Bisnis

Finansial

Tips Berbisnis Online yang Cocok untuk Milenial Kekinian

Paskalia-

29 Jul 2019

Tips Berbisnis Online yang Cocok untuk Milenial Kekinian

Anda yang punya keinginan untuk memulai sebuah bisnis online, tapi belum tahu bagaimana cara untuk memulainya, Anda beruntung membaca artikel ini. Di sini Anda akan tahu tips berbisnis online yang dapat menambah wawasan serta menjadi solusi bagi Anda yang ingin memulai bisnis online. Ini yang bisa Anda lakukan untuk memulainya pertama kali.


Tips Berbisnis Online Tanpa Memerlukan Modal

Mungkin Anda yang sedang membaca artikel ini akan bertanya-tanya, bagaimana mungkin berbisnis bisa dilakukan tanpa modal? Kenyataannya, itu memang bisa Anda lakukan. Tanpa modal yang dimaksud di sini adalah Anda bisa memanfaatkan media online untuk mengumpulkan modalnya. Beberapa tips berbisnis online yang Anda bisa ikuti adalah sebagai berikut. 

1. Menjadi Penulis Artikel Online

Tips berbisnis online yang pertama adalah dengan menulis artikel. Anda bisa mendapatkan uang yang bisa Anda gunakan sebagai modal bisnis online dengan cara menjadi penulis artikel. Jika Anda mau, Anda bisa mendapatkan job sebagai penulis artikel di berbagai macam situs seperti babe.com, webma.com, uc-media, basabasi.com dan lain sebagainya. Mulailah registrasi sebagai kontributor artikel di situs-situs tersebut dan dapatkan pundi-pundi keuangan yang nantinya bisa Anda jadikan modal bisnis online.


Baca Juga: Tips Berjualan Online di Era Industri 4.0


2. Pengisi Survei Online

Selain menjadi penulis artikel, untuk mendapatkan modal bisnis online Anda juga bisa mengawalinya dengan menjadi pengisi survei online. Ada banyak sekali alamat situs yang akan membayar Anda setiap kali Anda mengisi survei yang diberikan. 

Beberapa diantaranya adalah viewfruit.com, yougov.com, clixsense.com, opinion.com world.com, globaltestmarket.com, mobrog.com, surveyon.com, dan lain sebagainya. Jadilah kontributor survei di berbagai macam situs yang sudah direkomendasikan tersebut dan dapatkan uang untuk Anda jadikan modal bisnis.


3. Jualan Online

Tips berbisnis online berikutnya adalah hal yang sangat bisa Anda andalkan. Sebenarnya ada banyak sekali cara mencari modal untuk berbisnis melalui media online, tapi rasanya dua cara yang sudah direkomendasikan di atas sudahlah cukup untuk mendapatkan modal agar Anda dapat segera berbisnis. Setelah mendapatkan modal, Anda bisa langsung mulai untuk berbisnis online

Salah satu bisnis online yang bisa Anda lakukan adalah berjualan melalui online shop seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan lain sebagainya. Lakukanlah registrasi agar bisa berjualan online di situs online shop tersebut. Jika sudah berhasil melakukan registrasi, tentukanlah Anda ingin menjual produk apa. Sebagai contoh, Anda bisa menjual aksesoris handphone, menjual kaos jersey bola, menjual snack, atau produk kecantikan. 

Setelah Anda tentukan produknya, produksilah barang-barang yang ingin Anda jual itu dan unggahlah foto-fotonya. Lakukanlah promosi melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, dan lain sebagainya agar produk Anda dilihat calon pembeli. Gunakan foto yang menarik agar calon pembeli penasaran dengan produk yang Anda jual.

Kabari saudara, kerabat, dekat, teman, dan semua orang yang Anda kenal mengenai online shop yang Anda kelola. Logikanya, semakin Anda sering memasarkan atau menginformasikan produk yang Anda jual di online shop, maka semakin besar kemungkinan barang dagangan Anda akan habis terjual.


Baca Juga: 4 Contoh Usaha dengan Modal Bisnis Minim


Tips Berbisnis Online Jual Beli Tulisan

Anda punya hobi menulis? Atau terlalu banyak informasi di kepala Anda yang tidak tahu harus Anda salurkan kemana? Ini bisa jadi tips berbisnis online untuk Anda lho. Anda bisa mencoba menuangkan apa yang ada di kepala Anda menjadi sebuah karya tulis yang mampu menghasilkan pundi-pundi keuangan. Buatlah akun media sosial seperti Instagram yang menjadi akun bisnis untuk Anda. 

Tulislah keterangan di akun bisnis tersebut bahwa Anda menjual jasa penulisan artikel, buku, cerpen, maupun pengeditan naskah. Anda pun bisa memasang tarif sesuai keinginan Anda. Tentunya semakin berkualitas tulisan Anda, Anda pun dapat memasang tarif yang tinggi.

Sebagai contoh, Anda bisa memasang tarif sebesar Rp50.000 untuk jasa penulisan artikel dengan 1000 kata, Rp100.000 untuk jasa pembuatan cerpen dengan 2000 kata, dan Rp200.000 untuk jasa pengeditan 5 halaman naskah. Jangan lupa beritahukan kerabat dekat Anda, teman, saudara, dan semua followers Anda di media sosial mengenai jasa penulisan yang sedang Anda kelola. Logikanya, semakin banyak orang yang mengetahui jasa penulisan yang sedang Anda kelola, maka semakin besar pula jumlah customer yang menjadi pelanggan tetap Anda. 


Tips Menghadapi Risiko

Sebenarnya ada banyak sekali tips berbisnis online yang bisa Anda lakukan, tapi dari semua tips yang Anda temui di internet, tentulah ada tips yang menjadi andalan para pebisnis online. Tips tersebut adalah berbisnis dengan menerima segala macam risiko. 

Apa maksudnya? Jadi begini, jika kita menginginkan tercapainya tujuan atau keinginan kita, maka kita harus terima risiko, yang dimaksud di sini adalah kerugian. Begitupun dengan bisnis, kita harus siap dengan segala macam konsekuensi yang akan kita terima jika kita memulai sebuah bisnis.

Banyak sekali pebisnis pemula yang ingin memulai bisnis, tapi sampai sekarang mereka tidak melakukan apa-apa dengan berbagai macam alasan. Alasan terbesar biasanya adalah ketakutan menghadapi risiko yang kapan saja mengintai para pejuang. Jika itu terjadi pada Anda, Anda tidak akan pernah ke mana-mana selain mengalami ketakutan sepanjang waktu.

Untuk menjadi seorang pebisnis, maka Anda harus berani memulai saat ini juga. Mulailah dari diri kita dan dengan diri kita sendiri. Inilah tips berbisnis online yang paling tidak boleh Anda lupakan. 


Seperti itulah tips berbisnis online yang menjadi topik pembahasan utama pada artikel ini. Anda sangat boleh menyampaikan informasi ini kepada teman-teman Anda yang lain di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Barangkali mereka juga membutuhkan informasinya. Semoga bermanfaat dan jangan ragu untuk berbisnis online.


Baca lebih banyak artikel di Blog Modal Rakyat

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru