda bunga 3% hingga 7%. Uang di tabungan ini penarikannya hanya bisa dilakukan ketika jatuh tempo. Jadi, tabungan ini sangat cocok untuk Anda yang benar-benar sudah merencanakan hal pasti di masa depan.

3. Tabungan anak

Produk tabungan di bank yang menarik adalah tabungan anak. Jenis tabungan ini akan mengajarkan anak untuk menabung sedini mungkin. Tabungan ini juga ada yang memiliki kartu debit, sehingga anak bisa mengambil uang di ATM ketika sangat diperlukan.

Orang tua juga bisa memantau tabungan anaknya karena pihak bank akan memberikan laporan ke ponsel orang tua setiap anak melakukan transaksi dengan tabungan itu.

4. Tabungan haji

Tabungan ini khusus untuk Anda yang ingin naik haji. Pembukaan tabungan haji juga menandakan antrian keberangkatan Anda. Setelah uangnya terkumpul, Anda akan bisa berangkat untuk menunaikan ibadah haji.

5. Tabungan valuta asing

Apabila Anda mendapatkan gaji menggunakan uang dolar Amerika Serikat atau mata uang asing lainnya, Anda bisa membuka tabungan khusus mata uang asing ini. Anda bisa menyimpan uang Anda di tabungan ini dan menukarkannya ketika harganya cukup tinggi.

6. Tabungan giro

Tabungan jenis ini digunakan untuk Anda yang punya bisnis. Simpanan Anda,  dapat ditarik cek, bilyet. Cek dan bilyet juga dapat digunakan untuk transfer. Tabungan bisnis satu ini dapat digunakan oleh perorangan maupun lembaga.

 

Manfaat Tabungan adalah

Tabungan adalah simpanan yang bermanfaat. Ini manfaat yang dapat Anda raih.

1. Wujud hidup hemat

Tabungan adalah simpanan yang akan membuat hidup Anda jadi hemat. Anda jadi tidak membuang uang hanya untuk kesenangan sesaat. Anda menyimpannya di tabungan untuk berbagai macam keperluan di masa depan.

2. Mewujudkan keinginan

Tabungan juga dapat mengabulkan keinginan. Apapun itu akan dapat tercapai ketika uang di tabungan Anda mencapai jumlah yang ditargetkan.

Namun, untuk mencapainya tentu Anda perlu berusaha dulu, yaitu dengan menyisihkan uang secara rutin setiap bulannya.

3. Perencanaan keuangan yang rapi

Tabungan menjadi salah satu komponen perencanaan keuangan yang membuat keuangan Anda jadi lebih sehat. Untuk itu, jangan biarkan tabungan Anda sering kosong.

Isi saja, walaupun jumlahnya belum seberapa. Lama-kelamaan pasti akan bertambah juga. Tabungan juga dapat digunakan untuk keperluan darurat

 

Menabung di Bank

Saat ini kebanyakan orang punya produk tabungan bank karena memiliki manfaat secara langsung. Apalagi bank ada di mana-mana, termasuk wilayah terpencil sekalipun. Intinya, menemukan bank itu tidak sulit.

Di sini akan dijelaskan manfaat dan syarat tertentu yang disepakati bank bersama nasabahnya yang ingin membuka tabungan.

1. Manfaat

  • Aman, karena bank memiliki sistem yang canggih untuk memeriksa segala transaksi yang masuk dan keluar, sehingga Anda bisa selalu mengeceknya.
  • Praktis, karena sekarang Anda tinggal transfer uangnya untuk berbagai macam keperluan. Apalagi sekarang sudah ada mobile banking.
  • Multifungsi, karena tabungan tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpang uang. Uang di dalamnya bisa ditransfer untuk keperluan lain seperti membayar tagihan, belanja di sebuah toko online, dan lain sebagainya.
  • Bunga, semua bank menyediakan bunga tabungan untuk para nasabah yang menggunakan produknya. Bunga ini akan membuat saldo tabungan Anda bertambah setiap bulannya. Menarik, bukan?

2. Persyaratan

  • Mengisi formulir untuk membuka suatu produk tabungan, formulir ini biasanya akan diberikan di bank yang Anda kunjungi.
  • Membawa kartu identitas diri seperti KTP.
  • Menyerahkan biaya administrasi.
  • Menyerahkan setoran awal yang sesuai dengan kebijakan pihak bank (besarannya bisa berbeda).

 

Baca juga: Cara Menabung yang Benar demi Masa Depan yang Lebih Baik

 

Itulah penjelasan mengenai tabungan. Tabungan adalah simpanan yang akan sangat kita butuhkan. Anda pun bisa membuka tabungan di bank biar lebih aman. Pilih produk tabungan yang Anda butuhkan.


Tingkatkan Tabungan Anda dengan Menjadi Pendana di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda dapat meraih imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru