Bisnis

WhatsApp Business: Fitur dan Cara Membuatnya

Kabrina Rian Ferdiani-

14 Jun 2021

WhatsApp Business: Fitur dan Cara Membuatnya

Tidak dapat dipungkiri bila pengguna WhatsApp Business semakin banyak saat ini. Hal tersebut karena WA dianggap sebagai salah satu media sosial yang sangat membantu kelancaran sebuah usaha para pelaku bisnis.

Hanya saja ternyata tidak semua orang tahu pengertian, fitur, dan cara membuat akunnya dengan benar. Padahal bisa mendukung kesuksesan bisnis. Maka dari itu berikut kami jelaskan serba-serbinya di bawah ini.


Baca juga: Memaksimalkan Modal dengan Membuat Website Bisnis E-Commerce


Mengenal Aplikasi WhatsApp Business Lebih Jauh

Seiring berjalannya waktu, akhirnya WA meluncurkan aplikasi terbarunya untuk mendukung kebutuhan bisnis semua orang. Perusahaan ini sudah diambil alih Facebook dan kemudian mulai meresmikan versi bisnisnya sejak 18 Kamiaso 2018.

Aplikasi ini secara khusus diciptakan untuk pelaku bisnis supaya dapat terhubung dengan pelanggan bisnis lebih mudah. Menariknya lagi adalah berdasarkan laporan dari comscore menyatakan bila penggunanya ada banyak.

Menariknya lagi adalah WhatsApp Business ini telah berhasil menduduki peringkat pertama sebagai software media sosial terbaik. Dimana jumlah penggunanya sudah mencapai 35,8 juta orang di tahun lalu.

Itu artinya aplikasinya termasuk software terpopuler di Indonesia. Karena aplikasinya berbasis internet sehingga lebih praktis karena tidak ada batasan pesan sekaligus. Anda bisa menggunakannya untuk melakukan panggilan cepat dengan mudah.

Maka dari itu sejak peluncurannya tersebut membuat banyak orang memprediksi bahwa WhatsApp Business akan semakin populer sepanjang waktu. Menariknya lagi adalah aplikasinya bisa didownload gratis.

Maka dari itu tipe software ini cocok sekali untuk pengusaha bisnis kecil, seperti pelaku UKM. Karena didalamnya terdapat beberapa fitur menarik supaya bisa mendukung komunikasi Anda bersama para pelanggan.

Dalam hal ini, pengguna iOS dan android bisa dengan mudahnya mengunduh software ini. Karena memang pada dasarnya disediakan untuk semua pengguna gadget. Itulah kenapa penggunanya menjadi semakin banyak.

Ternyata sejak peluncurannya pertama kali, Indonesia disebut sebagai negara Asia yang pertama dapat memakai software ini. Selanjutnya barulah kemudian diikuti dengan negara Mexico, Italia, Amerika Serikat, Britania Raya, dan sebagainya.


Fitur yang Ada dalam WhatsApp Business

Meski WhatsApp versi pribadi dan business itu sama-sama merupakan aplikasi chatting, namun ternyata keduanya berbeda. Karena ada beberapa fitur yang tidak disediakan pada WhatsApp Messenger.

Fitur yang ditawarkan dalam WA business ini sengaja dibuat khusus untuk memudahkan Anda dalam berinteraksi dengan pelanggan. Sehingga berbisnis semakin mudah. Berikut ini adalah fitur yang tersedia dalam WhatsApp Business:

  1. Salah satu fitur menarik dari jenis WA ini adalah nama akunnya tidak dapat diganti sesuka hati Anda. Dalam versi bisnis ini tersedia beberapa peraturan penting yang harus dipatuhi pengguna.
  2. Dalam versi bisnis ini, profilnya tersedia informasi tentang usaha yang sedang Anda jalankan. Yaitu nama usaha, kategori bisnis, alamat, email, deskripsi produk, dan link website bisnis Anda jadi lebih lengkap.
  3. WhatsApp Business dilengkapi dengan fitur pesan otomatis. Sehingga hal ini membuat Anda terlihat semakin fast respond kepada pelanggan. Karena meski di luar dari jam kerja, pertanyaan pelanggan akan terjawab otomatis.
  4. Dalam versi ini tersedia fitur katalog untuk menunjukkan setiap produknya ke dalam profil WA bisnis Anda. Fungsinya adalah supaya bisa dijadikan sebagai etalase produk yang bisa dicek oleh konsumen langsung.
  5. Fitur menarik lainnya adalah terdapat statistik pesan. Jadi Anda bisa mengecek langsung berapa banyak jumlah statistik pesannya. Dengan begitu Anda bisa tahu pesan mana yang bisa membantu mendukung kelancaran bisnis.
  6. Fitur lain ada kategori bisnis. Jadi dalam kolom profilnya tersedia menu ini yang bisa dicek lewat dropdown listnya. Namun bila usahanya tidak ada dalam kategori, solusinya adalah pilih menu others.
  7. Label termasuk salah satu fitur yang mendukung kegiatan bisnis pengguna WA. Disinilah Anda bisa mengelompokkan pesan baru, prospek, menunggu pembayaran, dll. Jadi pengecekan arus keuangan menjadi lebih mudah.


Baca juga: Lengkap! Inilah Cara Mendapatkan Uang dari Instagram


Cara Membuat Akun WhatsApp Business

Setelah mengenal fitur dan serba-serbi di dalamnya, saatnya untuk mencoba membuat akunnya. Karena ternyata tidak jauh berbeda dengan WA messenger. Berikut panduan membuat akun WA bisnis, antara lain:

  1. Jangan lupa download dulu aplikasi WhatsApp Business ini di app store atau playstore. Selanjutnya instal dan mulai proses selanjutnya dengan melakukan pendaftaran. Sehingga Anda bisa mendapat konfirmasi loginnya.
  2. Selanjutnya masukkan nomor HP untuk membantu proses verifikasi setelah Anda melakukan pendaftaran seperti yang dikupas sebelumnya. Selanjutnya lengkapi profil bisnis dengan jelas. Sehingga akun Anda lebih terpercaya di mata masyarakat.
  3. Supaya bisnis semakin aman dan lancar, maka langkah selanjutnya setelah kejadian sebelumnya adalah buat balasan pesan secara otomatis. Ini adalah fitur yang paling laris saat ini dari HPnya.
  4. Dengan adanya fitur balasan pesan otomatis membuat Anda berpeluang mendapat calon pembeli baru meski kemungkinannya masih tipis. Karena memang pada dasarnya cara pendaftaran WhatsApp Business sangat mudah dan praktis.
  5. Sampai disini, Anda sudah bisa berpeluang mencoba menggunakannya untuk berbisnis. Untuk jenis bisnisnya bisa bermacam-macam. MIsalnya menjadi dropshipper. Sehingga setiap kali ada pembeli, Anda baru membeli barangnya ke penjualnya.
  6. Setelah melakukan pendaftaran seperti yang telah dikupas sebelumnya, jangan lupa untuk melakukan verifikasi data. Biasanya verifikasinya dilakukan melalui nomor HP yang sudah digunakan untuk melakukan pendaftaran.
  7. Selanjutnya tunggu sejenak saja, maka Anda sudah bisa menikmati keseruan dan fitur yang paling menarik dari WA bisnis ini. Karena dijamin fiturnya pasti menggiurkan dan wangi sekali.

Jadi itu tadi adalah sedikit penjelasan tentang pengertian, fitur, dan cara membuat akunnya dengan mudah. Dengan memahaminya bisa membantu Anda lebih mudah memahami seluk beluk WhatsApp Business selengkapnya.


Dapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Anda

Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin mengembangkan usaha agar semakin menambah keuntungan. Untuk melakukannya Anda tentu membutuhkan modal lebih.

Anda dapat mendaftarkan diri sebagai peminjam layanan P2P lending Modal Rakyat. Dengan pelayanan yang cepat dan praktis, Anda akan memperoleh modal dalam waktu lima hari kerja. P2P lending ini juga sudah berizin OJK, sehingga keamanannya akan dijamin.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru