Finansial

Tips Menabung di Rumah untuk Kebahagiaan Masa Depan

Paskalia-

24 May 2019

Tips Menabung di Rumah untuk Kebahagiaan Masa Depan

Banyak orang yang membutuhkan tips menabung di rumah karena dirasa sulit dilakukan. Rendahnya keinginan menabung berbanding dengan tingginya nafsu membelanjakan uang menjadi masalah utama orang tidak bisa menabung. Padahal menabung sangat penting dilakukan untuk menyiapkan masa depan Anda. Selain itu tabungan nantinya bisa digunakan untuk kebutuhan mendadak yang mungkin akan dialami. Maka dari itu simak beberapa tips menabung di rumah berikut ini.


Ikut Arisan

Anda pasti sudah mendengar cara menabung dengan ikut arisan bersama teman-teman. Arisan memiliki berbagai segi positif. Jika dijalankan dengan benar arisan termasuk tips menabung di rumah yang disarankan bagi Anda. Anda dapat memperlakukan arisan layaknya keharusan seperti membayar cicilan. Ketika Anda mendapatkan uang arisan bisa dimanfaatkan untuk menabung.


Menabung emas

Tips menabung di rumah berikutnya adalah menabung emas. Saat ini investasi emas memiliki daya jual tinggi. Di sisi lain, nilai emas cenderung tidak akan turun secara drastis. Dengan begitu, menabung emas cukup menguntungkan. Saat ini ada banyak platform yang menyediakan layanan menabung emas. Anda bisa memilih nominal dan kurun waktu sesuai keinginan dan kemampuan. Setelah jangka waktu itu selesai Anda akan menuai hasilnya, yakni emas.


Baca juga: Anak Kosan Jangan Putus Asa, Coba Dulu 5 Tips Menabung Ini!


Sisihkan Nominal Tertentu

Menyisihkan nominal tertentu setiap bulan membuat Anda menjadi bertanggung jawab untuk menabung. Tips menabung di rumah dengan menyisihkan nominal tertentu adalah dengan menetapkan jumlah kecil terlebih dahulu agar tidak terasa berat. Jika sudah mulai terbiasa maka Anda bisa meningkatkannya. Dengan menyisihkan nominal tertentu maka bisa dimasukkan ke dalam financial plan. Lama-kelamaan Anda akan merasa berkewajiban untuk berdisiplin dalam hal keuangan pribadi


Belilah Barang yang Bernilai Jual Tinggi di Masa Depan

Jika Anda sudah memiliki jumlah tabungan yang cukup, maka sebaiknya gunakan untuk membeli barang yang lebih bernilai seperti emas, tanah, rumah dan lain sebagainya. Dengan begitu ketika Anda membutuhkan uang nantinya barang tersebut bisa dijual dan memiliki nilai jual yang tinggi. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk memiliki dana cadangan untuk situasi mendadak.


Baca juga: Pengertian dan Jenis Investasi Jangka Pendek


Menabung Uang Receh

Menabung adalah masalah rutinitas. Untuk membiasakan kegiatan menabung maka mulailah dengan menabung uang receh. Kumpulkan setiap kembalian receh Anda terima hingga memenuhi wadah penyimpanan kemudian tukarkan.


Tabungan Berencana

Beberapa bank menyediakan berbagai layanan tabungan berencana yang dapat membantu Anda dalam menabung. Dengan mengikuti tabungan berencana maka saldo tabungan Anda akan terpotong secara otomatis pada periode tertentu sesuai sejumlah yang telah disepakati dengan jangka waktu yang telah disepakati pula. Jika masa tabung berencana Anda telah habis maka bisa memilih untuk melanjutkan atau mengambil jumlah tabungan.


Tips menabung di rumah berikut bisa Anda terapkan untuk mengubah pola pandang tentang pentingnya menabung. Berikut cara yang harus Anda terapkan untuk dapat rutin menabung.


Buatlah Financial Plan Setiap Bulan

Jika Anda memiliki penghasilan tetap bulanan maka sebaiknya mulailah untuk membuat financial plan setiap bulan. Anda akan lebih mudah memperkirakan kebutuhan yang harus dibiayai. Utamakan berbagai kebutuhan pokok seperti makan, membayar tagihan, dan transportasi. Biasakan belanja jika memang Anda memiliki tambahan penghasilan, jika tidak maka jangan belanja setiap bulan.


Buatlah Rekening Tabungan yang Tidak Bisa Diambil

Tips menabung di rumah berikutnya adalah memiliki rekening tabungan yang tidak bisa diambil. Kenapa? Anda cenderung akan merasa malas mengurusnya jika hendak menarik uang tunai. Simpan buku tabungan baik-baik di tempat yang tidak mudah Anda lihat. Saat Anda menerima gaji, segera transfer ke rekening tersebut sehingga tidak langsung dihabiskan.


Memikirkan Investasi Sejak Dini

Saat mulai menabung, pertimbangkanlah kemungkinan berinvestasi. Anda bisa memilih bentuk investasi apapun sesuai yang diinginkan, seperti emas, deposito, reksa dana, dan lain-lain. Anda juga dapat mempertimbangkan investasi jangka panjang karena akan bermanfaat di masa depan. Jika terasa sulit, mulailah investasi secara bertahap dengan jumlah kecil, lalu tingkatkan seiring berjalannya waktu.


Gaya Hidup Hemat

Tips menabung yang paling ampuh tentu dengan mempraktekkan gaya hidup hemat. Kurangi kebiasaan belanja yang kurang penting. Belilah barang yang benar-benar dibutuhkan dan memiliki usia pemakaian panjang, bukan sekadar karena bermerk. Secara tidak langsung Anda akan mulai berhemat dalam pengeluaran, kemudian dapat menyisihkan uang untuk ditabung.


Langkah Menabung di Rumah agar Aman

Banyak orang khawatir jika menabung di rumah akan mudah hilang alias tidak aman. Namun terdapat beberapa tips menabung di rumah agar bisa tetap aman, seperti yang dijelaskan berikut ini.

Untuk pemula Anda bisa menyediakan wadah untuk menabung recehan. Setiap kembalian yang berupa receh usahakan masukan pada wadah tersebut. Jangan lupa untuk meletakkan wadah tersebut ditempat yang aman.

Jika sudah terbiasa menabung recehan maka Anda bisa memulai menabung dengan jumlah yang lebih besar. Lama-kelamaan tentu wadah Anda menjadi penuh dan sulit disimpan, maka bisa membongkarnya dan hitung jumlahnya.

Apabila total uang tabungan awal Anda sudah cukup untuk membuka rekening baru maka bukalah rekening yang tidak bisa diambil atau yang tidak dilengkapi dengan kartu ATM.

Lakukan langkah tersebut secara berulang. Setelah tabungan penuh, setor ke bank. Begitu seterusnya. Jika sudah terbiasa seperti itu maka tanpa disadari nantinya akan terlihat hasilnya. Tips menabung di rumah ini terkesan sederhana, tetapi pada saat Anda melihat total jumlahnya nantinya akan sangat kaget. Dimulai dari menabung dengan jumlah kecil tetapi rutin tidak akan terasa berat.

Itulah tips menabung di rumah yang bisa Anda coba terapkan dengan baik. Jika Anda rutin maka meskipun sedikit nantinya akan menjadi banyak. Yang terpenting dalam konsep menabung adalah niat dan kedisiplinan. Masalah jumlah bisa disesuaikan dengan dana yang Anda miliki.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru