Finansial

Gaya Hidup

Solusi Memperbaiki Kondisi Finansial supaya Cepat Kaya

Kabrina Rian Ferdiani-

04 Mar 2021

Solusi Memperbaiki Kondisi Finansial supaya Cepat Kaya

Memiliki permasalahan terhadap kondisi finansial merupakan salah satu mimpi paling buruk bagi sebagian besar orang. Sayangnya terkadang hampir setiap orang mengalaminya karena kesalahan dalam mengelola keuangan dengan baik. Untuk itu bila hal tersebut terjadi pada Anda, saatnya segera melakukan perbaikan sekarang juga!

Karena kesalahan yang tidak kunjung diperbaiki ini akan membuat kesuksesan menjadi terhambat. Akibatnya mimpi menjadi orang sukses dan kaya hanya sekedar sebagai keinginan semata karena tidak diiringi dengan perbaikan kondisi keuangan sendiri. Maka dari itu sebaiknya simak beberapa hal di bawah ini agar keuangan membaik.


Baca juga: Lakukan 11 Kebiasaan ini untuk Mencapai Kebebasan Finansial


Pentingnya Tidak Tergiur Produk Bagus dan Jangan Malas

Salah satu perusak rencana finansial yang sudah dipersiapkan secara matang adalah karena seseorang mudah tergiur dengan beberapa produk bagus serta tawaran diskon promo di beberapa online shop dan supermarket. Biasanya hal tersebut membuat seseorang tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan juga keinginan.

Banyak dari mereka hanya karena ingin membuat gaya hidupnya terlihat lebih tinggi di mata orang lain sehingga hal tersebut membuatnya justru terbebani oleh hutang rentenir. Padahal bila hanya memenuhi keinginan saja tanpa diimbangi dengan usaha yang baik, otomatis itu hanya akan menjadikan finansial memburuk terus.

Maka dari itu sebaiknya jangan mudah tergoda dan langsung membeli barang-barang yang tidak benar-benar dibutuhkan. Bila ingin menjadi orang kaya, otomatis ada hal-hal yang perlu dihindari dan dipuasakan dulu. Salah satunya adalah tidak boleh gelap mata untuk menjaga keseimbangan kondisi finansial Anda.

Karena bila belum apa-apa saja Anda sudah menghambur-hamburkan uang hanya untuk memenuhi keinginan saja, otomatis itu nanti akan membuat keuangan semakin menipis. Sehingga akhirnya tidak memiliki apa-apa lagi yang tersisa ketika sedang membutuhkan uang. Itulah sebabnya gelap mata adalah musuh terbesar orang sukses.

Disamping itu, bila ingin menjadi orang kaya, sebaiknya jangan malas! Anda tidak mungkin bisa kaya secara finansial begitu saja tanpa sebuah usaha. Kecuali bila memang sudah dilahirkan menjadi orang kaya sebelumnya, mungkin hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil.

Itulah sebabnya bila dari awal Anda tidak terlahir menjadi orang kaya, maka untuk menggapai impian tersebut harus bekerja lebih keras lagi. Bila perlu cobalah membuka usaha kecil-kecilan dan kemudian mengumpulkannya ke dalam tabungan. Karena cara ini terbukti efektif memperbaiki kondisi ekonomi seseorang.


Baca juga: Buat Akun Modal Rakyat untuk Perencanaan Keuangan Masa Depan


Orang Sukses Tidak Mudah Hutang dan Punya Pendapatan Lain

Tidak ada orang kaya secara finansial yang punya hutang. Ini adalah salah satu poin utama yang wajib Anda perhatikan bila ingin menjadi orang sukses seperti mereka. Maka dari itu sebaiknya hindari sejak dini yang namanya hutang atau melakukan pinjaman dalam bentuk apapun. 

Khususnya bila hal tersebut dilakukan hanya untuk terlihat lebih kaya di mata orang-orang. Hal seperti itu wajib dihindari karena bila hanya mengejar gengsi saja, maka itu tidak akan membuat Anda menjadi orang kaya sungguhan. Justru hal tersebut membuat Anda memiliki banyak hutang.

Akibatnya, bukannya menjadi orang kaya, namun finansial Anda semakin bermasalah karena terbebani oleh pinjaman menumpuk. Namun meski begitu, sebenarnya bukan berarti meminjam uang itu tidak boleh. Sebenarnya hutang masih diperbolehkan asalkan digunakan dengan tujuan yang benar. Yaitu untuk modal usaha.

Pinjaman yang diajukan untuk modal usaha itu jauh lebih baik dan masih ada nilainya bila digunakan berbisnis atau mengembangkan bisnis, dibandingkan hanya sekedar memenuhi hawa nafsu saja. Yaitu memenuhi keinginan untuk terlihat mewah di hadapan orang lain.

Tidak hanya itu, Anda tidak mungkin bisa menjadi orang kaya secara finansial bila belum memiliki sumber penghasilan lainnya. Maka dari itu untuk menjadi orang sukses, sebaiknya siapkan pekerjaan sampingan. Mengingat kebutuhan semakin bertambah banyak dan semuanya serba mahal, otomatis Anda butuh tambahan uang untuk hidup.

Maka dari itu tidak ada salahnya bila membuka lapangan pekerjaan sampingan demi memenuhi kebutuhan hidup. Akan lebih baik lagi bila sebelumnya kebutuhannya sudah terpenuhi, maka Anda bisa menjadikan penghasilan tambahan atau sampingan itu sebagai modal untuk investasi jangka panjang.


Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Kekhawatiran Tentang Uang


Orang Kaya Punya Tujuan Hidup tapi Gaya Hidupnya Diturunkan

Supaya bisa menjadi orang kaya, artinya hidup harus memiliki suatu tujuan. Ini adalah salah satu cara utama untuk membuat hidup lebih termotivasi untuk menggapai impian. Maka dari itu segera tetapkan tujuan hidup Anda selama ini secara finansial. Misalnya saja ingin membeli sebuah mobil dalam 3 tahun.

Selain itu, Anda juga bisa membuat tujuan hidup atau rencana keuangan seperti membangun rumah dalam waktu yang ditentukan sendiri. Cara ini terbukti efektif membuat seseorang lebih giat mencari uang agar mencapai target tujuannya. Maka dari itu demi mewujudkan impian tersebut, otomatis pola hidup harus diubah.

Pola hidup yang diubah ini adalah yang berkaitan dengan penyebab permasalahan pada kondisi finansial Anda saja. Misalnya saja bila sebelumnya suka sekali menghabiskan waktu dan uang hanya untuk nongkrong bersama teman di cafe, maka ubah kebiasaan tersebut menjadi hal-hal yang lebih produktif lagi.

Karena bila Anda masih saja melakukan hal tersebut di usia yang tidak lagi remaja, otomatis itu akan membuat masa depan semakin suram. Untuk itu cobalah buat niat yang matang terhadap perencanaan keuangan sejak dini. Karena orang biasa saja bisa menjadi kaya bila ada niat.

Menjalankan sesuatu yang tidak didasari dengan niat dan perencanaan matang akan membuat mereka selalu menjadi orang gagal. Maka dari itu bila ingin memperbaiki kondisi permasalahan finansial agar lebih baik dan menjadi orang kaya, buat perencanaan matang sejak dini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru